Fakta Tentang Jerawat dan Cara Perawatannya

Fakta Tentang Jerawat dan Cara Perawatannya - Jerawat biasanya muncul pada masa pubertas, tetapi tak menutup kemungkinan jerawat juga bisa muncul pada orang dewasa. Sekitar 80% remaja akan mengalami jerawat, dan terdapat beberapa mitos mengenai penyebab jerawat. Berikut kami uraikan untuk Anda fakta tentang jerawat dan cara perawatannya.

Jerawat terdiri dari bintik-bintik dan benjolan yang menyakitkan pada kulit. Selain jerawat bisa timbul di wajah, jerawat juga bisa muncul di punggung, bahu, bahkan bokong. Jika jerawat parah maka bisa mengakibatkan jaringan parut atau lubang bekas jerawat.

Apa yang menyebabkan timbulnya jerawat ??

Jerawat sebagain besar disebabkan oleh cara kulit merespon diri terhadap perubahan hormon. Kulit mengandung kelenjar sebaceous yang secara alami melepaskan sebum yaitu zat berminyak yang membantu melindunginya.

Selama masa pubertas, hormon testoteron akan meningkat dan menyebabkan produksi sebum dikulit menjadi berlebihan. Hal ini dapat terjadi pada remaja puber laki-laki maupun perempuan.

Sebum berfungsi untuk memblokir folikel rambut. Nah, ketika sel-sel kulit mati bercampur dengan kotoran yang ada dipori, maka akan menyebabkan terbentuknya bintik-bintik. Sehingga bakteri di kulit dapat berkembang biak, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan (inflamasi) di bawah bintik-bintik tersebut.


Ada beberapa jenis bintik-bintik, yaitu :

Komedo : bentuknya kecil, pori-pori tersumbat
Whiteheads : bentuknya kecil, benjolan keras dan ditengahnya terdapat warna putih.
Pustula : Bintik bercampur nanah
Nodul : Keras, benjolan dibawah kulit yang menyakitkan

Jerawat dapat meradang ketika wajah merah dan membengkak. Bila hal tersebut terjadi, perlu diobati sesegera mungkin untuk mencegah jaringan parut pada wajah.

Janganlah mencoba untuk menyentuh jerawat atau mencoba untuk memencetnya karena hal ini dapat menyebabkan peradangan dan menyebabkan jaringan parut. Jerawat pada kulit yang normal/sehat biasanya akan menghilang setelah beberapa minggu atau bulan.

Jerawat bisa diperparah apabila kita stres. Ditambah khususnya pada wanita, jerawat bisa semakin parah ketika menstruasi. Kadang-kadang jerawat juga dapat terjadi selama kehamilan.

Jika Anda mengalami masalah jerawat, rawatlah kulit yang terkena jerawat tersebut dengan pembersih ringan dan menggunakan pelembab yang bebas minyak. Jangan menggunakan scrub, karena dapat mengiritasi kulit sehingga kulit akan terasa sakit.

Mitos Tentang Jerawat

Ada 2 mitos tentang penyebab jerawat, berikut fakta yang perlu Anda ketahui :

Makanan

Banyak orang mengatakan bahwa makan coklat atau makanan berminyak dapat menyebabkan jerawat, tetapi hal ini tidak benar. Tidak ada bukti bahwa jerawat bisa timbul dikarenakan apa yang Anda makan. Namun, apabila Anda melakukan diet atau makan makanan seimbang, hal tersebut akan lebih baik untuk kesehatan Anda secara umum.

Make up
Ada juga mitos bahwa memakai make-up dapat menyebabkan bintik-bintik pada wajah, tetapi secara medis tidak ada bukti mengenai ini. Fakta sebenarnya adalah jika Anda jarang menyentuh wajah maka bakteri akan lebih sedikit menyebar ke kulit Anda, oleh karenanya jika ber-make up otomatis kita jarang menyentuh wajah. Yang terpenting, sebelum melakukan make-up bersihkan tangan terlebih dahulu, dan sebelum tidur bersihkanlah make up tersebut.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Fakta Tentang Jerawat dan Cara Perawatannya"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.