Nyeri Gusi Bengkak ? Obati Secara Alami

Nyeri Gusi Bengkak ? Obati Secara Alami - Gusi bengkak sudah menjadi masalah yang umum banyak diderita orang. Jaringan yang membentuk gusi terdiri dari serat, penuh pembuluh darah, dan tebal. Oleh karena itu, ketika ada pembengkakan didaerah gusi, maka gusi bisa menonjol atau ada tonjolan yang keluar dan terlihat merah bukan bukan berwarna pink seperti warna normal gusi pada umumnya.

Bila terjadi pembengkakan, maka dapat menyebabkan gusi menjadi iritasi, sensitif dan bahkan menyakitkan. Gusi juga cenderung dapat berdarah saat menyikat gigi.

gusi bengkak


Gusi bengkak dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti radang gusi, infeksi, kekurangan gizi atau kehamilan.

Penyebab umum lainnya termasuk gigi palsu yang kurang pas atau peralatan gigi lainnya yang kurang cocok, merokok berlebihan atau penggunaan produk tembakau lainnya, kepekaan terhadap pasta gigi atau obat kumur, cedera atau menyikat gigi yang salah.


Anda dapat meredakan rasa sakit dan pembengkakan pada gusi dengan menjaga kebersihan mulut dan melakukan pengobatan ala rumahan alami yang tepat. Namun, jika Anda mengalami gusi bengkak dan gejalanya tetap ada selama lebih dari dua minggu, maka kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi.


Berikut Adalah Cara Alami Mengobati Sakit Gusi Bengkak.


Kompres Dengan Air Hangat dan Air Dingin


Kompres air hangat dan air dingin dapat memberikan pertolongan yang instan pada gusi bengkak karena dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Anda hanya perlu memegang kompresan pada pipi Anda, tidak langsung pada gusi yang bengkak.

Caranya :

  1. Rendam kain bersih dengan air hangat dan peras.
  2. Tempelkan lap kompresan ari hangat tersebut pada wajah Anda selama 5 menit.
  3. Berikutnya, bungkus sedikit es batu di handuk tipis dan tahan pada wajah Anda sampai pipi terasa mati rasa.
  4. Ulangi pergantian kompresan air hangat dan air dingin tersebut 2 sampai 3 kali.
  5. Gunakanlah pengobatan ini sesuai dengan kebutuhan.

Air Garam


Garam adalah obat alami lain yang efektif untuk gusi bengkak. Air garam dapat menghambat pertumbuhan bakteri di mulut dan mencegah infeksi yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan mulut.

Caranya :

  • Setelah menyikat gigi dengan sikat gigi bulu lembut, gosok lembut gusi Anda dengan garam selama beberapa detik. Bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini sekali sehari. Setelah gusi Anda sehat, lakukan cara ini 3 kali seminggu untuk mencegah gusi bengkak kembali kambuh.
  • Atau, cara yang paling mudah tambahkan ½ sampai 1 sendok teh garam ke dalam segelas air suam-suam kuku dan menggunakannya untuk membilas mulut Anda dua kali sehari sampai bengkak reda.

Hidrogen Peroksida


Hidrogen peroksida juga dapat membantu mengurangi peradangan gusi yang sakit. Hidrogen peroksida bahkan bisa membantu membunuh kuman dan melawan semua masalah mulut. Untuk kesehatan mulut, gunakan food grade, 3 persen dari larutan hidrogen peroksida.

Caranya :

  • Campur dengan takaran yang sama antara 3 persen larutan hidrogen peroksida dan air. Bilaskan cairan tersebut pada sekitar gusi dan gigi selama 30 detik. Bilas dengan air hangat.
  • Atau, Campurkan 1 sendok teh baking soda dan hidrogen peroksida secukupnya, aduk sampai seperti pasta kental. Gosokkan pasta tersebut pada gusi Anda, tunggu 1 menit dan kemudian bilas mulut Anda dengan air.

Gunakan salah satu dari perawatan mulut diatas 2 atau 3 kali seminggu.

Catatan : Pastikan Anda tidak menelan hidrogen peroksida.

Kunyit


Kunyit juga merupakan obat rumahan alami yang baik untuk gusi bengkak. Kunyit mengandung kurkumin, yaitu zat alami yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan peradangan. Selain itu, kunyit mampu mencegah penyebaran aktivitas bakteri yang menyebabkan beberapa masalah pada mulut.

