Makanan Bernutrisi Untuk Kesehatan Liver

Makanan Bernutrisi Untuk Kesehatan Liver - Organ terbesar dalam tubuh kita yang melakukan lebih dari 500 fungsi wajib untuk kelangsungan hidup kita adalah Liver. Jika liver tidak berfungsi dengan baik, maka akan mempengaruhi semua fungsi organ tubuh lainnya. Detoksifikasi, memelihara metabolisme tubuh, membantu pencernaan, memproses protein, dan lain sebagainya adalah beberapa fungsi utama dari liver. Penyakit seperti liver bengkak, perlu penanganan dengan obat liver yang tepat. Selain itu penyakit liver lainnya seperti hepatitis A, B, C dan D dapat dihindari dengan menjalankan pola makan yang sehat untuk liver.


Oleh karena itu, memiliki liver yang sehat sangat penting bagi tubuh  agar hidup senantiasa bisa di nikmati dengan orang-orang terkasih. Hindarilah mengkonsumsi alkohol, narkoba, dan makanan racun lainnya yang akan menambah risiko bahaya bagi liver. Pola makan yang seimbang dan olahraga akan membantu menjaga liver agar tetap sehat. Mari kita simak makanan bernutrisi untuk kesehatan liver. Semoga bermanfaat.

Apel dan buah Bit


Kedua buah tersebut mengandung zat pektin, dimana zat ini akan mengikat dan membantu ekskresi zat logam dari tubuh. Sehingga akan membantu membersihkan usus besar. Rutin mengkonsumsi apel setiap hari akan membantu liver dalam memproses detoksifikasi. Buah bit juga memiliki kapastitas yang efektif untuk menyerap zat logam. Kedua buah ini akan menyehatkan liver.

Sayuran Pahit


Sayuran yang rasanya pahit akan membantu merangsang dan melancarkan aliran zat empedu di dalam liver. Sangat menyehatkan.

Sayuran Artichoke


Sayuran yang agak langka ini dapat mengembalikan fungsi liver melalui peningkatan produksi empedu, sehingga akan membantu membersihkan usus, menurunkan kadar trigliserida, kolesterol dan menyehatkan liver.

Bawang Putih


Zat Allicin hadir dalam bawang putih yang akan membantu liver dalam mendetoksifikasi tubuh. Zat adiktif yang terkandung dalam makanan, merkuri, dan hormon estrogen akan di saring apabila kita mengkonsumsi bawang putih secara teratur.

Air Lemon


Air lemon adalah minuman yang dapat menyehatkan liver. Meminum segelas air panas yang telah ditetesi dengan satu sendok air lemon di pagi hari, akan membantu membersihkan usus secara menyeluruh. Sehingga akan membantu liver dalam mendetoksifikasi tubuh. 

Buah Antikosidan


Selama proses detoksifikasi tubuh, tingkat pembentukan radikal bebas di dalam tubuh akan cenderung tinggi. Nah, maka diperlukan anti-oksidan untuk melindungi liver dari radikal bebas. Sebagian besar buah-buahan seperti apel, plum, stroberi, jeruk, dan melon merupakan sumber alami yang kaya akan anti-oksidan.

Sayuran


Sayuran yang meliputi kubis, kembang kol, kubis brussel mengandung bahan kimia yang dapat mengurangi dampak dari zat nitrosamin (zat yang di temukan dalam asap rokok) serta mengurangi dampak dari zat aflotoxin (unsur yang ditemukan dalam kacang). Sayuran juga banyak mengandung zat alami Glucosinolates yang diperlukan untuk membantu liver dalam  mendetoksifikasi tubuh. 

Makanan Berserat


Beras, sereal dan biji-bijian adalah sumber yang baik akan serat dan dapat membantu menjaga hati agar tetap sehat. Poin ini merupakan bagian terpenting dari pola hidup sehat untuk menjaga liver dari kerusakan.

Selain itu, terlepas dari pola makan yang menyertakan makanan diatas, penting untuk melengkapinya dengan olahraga dan istirahat yang cukup untuk mempertahankan liver tetap sehat.

menghilangkan bopeng

0 Response to "Makanan Bernutrisi Untuk Kesehatan Liver"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.