Cara Mengobati Infeksi Jamur Pada Kaki, Kelamin, dan Kulit

Cara Mengobati Infeksi Jamur Pada Kaki, Kelamin, dan Kulit - Jamur adalah mikroorganisme yang hidup di manapun, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Bahkan, ada lebih dari 50.000 spesies jamur yang berbeda di lingkungan sekitar kita.

Ada banyak jamur yang dapat hidup pada kulit selama bertahun-tahun tanpa menyebabkan masalah. Namun, pada waktu tertentu dapat menyebabkan jamur tumbuh terlalu cepat, dan hal ini dapat menyebabkan infeksi jamur.


Infeksi jamur biasanya dikategorikan sesuai dengan jenis jamur, bagian tubuh yang terkena jamur dan keparahan infeksi. Infeksi ini dapat terjadi pada permukaan kulit, dalam lipatan kulit atau di daerah lain yang hangat dan lembab dan menyebabkan rasa gatal.

Beberapa jenis umum dari infeksi jamur kaki, gatal, kurap yang dapat mempengaruhi setiap bagian dari kulit serta kulit kepala, jamur onikomikosis yang mempengaruhi kuku dan dasar kuku, dan jamur kandidiasis yang dapat menginfeksi mulut, kelamin, dan saluran kemih. Tingkat keparahan infeksi jamur dapat bervariasi pada setiap orang.

Beberapa faktor penyebab infeksi jamur termasuk efek samping antibiotik, sistem kekebalan yang lemah, diabetes, kebersihan yang buruk, tinggal di lingkungan yang hangat, sirkulasi darah yang buruk, cedera kulit dan ada kontak fisik dengan orang yang terinfeksi.

Siapa saja bisa mengalami infeksi jamur. Beberapa obat herbal sederhana yang dapat membunuh jamur penyebab infeksi serta mengurangi gejala infeksi.

Berikut Cara Mengobati Infeksi Jamur Pada Kaki, Kelamin, dan Kulit.

Cuka Sari Apel


Cuka sari apel adalah obat alami sederhana untuk semua jenis infeksi jamur. Karena mengandung sifat antimikroba, cuka sari apel dapat membantu membunuh jamur penyebab infeksi. Plus, sifat asam-nya mampu membantu mencegah penyebaran infeksi dan mempercepat kesembuhan.

Caranya :
  • Campur dua sendok makan cuka sari apel dalam satu cangkir air hangat dan meminumnya dua kali sehari.
  • Pilihan lain adalah mencairkan cuka sari apel dengan jumlah yang sama air, dan kemudian oleskan langsung pada kulit yang terkena jamur. Biarkan selama 30 menit. Kita bahkan dapat merendam daerah kulit yang terinfeksi dalam larutan tersebut selama 30 menit. Setelah selesai, keringkan daerah yang terkena jamur secara menyeluruh dengan handuk atau pengering.
Gunakan salah satu cara diatas sampai infeksi jamur hilang.

Yogurt


Untuk mengobati infeksi jamur, kita dapat menggunakan yoghurt tawar. Kandungan probiotik ada dalam yogurt tawar yang dapat menjaga kulit dari pertumbuhan jamur melalui produksi asam laktat.

Caranya :
  • Rendam kapas dalam yogurt tawar dan oleskan pada daerah yang terinfeksi. Biarkan selama 30 menit, dan kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan. Lakukan pengobatan ini dua kali sehari sampai infeksi hilang.
  • Dalam kasus infeksi vagina, mencelupkan tampon dalam yogurt dan masukkan dalam vagina selama dua jam. Lakukan cara ini dua kali sehari.
 

Bawang Putih


Bawang putih merupakan antijamur yang berguna dan karenanya sangat efektif untuk semua jenis infeksi jamur. Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri dan antibiotik yang berfungsi untuk  proses penyembuhkan lebih cepat.

Caranya :
  • Hancurkan dua siung bawang putih dan tambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan pada daerah yang terkena infeksi jamur dan biarkan selama 30 menit. Kemudian cuci dengan air hangat dan keringkan. Lakukan pengobatan ini sampai infeksi benar-benar sembuh.
  • Untuk mengobati infeksi jamur pada vagina, bungkus satu siung bawang putih dalam kain kasa dan masukkana ke dalam vagina selama tidak lebih dari 30 menit. Gunakan perawatan ini sekali sehari selama beberapa hari.
  • Kita juga dapat menambahkan bawang putih dalam masakan untuk mempercepat proses penyembuhan dari infeksi jamur.

Minyak Pohon Teh


Minyak pohon teh memiliki senyawa antijamur alami yang dapat membantu membunuh jamur penyebab infeksi jamur. Plus, kualitas antiseptik didalamnya dapat menghambat penyebaran infeksi ke bagian tubuh lainnya.

Caranya :

Campur dalam jumlah yang sama minyak pohon teh dan minyak zaitun. Oleskan campuran minyak ini pada daerah kulit yang terkena infeksi beberapa kali sehari, selama beberapa minggu.

Catatan : Wanita hamil sebaiknya tidak menggunakan obat minyak pohon teh.

Minyak Kelapa


Minyak kelapa dapat berfungsi sebagai obat yang efektif untuk semua jenis infeksi jamur karena adanya asam lemak didalamnya. Asam lemak ini berfungsi sebagai fungisida alami untuk membunuh jamur penyebab infeksi.

Caranya :
  • Gosok lembut minyak kelapa asli pada daerah yang terkena infeksi dan biarkan hingga kering sendiri. Ulangi dua atau tiga kali sehari sampai infeksi teratasi.
  • Atau campur dalam jumlah yang sama dari minyak kelapa dan minyak kayu manis dan mengoleskannya pada daerah yang terkena infeksi. Ulangi pengobatan ini dua kali sehari untuk mengendalikan pertumbuhan infeksi.
  • Untuk infeksi vagina, rendam tampon dalam minyak kelapa asli dan masukkan dalam vagina. Diamkan selama dua jam. Setelah melepas tampon, bilas daerah yang terkena infeksi secara menyeluruh dengan air hangat. Ulangi proses pengobatan ini sekali sehari sampai infeksi hilang.
 

Teh


Tanin dalam teh dapat membantu membunuh jamur penyebab infeksi jamur. Plus, teh memiliki sifat antibiotik dan zat yang membantu menghilangkan gejala infeksi jamur seperti sensasi terbakar, pembengkakan dan iritasi kulit.

Caranya :
  • Rendam beberapa kantong teh dalam air hangat selama 10 menit. Angkat dari air, dan masukan ke dalam lemari es selama 30 menit. Letakan kantong teh dingin pada daerah yang terkena infeksi. Ulangi pengobatan ini tiga kali sehari sampai infeksi teratasi sepenuhnya.
  • Untuk jamur kuku atau kaki, panaskan lima kantong teh hitam dalam empat cangkir air mendidih selama lima menit. Biarkan air dingin dan kemudian rendam kaki yang terkena di dalamnya selama 30 menit. Ulangi dua kali sehari selama lima sampai enam minggu.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Mengobati Infeksi Jamur Pada Kaki, Kelamin, dan Kulit"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.