Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Inilah Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Untuk Mendapatkan Perawatan Yang Tepat


Anda sudah mengenal kulit wajah Anda ?. Kalau belum, Anda wajib menyimaknya sekarang juga karena dengan mengetahui jenis kulit wajah maka Anda akan tahu bagaimana cara yang tepat untuk perawatan bahkan pengobatan kulit yang bermasalah di wajah.
Cara mengetahui jenis kulit wajah ini dapat dipraktekan oleh siapa saja, mau itu pria maupun wanita atau dewasa maupun remaja. Cara ini sangatlah sederhana dan sangat akurat hasilnya. Sebelum masuk ke cara tes mengetahui jenis kulit wajah, ada baiknya kita simak 5 kategori kulit wajah.

5 Kategori Jenis Kulit Wajah


Kulit Berminyak

Jenis kulit yang satu ini sangat memerlukan perawatan yang lebih, karena jumlah minyak yang diproduksi oleh sel kulit ini jumlahnya banyak. Masalah  yang sering dialami oleh jenis kulit berminyak ini adalah mudahnya timbul jerawat dan noda yang rata-rata sering muncul, hal ini dikarenakan produksi minyak yang berlebih.

Dari hal tersebut, jika Anda termasuk yang mempunyai kulit berminyak maka Anda wajib mencuci dan membersihkan wajah secara teratur.

Kulit Sensitif

Pada kulit sensitif sering timbul masalah kulit yang sangat sensitif karena memang jenis kulit ini sangat mudah pecah. Penyebab pecahnya kulit sensitif banyak faktornya antara lain seperti pengaruh lingkungan yang kurang bersahabat, debu, kotoran, terkena sinar matahari yang berlebih dan lain-lain.

Sebaiknya untuk yang memiliki jenis kulit ini, hindari kontak langsung dengan bahan-bahan kosmetik berbahan kimia, seperti halnya parfum yang bisa menyebabkan masalah kulit yang serius. Untuk perawatan pada jenis kulit ini, akan lebih baik menggunakan perawatan yang ringan.

Kulit Normal

Perhatian yang minimal menjadi pilihan yang terbaik untuk kulit jenis ini. Beruntung jika memiliki jenis kulit ini karena akan terbebas dari noda yang disebabkan produksi minyak sangatlah seimbang sehingga jenis kulit ini tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering

Kulit Kering

Seperti halnya kulit yang berminyak, kulit kering juga membutuhkan perawatan yang tepat. Sebaliknya, jenis kulit kering ini sangat kekurangan produksi minyak, sehingga membuat kulit menjadi kering. Jadikanlah pelembab menjadi teman setia Anda bila termasuk dalam jenis kulit ini, terutama juga harus sering banyak minum air. Salah satu keuntungkan jika Anda memiliki kulit kering tidak akan disinggahi jerawat. Congratulations...

Kulit Kombinasi

Rata-rata jenis kulit yang satu ini dimiliki oleh banyak orang. Jenis kulit ini merupakan gabungan dari kulit jenis kering dan berminyak.

Anda bisa memiliki kedua jenis kulit tersebut, misalnya, memiliki jenis kulit kering di pipi sedangkan hidung dan dahi berminyak.

Baik, setelah kita jalan-jalan untuk pengetahuan tentang jenis kulit maka saatnya kita mengetahui, jenis kulit apakah yang kita punya ? Silahkan Anda praktekan tes berikut :

Idealnya untuk menentukan jenis kulit, Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit. Namun, ada cara sederhana untuk menemukan jenis kulit Anda sendiri di rumah. Alatnya pun sederhana, Anda cukup menyediakan sebuah cermin yang seukuran dengan wajah.

Sebelum melakukan tes ini, ada beberapa hal yang harus Anda hindari:

1. Jangan berada di ruangan AC, setidaknya 1,5 jam sebelum melakukan tes. Udara di ruangan AC dapat membuat kulit kering dan mempengaruhi hasil tes.

2. Jangan mencuci wajah satu jam sebelum melakukan tes.

3. Jangan pergi keluar rumah atau melakukan aktivitas di bawah sinar matahari satu setengah jam sebelum melakukan tes.

Berikut ini adalah cara melakukan tes cermin, seperti yang dilansir Boldsky.

Tempelkan wajah Anda dengan menggunakan cermin yang bersih. Pastikan hidung, dahi, dan dagu berada pada satu garis lurus. Setelah itu, tekan pipi pada cermin dengan membalikkan wajah dari kiri ke kanan dan sebaliknya. Pada dasarnya, Anda harus memastikan setiap bagian dari wajah menempel dengan cermin.

Cara membaca hasil tes


- Kulit berminyak

Bila terdapat bekas minyak di cermin, pada area T wajah dan pipi, maka wajah Anda berminyak. Ciri-ciri lainnya, pori-pori wajah yang besar dan wajah yang mengkilap.

