Harus Tahu, Makanan Ini Bikin Awet Muda dan Cantik

Tentu, kita semua ingin memiliki kulit yang kenyal dan tampak awet muda, walapun usia kita tidak muda.

Nah, untuk mendapatkan kulit yang awet muda, kita harus fokus terhadap makanan yang penting bagi kulit, seperi makanan yang penuh dengan kandungan protein kolagen dan elastin.

Kolagen dan elastin merupakan dua senyawa alami yang dapat membuat kulit kita bebas dari kerutan dan dapat mencegah kulit kendur.

makanan bikin awet muda dan cantik

Perlu Anda ketahui, dua senyawa ini (kolagen dan elastin) dapat bekerja pada kulit seperti suntikan botox, tapi yang membedakannya, kolagen dan elestin merupakan senyawa alami dan dapat merangsang protein kulit secara alami tanpa zat kimia berbahaya.

Kolagen merupakan protein kulit, yang dapat mempertahankan struktur kulit yang baik. Namun, dengan bertambahnya usia kita, maka kedua protein ini, kolagen dan elastin, akan mulai rusak, sehingga pada usia tua kulit mulai keriput dan garis-garis halus mulai kelihatan.

Tidak hanya itu, jika kulit kita kekurangan kolagen, maka akan membuat kulit menjadi tipis, kendur, dan terasa longgar.

Terlepas dari penuaan yang menyebabkan kulit keriput dan kendur, ada beberapa faktor lain juga menyebabkan kulit cepat keriput dan kendur, termasuk paparan sinar matahari, merokok, stres, polusi, dan lain-lain.

Selain kita diharuskan untuk melakukan perawatan kulit secara tepat untuk mendapatkan awet muda, kita harus juga memakanan makanan yang bisa bikin awet muda, sehingga penuaan kulit dapat diperlambat.

Itulah penting bagi kita, untuk setiap hari menyediakan makanan yang dapat membantu pembentukan kolagen dalam kulit.

Berikut makanan sehat yang dapat bikin kita awet muda dan cantik.

Merica


Bukan hanya bisa menguarkan aroma masakan, rempah yang satu ini juga bisa memberikan Anda keistimewaan untuk kulit.

Ada banyak kandungan dalam lada atau merica, termasuk karbohidrat, serat, protein, asam folat, kolin, riboflavin, pyridoksin, niacin, vtamin A, B, E, C dan K.



Nah, kandungan vitamin C dalam merica dapat merangsang pembentukan kolagen di kulit.

Untuk kecantikan kulit, merica tidak hanya bermanfaat disitu saja, namun masih banyak, diantaranya :

  • Merica mampu melancarkan haid
  • Merica mampu menurunkan berat badan
  • Merica mampu menghilangkan komedo yang membandel
  • Merica dapat mengangkat sel-sel kulit mati, dan tentu merica juga dapat memberihkan noda hitam di wajah
  • Bila merica dikonsumsi secara rutin, maka akan membantu membekar lemak di perut.

Itulah manfaat yang luar biasa dari merica untuk kecantikan kulit, dari itu jangan lupa tambahkan merica pada makanan Anda, agar pembentukan kolagen lebih mudah, sehingga kita bisa awet muda bebas dari kulit keriput dan kendur.

Kacang Kedelai


Kacang yang satu ini sudah terkenal kehebatannya bagi kesehatan tubuh, namun apakah Anda sudah mengetahui manfaat kedelai bagi kecantikan ??

Kedelai mengandung kekayaan hormon yang berfungsi sebagai antioksidan alami, sehingga dapat membantu kulit untuk memproduksi kolagen.

Selain itu, kolagen juga dapat menghilangkan racun dan enzim pada kulit Anda yang dapat membuat kulit menjadi tua.

Kandungan isoflavon dalam kedelai dapat membuat kulit terlihat awet muda, karena isoflavon mengandung senyawa phytoestrogen.



Yaitu senyawa yang hampir sama dengan hormon estrogen. Sehingga dapat mempertahankan elastis kulit.

Anda juga dapat mengatasi kulit bersisik atau kulit kering, jika Anda mengkonsumsi kedelai setiap hari.
Kandungan vitamin B1 (tiamin) dalam kedelai adalah salah satu vitamin yang dapat menjaga kulit tetap lembab, bebas dari kulit bersisik dan kering.

Asam lemak esensial juga turut melengkapi kandungan dalam kedelai, dimana asam lemak esensial ini mampu melindungi kulit dari sinar matahari (UV) yang dapat membuat kulit cepat tua, kendur dan keriput.