Caranya :

  1. Campur ¼ sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air.
  2. Oleskan campuran tersebut pada gusi dengan jari bersih Anda.
  3. Biarkan selama 5 menit, kemudian pijat dengan lembut selama 1 menit.
  4. Bilas mulut Anda dengan air hangat.
  5. Ulangi cara ini dua kali sehari selama 1 sampai 2 minggu.

Kantong Teh Hitam


Kantong teh hitam mengandung tanin yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi. Selain itu, sifat antioksidan didalamnya mampu meningkatkan kesehatan mulut yang baik.

Caranya :

  1. Masukan kantong teh dalam air mendidih selama 2-3 menit.
  2. Keluarkan dan biarkan dingin.
  3. Pegang kantong teh pada daerah gusi yang bengkak selama 10 sampai 15 menit.
  4. Bilas mulut Anda dengan larutan air garam hangat.
  5. Ulangi cara ini sekali sehari selama beberapa hari.

Lidah Buaya


Lidah buaya merupakan obat alami yang efektif untuk mengobati bengkak dan pendarahan pada gusi. Tanaman ini memiliki kandungan anti-inflamasi serta sifat antibakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab plak di mulut dan dapat meredakan gusi yang meradang.

Caranya :

  1. Belah daun lidah buaya dan ambil gel-nya.
  2. Gosokan gel dengan jarinya Anda secara lembut pada gusi yang bengkak.
  3. Pijat lembut selama 1 sampai 2 menit.
  4. Bilas dengan air hangat.
  5. Ulangi cara ini beberapa kali sehari sampai kondisi gusi membaik.


Minyak Pohon Teh



Minyak pohon teh mengandung sifat antibiotik dan anti-inflamasi yang dapat memberikan pertolongan cepat pada gusi yang teriritasi dan meradang.

Caranya :

  • Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam segelas air hangat. Lalu gunakan sebagai obat kumur dua kali sehari.
  • Atau, Sikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung minyak pohon teh untuk meredakan gusi bengkak.

Lakukan cara pengobatan diatas setiap hari sampai gusi Anda terlihat sehat.

Catatan : Pastikan untuk tidak menelan minyak pohon teh. Jika tertelan akan menyebabkan masalah pada perut Anda.

Vitamin D


Jika Anda sering mengalami gusi bengkak, maka tingkatkan asupan vitamin D untuk mengatasinya. Vitamin D memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mencegah gusi bengkak kembali kambuh.

Vitamin D juga dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium secara menyeluruh, sehingga  dapat meningkatkan kesehatan periodontal dan meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Caranya :

  • Bantulah tubuh Anda memproduksi  vitamin D secara dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi selama 10 menit setiap hari.
  • Makan makanan yang kaya vitamin D seperti salmon, telur, biji bunga matahari dan minyak ikan cod.


Nutrisi Tepat


Nutrisi yang tepat dan seimbang sangat penting untuk kesehatan gusi dan gigi. Pastikan Anda mendapatkan jumlah yang cukup dari asupan kalsium, vitamin C dan asam folat dari menu makanan Anda untuk mencegah gusi bengkak. Kekurangan dari setiap nutrisi tersebut dapat menyebabkan gusi meradang.

Caranya :

  1. Makan makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, stroberi, kiwi, nanas, paprika, brokoli, kubis Brussel, melon dan kale.
  2. Makan makanan yang kaya kalsium, seperti produk susu, sarden, tofu, ikan salmon, susu kedelai, sereal dan collard hijau.
  3. Makan makanan yang memiliki kadar tinggi asam folat, seperti sayuran berdaun hijau gelap, brokoli, asparagus, kacang polong, kacang-kacangan, lentil dan alpukat.


Tips Tambahan


  • Sikat secara teratur, terutama setelah makan.
  • Hindari menyikat terlalu kasar karena dapat mengiritasi gusi Anda.
  • Mengganti sikat gigi Anda setiap tiga bulan dan menggunakan sikat gigi hanya yang berbulu lembut.
  • Hindari makanan dan minuman yang sangat panas atau sangat dingin..
  • Hindari produk tembakau dan alkohol karena dapat memperburuk pembengkakan.
  • Minum banyak air sepanjang hari untuk merangsang produksi air liur, yang secara alami dapat membantu membunuh bakteri.
  • Hindari stres karena dapat memperburuk kondisi Anda.
  • Kunjungi dokter gigi Anda setidaknya sekali setiap enam bulan untuk pemeriksaan gigi.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Nyeri Gusi Bengkak ? Obati Secara Alami"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.