Cara Mengobati Mual, Migrain, Pusing, Mabuk, dan Keracunan Makanan

Cara Mengobati Mual, Migrain, Pusing, Mabuk, dan Keracunan Makanan - Mual merupakan rasa yang menganggu tubuh. Ketika mual, kita bisa mengalami pusing, berkeringat, panas dan merasa seperti mau muntah, meskipun akhirnya tidak selalu muntah.

Pada dasarnya, mual adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah dalam tubuh. Kadang-kadang mual merupakan reaksi alami tubuh untuk sesuatu makanan yang dimakan bahwa tubuh tidak bisa menerimanya.


Mual merupakan salah satu gejaladari berbagai masalah kesehatan termasuk dehidrasi, migrain, asam refluks, mulas, mabuk, gangguan lambung, keracunan makanan dan berbagai penyakit menular.

Sering kali, wanita juga menderita mual selama tahap awal kehamilan.Mual juga dapat sering terjadi pada penderita kanker, karena merupakan efek samping dari pengobatan.

Mual biasanya bukan penyakit serius, tetapi dapat menguras tenaga dan membuat kita lelah. Mual dapat diobati dengan pengobatan alami ala rumahan.

Juga, mual dapat terjadi karena berbagai penyebab, jadi memahami penyebabnya adalah sangat penting untuk menentukan pengobatan yang paling tepat.

Berikut Cara Mengobati Mual, Migrain, Pusing, Mabuk, dan Keracunan Makanan


Jahe


Jahe adalah salah satu obat alami terbaik untuk mengatasi mual. Para peneliti percaya bahwa komponen aktif seperti minyak atsiri dan senyawa fenol yang kuat didalam jahe mampu menormalkan sistem saraf, perut dan usus, sehingga dapat membantu mengurangi mual. Jahe efektif sangat efektif untuk menghilangkan mual yang berhubungan dengan kehamilan dan akibat kemoterapi.

Caranya :
  • Tambahkan satu sendok teh jahe parut ke dalam secangkir air mendidih, tutup dan biarkan mendidih selama 5 sampai 10 menit. Saring dan tambahkan madu dan air lemon supaya lebih enak. Minum selagi masih hangat. Jangan minum lebih dari tiga cangkir teh jahe dalam sehari.
  • Atau, campurkan satu-setengah sendok teh air jahe, satu sendok makan madu dan satu sendok teh air lemon segar. Minum ramuan ini setiap satu jam sekali sampai kita merasa lebih baik.
  • Kita juga dapat mengunyah sepotong jahe mentah atau mengunyah permen jahe untuk mengurangi gejala mual.

Catatan : Jika sedang melakukan pengobatan dengan menggunakan obat aspirin atau obat-obatan lain yang sejenis, jangan menggunakan pengobatan melalui jahe tersebut.

Peppermint


Peppermint memiliki efek menenangkan pada selaput perut yang dapat membantu menghilangkan mual. Sifat antispasmodic peppermint juga dapat membantu mencegah kram dan mual. Menurut sebuah studi tahun 1997 di Universitas Liverpool di Inggris, peppermint dapat secara efektif meredakan mual pasca-operasi.

Caranya :
  • Ambil satu sendok teh daun peppermint kering ke dalam cangkir. Tuangkan air panas di atasnya. Tutup dan diamkan selama tiga sampai lima menit. Tambahkan satu sendok teh madu. Minumlah selagi hangat. Teh herbal ini sangat bermanfaat untuk mual yang disebabkan kram usus.
  • Kita juga dapat menghirup aroma dari satu atau dua tetes minyak peppermint, ambil napas dalam-dalam dan hiruplah aromanya. Hal ini akan membantu kita merasa lebih baik dalam beberapa menit.
 

Lemon


Lemon juga dapat mengurangi mual. Asam penetral dalam lemon membantu menciptakan bikarbonat dalam perut, sehingga mengurangi mual yang disebabkan flu perut, gas, kembung, mulas dan sakit perut. Juga, lemon dapat membantu menyeimbangkan kadar pH alami tubuh.

Caranya :
  • Campur satu sendok teh air lemon dan madu. Makan campuran ini perlahan untuk mengurangi mual secara langsung.
  • Campur air lemon dan satu-setengah sendok teh garam dalam air. Hirup bau ramuan ini selama beberapa menit, dan kemudian meminumnya perlahan. Jika kita memiliki tekanan darah tinggi, jangan menambahkan garam.
  • Potong lemon menjadi dua bagian. Lalu hirup aroma lemon tersebut dalam-dalam.


Cengkeh


Mual dapat dihilangkan dengan rempah yang sangat baik yaitu cengkeh. Karena sifat aromatiknya, cengkeh sangat membantu mengurangi gejala mual. Bahkan dapat digunakan untuk mengobati mual saat hamil.

Caranya :
  • Tambahkan satu sendok teh bubuk cengkeh ke dalam secangkir air mendidih. Tutup cangkir, diamkan selama lima menit dan kemudian saring. Minum air cengkeh tersebut sesuai kebutuhan. Kita dapat menambahkan satu sendok teh madu agar lebih enak.
  • Masukan beberapa tetes minyak cengkeh pada saputangan, hiruplah dalam-dalam aroma cengkeh di saputangan tersebut sampai kita merasa lebih baik.
  • Kita juga bisa mengunyah 1-2 siung cengkeh untuk mengurangi mual secara langsung.

Adas


Ramuan lain yang mengandung karminatif sehingga dapat membantu mengobati mual adalah adas. Adas dapat mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan dan mendorong menghilangkan gas. Sehingga dapat membantu mengobati mual yang disebabkan gas usus dan perut kembung.

Plus, adas mengandung konstituen anestesi yang dapat membantu mengurangi mual. Sehingga sangat bagus untuk mual saat hamil.

Caranya :
  • Tuangkan satu sendok teh biji adas dalam secangkir dan tuangkan satu cangkir air panas di atasnya. Tutup dan biarkan selama 10 menit. Tambahkan beberapa tetes air lemon segar dan satu sendok teh madu. Minum teh herbal ini perlahan-lahan. Kita juga harus mengunyah biji adas setelah meminum air adas tersebut.
  • Kita juga bisa mengunyah atu sendok teh biji adas secara perlahan untuk mengurangi mual secara langsung.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Mengobati Mual, Migrain, Pusing, Mabuk, dan Keracunan Makanan"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.