Obat Tradisional Kaki Bengkak Saat Hamil

Obat Tradisional Kaki Bengkak Saat Hamil - Kaki bengkak saat hamil juga dikenal sebagai Edema dimana terjadi penumpukan cairan dalam jaringan tubuh, yang menyebabkan pembengkakan. Edema tidak hanya terjadi pada kaki saja, namun juga bisa terjadi pada bagian tubuh lainnya, biasanya yang cenderung paling terkena edema adalah bagian tangan, pergelangan kaki, dan kaki.

Tanda dan gejala dari edema secara umum termasuk bengkak, regang atau kulit mengkilap, dan kulit akan cekung  setelah ditekan selama beberapa detik.

Obat Tradisional Kaki Bengkak Saat Hamil

Kaki bengkak atau edema pun bukan hanya bisa terjadi akibat kehamilan namun juga bisa terjadi oleh sebab lain seperti duduk atau dalam satu posisi selama berjam-jam, pembedahan, konsumsi garam yang tinggi, kekurangan gizi, gigitan serangga, sindrom pramenstruasi dan kehamilan.

Kadang-kadang edema atau kaki bengkak juga dapat menjadi efek samping dari obat-obatan, termasuk obat tekanan darah tinggi, obat anti-inflamasi non steroid, obat steroid, estrogen dan obat diabetes.


Dalam beberapa kasus, edema mungkin merupakan tanda dari penyakit yang serius, seperti gagal jantung kongestif, penyakit ginjal, sirosis, kanker, arthritis, penyakit tiroid, trombosis vena dalam, insufisiensi vena dan reaksi alergi.

Faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko terkena edema. Faktornya termasuk hipertensi, penyakit ginjal, minum berlebihan, merokok, gaya hidup tidak sehat dan operasi pengangkatan kelenjar getah bening.

Apapun penyebab edema atau kaki bengkak, Anda bisa mengobatinya dengan obat tradisional yang bisa dibuat sendiri dirumah.


Berikut Adalah Obat Tradisional Kaki Bengkak Atau Edema Saat Kehamilan


Cuka Sari Apel


Cuka sari apel adalah obat terkenal untuk mengurangi gejala edema atau kaki bengkak. Cuka sari apel mengandung tinggi kalium, membantu mengisi kadar kalium dalam tubuh dan sebaliknya mengurangi cairan. Selain itu, kandungan anti-inflamasi didalamnya mampu membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Caranya :

  • Tambahkan 1 atau 2 sendok teh cuka sari apel mentah, tanpa menyaringnya pada segelas air. Minum dua kali sehari.
  • Atau, rendam handuk dalam campuran air hangat dan cuka sari apel. Letakkan handuk pada kaki bengkak selama beberapa menit. Lakukan cara ini beberapa kali sehari.


Minyak Pohon Teh


Anda dapat menggunakan minyak pohon teh untuk mengobati edema atau peradangan yang disebabkan oleh gigitan serangga. Sifat anti-inflamasi dan analgesik dari minyak pohon teh dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit dari edema.

Menurut sebuah penelitian di tahun 2002 yang diterbitkan dalam jurnal Eropa Histamin Research Society, kandungan terpinen-4-ol dan alpha-terpineol dalam minyak pohon teh dapat mengurangi edema.

Caranya :

Untuk mengobati edema akibat gigitan serangga, teteskan beberapa tetes minyak pohon teh pada kapas dan olekan pada daerah yang terkena edema. Tunggu beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi cara ini sesuai kebutuhan.


Pijat


Pijat biasa adalah cara lain yang efektif untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang disebabkan oleh edema. Memijat dengan tekanan lembut dapat menciptakan tekanan pada daerah kulit dan otot yang terkena. Sehingga dapat mengaktifkan sistem limfatik dan saluran cairan mengalir secara alami.

Caranya :

Hangatkan minyak kelapa. Pijat daerah yang terkena lembut dengan minyak hangat tersebut . Lakukan cara ini beberapa kali sehari.

Catatan : Jika kaki bengkak atau edema Anda adalah karena kehamilan, maka harus dipijat oleh terapis khusus, agar tidak cedera.

menghilangkan bopeng

0 Response to "Obat Tradisional Kaki Bengkak Saat Hamil"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.