- Kulit kering

Bila tidak terdapat bekas minyak di cermin, kecuali bekas bulu pada wajah, maka kulit Anda kering.

- Kulit kombinasi

Bila bekas minyak hanya terdapat pada area T wajah (hidung dan dahi), maka kulit Anda masuk kategori tipe campuran. Jenis kulit ini merupakan tipe yang paling normal dimiliki banyak orang. Area T pada wajah selalu lebih berminyak daripada bagian lain, karena di sanalah kelenjar minyak terbanyak. Pipi Anda akan kering, sedangkan hidung dan dahi lebih berminyak.

- Kulit sensitif

Tipe kulit ini sulit dikenali dengan tes cermin. Kulit sensitif bisa jadi berminyak ataupun kering. Untuk itu, tekanlah wajah pada cermin dengan cukup lama. Bila Anda merasakan perih, maka jenis kulit Anda sensitif. Kulit jenis ini tidak cocok dengan sebagian besar kosmetik.

Kabar gembira untuk Anda, inilah pengobatan dan perawatan masalah kulit hanya dalam satu langkah, untuk menyimak silahkan KLIK DISINI.
menghilangkan bopeng

12 Responses to "Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah"

  1. Cara mengatasi wajah brminyak berlebih? Apakah pemakaian scrub cocok dilakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. scrub memang baik untuk mengeksfoliasi jaringan kulit yang telah mati dan membersihkan permukaan kulit dari produksi minyak berlebih. Namun, penggunaan scrub sebaiknya tidak boleh secara berlebihan, sebab dapat pula menstimulasi produksi minyak dan menyebabkan iritasi pada kulit. Sebaiknya scrub digunakan 3-4 kali seminggu.

      Delete
  2. hai boleh saya tahu ruang ac tu apa? saya dari malaysia jadi saya kurang mengerti sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai selamat pagi..

      ruang ac adalah ruangan yang berpendingin (air conditioner).

      Delete
  3. kayanya kulit ku termasuk jenis kulit kombinasi.. aku coba pake cermin tapi aku masih bingung.. pas aku pegang muka ku pipi ku kering tapi hidung ku agak licin kaya berminyak gitu makanya aku sering tumbuh jerawat dihidung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi tasya...

      Betul itu termasuk jenis kulit kombinasi, perawatannya cukup bersihkan wajah 2 kali sehari, jangan keseringan cuci wajah ya, terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  4. Kulit pipi saya banyak jerawat. Sudah dibersihkan memakai sabun muka sama krim malam khusus jerawat juga sudah tetapi tidak ada efeknya. Kadang saat perawatan keduanya juga ada perihnya. Kirakira penyebabnya apa dan apa yang harus saya lakukan? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang mas Rizky..

      Banyak faktor penyebab jerawat, salah satunya mas Rizky bisa simak di artikel ini : Kebiasaan Sehari-Hari Yang Menyebabkan Jerawat.

      Menurut kami lebih baik mas Rizky tidak menggunakan sabun untuk memberihkan wajah, karena sabun mengandung bahan yang keras serta menghilangkan kelenjar minyak. Yang terbaik adalah memilih produk perawatan kulit yang cocok untuk jenis kulit mas Rizky, perbanyak olahraga, dan memilih asupan makanan yang baik untuk kulit.

      Terimakasih kembali.

      Delete
  5. saya mau tanya jenis kulit saya berminyak, dan kulit saya kusam. kira" saya harus pakai facewash atau krim wajah apa agar kulit saya lebih cerah dan tdk kusam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi...

      Menurut kami ada baiknya memakai produk facewash agar kulit bisa lebih bersih dan cerah. Namun, jangan sampai keseringan membersihkan dengan produk facewash, cukup bersihkan 2 kali sehari. Jika menggunakan krim, dikhawatirkan bercampur dengan minyak dan menyumbat pori2 wajah.

      Delete
  6. malam, pas di test di kaca wajah ku tipe berminyak, kalau dipegang pipi nya gabegitu berminyak tapi di bagian hidung lebih berminyak daripada pipi. itu termasuk jenis kombinasi,normal atau minyak? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, selamat pagi Fristca...

      Jika bekas minyak hanya terdapat pada area T wajah (hidung dan dahi), maka kulit Anda masuk kategori tipe campuran (jenis kombinasi). Jenis kulit ini merupakan tipe yang paling normal dimiliki banyak orang. Area T pada wajah selalu lebih berminyak daripada bagian lain, karena di sanalah kelenjar minyak terbanyak. Pipi Anda akan kering, sedangkan hidung dan dahi lebih berminyak. Terimakasih kembali.

      Delete

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.