Tak hanya melindungi kulit dari sinar matahari, namun juga bisa melindungi kulit dari polusi udara, radikal bebas, dan polusi asap rokok secara langsung.

Yang paling membuat kami kagum dengan kedelai adalah kandungan vitamin E-nya yang  bisa bekerja secara maksimal bagi kulit.

Vitamin E dalam kedelai mampu mencegah pertumbuhan kulit keriput dan garis-garis halus pada wajah, karena vitamin E dapat mengatasi hilangnya kandungan air di trans epidermis di kulit.



Tak hanya itu, keunggulan vitamin E dalam kedelai juga dapat meregenerasi sel kulit mati dan membentuk sel kulit yang baru, sehingga akan membuat wajah Anda lebih awet muda dan bersinar.

Anda jerawatan ? tak usah khawatir kandungan vitamin E topical dalam kedelai juga dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat, dan tentu dapat mencegah timbulnya jerawat.

Menurut para ahli kesehatan, ternyata kedelai sangat bermanfaat untuk tubuh secara keseluruhan.

Karena kedelai kaya akan nutrisi dan gizi yang melimpah, diantaranya, seperti protein, lemak nabati, serat, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin E, mineral, isoflavon, polisakarida, HDL atau kolesterol baik, dan kalsium.

Itulah mengapa kedelai baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit secara menyeluruh.

Bawang Putih


Rempah istimewa ini, kaya akan kandungan belerang, sehingga dapat meningkatkan kadar produksi dalam kolagen.

Bawang putihjuga mengandung lipoic dan taurin yang dapat memperbaiki kolagen yang rusak di kulit Anda.
Rempah pelezat makanan ini, juga tak hanya mempunyai manfaat itu saja bagi kecantikan.

Ternyata bawang putih juga mampu mengobati jerawat, karena mengandung sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi, sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan dan dapat mengeringkan jerawat.



Komedoan ? tak perlu bermuram durja, Anda akan bebas dari komedo apabila rajin mengkonsumsi bawang putih.  Selain itu, Anda akan mendapatkan kulit yang lembut bersih.

Bawang putih juga dapat mengurangi tahi lalat, dan juga dapat mengurangi bekas luka.

Mulai dari sekarang, jangan lupakan mencampur bawang putih dalam masakan Anda atau jika Anda sanggup, ayo makan bawang putih dengan cara dikukus seperti orang jepang.

Kacang Merah


Selain kacang ini adalah salah satu makanan yang lezat, ternyata dapat membantu tubuh untuk memproduksi asam hyaluronic.

Senyawa asam hyaluronic ini mampu mencegah kerutan di wajah dan melawan tanda-tanda penuaan kulit lainnya.

Jadi, Anda harus perbanyak makan kacang merah untuk membuat kulit Anda tampak lebih mudan sehat dari dalam.


Sayuran Berwarna Merah


Ya, kita bisa makan sayuran bit, tomat, paprika dan lain-lain, karena sayuran yang berwarna merah tersebut kaya akan zat antioksidan bernama lycopane.

Zat yang satu ini mampu melawan penuaan dini, dan juga menghilangkan semua racun pada kulit Anda, sehingga kolagen akan mudah terbentuk di kulit.

Sayuran ini juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan matahari.



Tiram


Tiram banyak mengandung senyawa zinc, yaitu sebuah mineral yang penting dalam pembentukan kolagen di kulit.

Tiram juga kaya akan zat besi dan vitamin B12, yang mampu meningkatkan keindahan pada kulit Anda.

Ikan Salmon


Ikan yang sudah terkenal sejak zaman kuno akan khasiatnya ini, sangat kaya akan kandungan omega 3  asam lemak, sehingga dapat membantu merasang produksi kolagen dan elastin.

Sehingga membuat kulit kencang, dan awet muda, walapun usia sudah beranjak tua. Jadi, setidaknya Anda harus mengkonsumsi salmon, makarel, tuna atau yang lain sekali dalam seminggu untuk memuat kulit tampak lebih muda.

Buah Belewar


Buah yang satu ini kaya akan vitamin A yang dapat membuat kulit Anda tampak bersinar dan muda, karena dapat merangsang produksi pertumbuhan kolagen di kulit.

Selain belewar, Anda juga dapat mengkonsumsi melon, yogurt, atau keju selama sarapan agar kandungan kolagen dalam kulit tetap ada dan selalu terjaga.

menghilangkan bopeng

0 Response to "Harus Tahu, Makanan Ini Bikin Awet Muda dan Cantik"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.