Tips Perawatan Kulit Gelap

Perawatan Kulit Gelap - Kulit indah adalah kulit yang memancarkan aura dari luar dan dalam, bukan berdasarkan warna gelap atau putih. Untuk mendapatkan segala keindahan pada kulit tentunya perlu perawatan yang baik, seperti diet sehat dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kulit. Makanan tersebut terdiri dari buah-buahan dan sayuran yang harus menjadi bagian pada diet harian Anda. Selain itu, makanan yang digoreng harus bisa dikurangi serta setidaknya Anda bisa minum air putih delapan gelas sehari, dan hindari pula minuman beralkohol dan berkafein.

Olahraga adalah komponen terbaik dari bagian perawatan kulit. Olahraga teratur dapat membuat kulit kencang, segar, dan tubuh Anda akan merasakan kesegaran serta sehat secara keseluruhan. Setidaknya Anda melakukan olahraga ringan setiap hari, seperti bersepeda, jalan kaki, jogging, atau berenang.

Pelembab adalah salah satu hal penting yang harus ada pada perawatan kulit gelap untuk meminimalisir munculnya ashy. Krim atau lotion sebaiknya dioleskan setelah mandi saat kulit sedikit lembab. Untuk wajah sebaiknya menggunakan pelembab khusus untuk wajah. Selain itu, pembersih wajah harus digunakan pada pagi hari dan pada malam hari untuk membersihkan kosmetik. 


Kulit gelap membutuhkan perlindungan ektra dari sinar matahari karena dapat merusak kulit dengan mudah. Oleh karenanya, pastikan sebelum Anda keluar dari ruangan untuk menggunakan tabir surya agar kulit tidak cepat keriput dan mencegah terjadinya kanker kulit. Ada baiknya Anda menggunakan topi bertepi saat keluar rumah, hal itu akan membuat perlindungan extra dari sinar matahari. Kulit yang gelap juga lebih rentan terhadap keloid, jika sudah terkena keloid maka obat keloid yang tepat sangat diperlukan. Keloid adalah jaringan kulit yang membesar (abnormal) yang disebabkan oleh luka.

Kemudian, apabila kulit gelap Anda berjerawat maka sangat penting untuk membersihkan wajah dengan lembut, jangan sekali-kali mencucinya secara kasar, justru hal tersebut akan membuat jerawat lebih buruk dan bisa meninggalkan lubang bekas jerawat. Selain itu, Anda harus bisa menemukan pembersih dan pelembab yang dibuat khusus untuk kebutuhan kulit Anda.

Berikut perawatan kulit yang harus Anda lakukan.

Membersihkan Kulit

Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersinar Anda perlu membersihkan wajah dua kali sehari secara teratur. Waktu terbaik untuk membersihkan wajah adalah pada pagi hari dan malam hari sebelum Anda tidur. Pilihlah pembersih wajah yang cocok dan nyaman untuk jenis kulit Anda, apabila Anda belum tahu jenis kulit yang Anda miliki, maka sebaiknya segera baca artikel cara mengetahui jenis kulit wajah. Jangan gunakan air hangat saat membersihkan wajah karena dapat membuat kulit menjadi kering.  

Lembabkan Kulit

Melembabkan kulit sangat penting dilakukan untuk membantu melindungi kulit Anda. Pelembab yang bebas minyak baik digunakan pada kulit berminyak, begitupun dengan jenis kulit lainnya yang perlu menggunakan  pelembab cocok dengan jenis kulit yang dimiliki. Menggunakan pelembab yang berbentuk vitamin kulit akan lebih baik dibandingkan dengan pelembab yang berjenis krim atau lotion.

Lakukan Exfoliation
Exfoliation adalah pengelupasan kulit dengan menggunakan scrub, Exfoliation bermanfaat untuk semua jenis kulit terutama untuk jenis kulit gelap berminyak. Exfoliation akan mengangkat sel kulit mati sehingga penyumbatan pori-pori oleh sel mati bisa dihindari. Exfoliation membuat kulit tampak lebih bersih dan sehat.

Lindungi Kulit

Kulit gelap memiliki melanin yang rentan terhadap kanker kulit jika terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu, kenakanlah pakaian berwarna terang yang dapat memantulkan sinar matahari sehingga kulit gelap akan terjaga.

Kondisikan Kulit

Kondisikanlah perawatan kulit sesuai musim. Jika musim kemarau datang, maka Anda harus extra dalam perawatannya karena suhu panas akan meningkat. Hal ini tidak hanya dilakukan pada kulit gelap saja, namun perawatan extra juga harus dilakukan pada semua jenis kulit apabila musim kemarau tiba.  

Asupan Nutrisi
Asupan makanan bergizi pada tubuh akan menutrisi kulit Anda, ini penting dilakukan untuk perawatan kulit Anda dari dalam.

menghilangkan bopeng

0 Response to "Tips Perawatan Kulit Gelap"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.