Ini Dia Makanan Yang Bisa Mencegah Alergi

Ini Dia Makanan Yang Bisa Mencegah Alergi - Alergi adalah salah satu alasan utama kenapa orang Indonesia banyak yang mengunjungi dokter. Ada sekitar 4 juta orang Indonesia mengalami beberapa jenis alergi.

Alergi merupakan reaksi yang tidak menguntungkan oleh sistem kekebalan tubuh dalam merespon zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Setiap zat yang memicu reaksi alergi disebut alergen. Beberapa alergen umum seperti serbuk sari, tungau debu, spora jamur, bulu hewan peliharaan, pewarna lateks, berbagai makanan, sengatan serangga dan obat-obatan tertentu.


Reaksi alergi dapat mempengaruhi hidung, paru-paru, tenggorokan, sinus, telinga, lapisan lambung atau kulit. Hal ini dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti hidung meler, bersin, gatal, mata berair, mata merah, mengi, gatal-gatal, kulit terkelupas, ruam kulit, sesak napas, pembengkakan atau asma. Gejala-gejala ini juga bisa dialami mulai dari gejala ringan sampai parah dan sebagian gejalanya tergantung pada penyebab alergi.

Ada beberapa cara untuk mengobati alergi dan untuk mencegah gejala alergi yang agak menjengkelkan dan merepotkan. Jika kita rentan terhadap alergi, kita dapat menyertakan beberapa makanan untuk mencegah alergi dalam menu makan harian supaya alergi tercegah dan teratasi.

Berikut Adalah Makanan Yang Bisa Mencegah Alergi


Apel


Apel yang dimakan setiap hari dapat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan dapat mencegah terjadinya alergi. Apel memang kaya quercetin, yaitu zat alami flavonoid yang dikenal secara efektif dapat melindungi tubuh dari reaksi alergi. Quercetin dapat menstabilkan membran sel dari sel mast dan basofil, sehingga dapat mencegah pelepasan histamin berlebihan didalam tubuh.

Nikmati apel setiap hari, tetapi pastikan untuk mengkonsumsi apel organik atau apel yang ditanam tanpa pestisida.

Kunyit


Kunyit merupakan senjata ampuh untuk mencegah alergi. Kunyit mengandung bahan curcumin aktif, antioksidan kuat dan senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu melawan alergi. Plus, kunyit dapat bekerja sebagai dekongestan yang mampu meredakan banyak gejala reaksi alergi.

Caranya :

Campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit kedalam segelas susu panas dan minum sehari sekali. Kita juga dapat menggunakan kunyit dalam masakan.

Bawang Putih


Bawang putih merupakan makanan lain yang dapat mencegah alergi yang harus kita masukkan ke dalam menu makanan kita sehari-hari. Kemampuannya untuk menghambat aktivitas enzim tertentu yang menghasilkan senyawa peradangan di dalam tubuh sehingga dapat membantu mencegah reaksi alergi.

Plus, sifat anti-inflamasi, antibiotik, antioksidan dalam bawang putih dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh, maka bawang putih seharusnya menjadi andalan kita untuk mencegah alergi pada musim tertentu yang dapat menyebabkan alergi.

Caranya :

Makan 1-2 siung bawang putih mentah yang telah dihaluskan setiap hari untuk mencegah alergi. Sertakan juga bawang putih dalam masakan.

Lemon


Lemon adalah buah yang dapat meningkatkan sistem imun yang dapat mencegah alergi. Lemon sarat dengan vitamin C dan antioksidan. Lemon juga dapat bekerja sebagai antitoksin dan membantu menjaga zat basa dalam tubuh.

Caranya :

Minum air lemon sepanjang hari untuk membersihkan tubuh dan menghilangkan racun dan kotoran didalam tubuh.

Ikan Salmon


Salmon adalah ikan air dingin yang mengandung asam lemak tinggi, omega-3 DHA dan EPA. Asam lemak dalam salmon mampu mengobati peradangan dan sehingga dapat membantu meredakn alergi. Juga, salmon dapat meningkatkan fungsi paru-paru, sehingga mengurangi intensitas gejala alergi seperti asma dan gejala flu.

Makan minimal dua porsi salmon setiap minggu sepanjang tahun dan tingkatkan menjadi tiga porsi selama musim alergi.

Teh Hijau


Penderita alergi harus menambahkan teh hijau untuk pada menu minuman mereka untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah reaksi alergi.

Dalam sebuah penelitian ditahun 2002, para peneliti di Universitas Kyushu di Fukuok menyimpulkan bahwa senyawa yang dikenal sebagai metilasi epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau dapat memblokir kunci reseptor sel yang terlibat dalam menghasilkan respon alergi. Teh hijau juga memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi dan anti-histamin.

Minum 2 cangkir teh hijau setiap hari. Untuk membuat teh lebih efektif, tambahkan madu dan lemon untuk ke dalamnya.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Ini Dia Makanan Yang Bisa Mencegah Alergi"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.