Cara Alami Menyembuhkan Kurang Darah atau Anemia

Cara Alami Menyembuhkan Kurang Darah atau Anemia - Sekitar satu juta orang Indonesia menderita anemia atau kurang darah, yang merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika jumlah sel darah merah tubuh kurang dari cukup.

Sel darah merah mengandung hemoglobin, protein mengandung besi yang dapat membantu sel-sel darah membawa oksigen. Bila kita mengalami anemia, darah tidak dapat memberikan pasokan oksigen yang tepat ke organ dan jaringan tubuh.


Menurut World Health Organization, laki-laki yang memiliki kurang dari 13 gram hemoglobin per desiliter dapat mengalami anemia. Sementara bagi wanita, kurang dari 12 gram hemoglobin per desiliter.

Apa pun yang dapat mengganggu sel-sel darah merah dapat menyebabkan anemia, termasuk penurunan produksi sel darah merah, peningkatan penghancuran sel darah merah atau kehilangan darah yang berlebihan. Ada berbagai jenis anemia, tergantung pada penyebabnya.

Perempuan dan orang yang memiliki penyakit kronis berada pada risiko tertinggi untukmengalami anemia. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan anemia atau kurang adalah hilangnya berat darah selama menstruasi, kehamilan, bisul, gangguan usus, kanker, gangguan perdarahan, penyakit kronis lainnya, atau kekurangan zat besi, asam folat, dan vitamin B12. Adapun sebagain jenis anemia dapat disebabkan oleh faktor keturunan.

Gejala dari anemia atau kurang darah sangat bervariasi tergantung pada penyebabnya dan dapat berkisar dari gejala ringan sampai gejala berat. Gejala umumnya yaitu kelelahan, kulit pucat, denyut jantung cepat atau tidak teratur, sesak napas, nyeri dada, pusing, masalah kognitif, sakit kepala, tangan dan kaki dingin, kekurangan energi, rambut rontok dan tekanan darah tinggi atau rendah.

Kita dapat dengan mudah mengobati dan mencegah beberapa jenis anemia di rumah dengan beberapa pengobatan ala rumah sederhana yang alami. Lakukanlah salah satu pengobatan dibawah ini sampai tingkat hemoglobin menjadi normal.

Berikut Cara Alami Menyembuhkan Kurang Darah atau Anemia


Bayam


Menu makan harian yang kaya sayuran berdaun hijau seperti bayam adalah salah satu yang terbaik untuk mengobati anemia. Bayam kaya akan zat besi serta vitamin B12 dan asam folat, nutrisi ini dapat meningkatka energi yang dibutuhkan tubuh untuk sembuh dari anemia.

Satu setengah cangkir bayam dapat memberikan hampir 35 persen zat besi dan 33 persen asam folat untuk menyehatkan tubuh.

Caranya :
  • Minum sup bayam dua kali sehari. Untuk memasak n sup, ambil satu ikat bayam dan haluskan dengan menambahkan sedikit air. Panaskan 1 sendok teh minyak zaitun extra-virgin dalam panci, tumis bawang putih dan cincang beberapa siung bawang bombay di dalamnya sampai coklat. Masukan bayam dan sedikit garam dan masak dengan api kecil selama 5 - 10 menit.
  • Atau campur dua sendok teh madu dalam segelas jus bayam segar. Minum jus bayam tersebut sekali sehari.

Lakukan salah satu cara pengobatan diatas selama satu bulan.

Delima


Delima kaya akan zat besi dan mineral lainnya, seperti kalsium dan magnesium. Delima juga mengandung vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan penyerapan tubuh terhadap zat besi. Sehingga dapat meningkatkan jumlah sel-sel darah merah dan meningkatkan kadar hemoglobin.

Caranya :
  • Campurkan satu cangkir air delima yang telah diblender dengan seperempat satu sendok teh bubuk kayu manis dan dua sendok teh madu. Minum setiap hari ini saat sarapan.
  • Atau, mengkonsumsi dua sendok teh kering bubuk biji delima dan campurkan dengan segelas susu hangat satu atau dua kali sehari.
  • Kita juga bisa makan buah delima setiap pagi dengan saat perut kosong.

Biji Wijen


Biji wijen juga bagus untuk mengobati anemia karena kandungan zat besi yang tinggi didalamnya. Seperempat cangkir biji wijen hampir mengandung 30 persen zat besi harian yang diperlukan tubuh.

Caranya :

Rendam dua sendok makan biji wijen hitam dalam air selama dua sampai tiga jam. Lalu saring. Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk rata. Konsumsi ramuan ini dua kali sehari.

Kurma


Kurma merupakan sumber yang kaya akan zat besi serta vitamin C yang mempunyai peran penting dalam penyerapan tubuh dari besi.

Caranya :
  • Rendam dua biji kurma dalam secangkir susu dalam semalam. Keesokan paginya, makan kurma dan minum susu pada saat perut kosong.
  • Atau, kita dapat mengkonsumsi beberapa kurma kering pada saat perut kosong di pagi hari sambil meminum secangkir susu hangat.

Apel


Apel kaya akan nutrisi termasuk zat besi, apel dapat banyak membantu dalam mengobati anemia.

Caranya :

Makanlah setidaknya satu apel perhari. Jika memungkinkan, pilih apel hijau dan memakannya dengan kulit-nya.

Pisang


Kadar zat besi dalam pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dan enzim lain yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Juga, pisang adalah sumber makanan yang baik dari magnesium yang dapat membantu dalam sintesis hemoglobin.

Caranya :

Makan satu pisang matang dengan satu sendok makan madu dua kali sehari.

Tips Mencegah Anemia

  • Makan makanan yang mengandung zat besi, vitamin C dan B12.
  • Mandi dengan air dingin dua kali sehari untuk meningkatkan sirkulasi darah.
  • Berjemur pada sinar matahari pagi selama 10 menit setiap hari.
  • Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.
  • Kurangi meminum teh dan kopi.
  • Olahraga secara teratur.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Alami Menyembuhkan Kurang Darah atau Anemia"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.