Cara Mengatasi Keringat Berlebihan

Cara Mengatasi Keringat Berlebihan - Keringat adalah proses alami yang membantu tubuh untuk mengatur suhu. Aktivitas fisik yang berat, keadaan suhu atau perasaan takut dan marah biasanya berhubungan dengan keringatan. Namun, jika berkeringat secara berlebihan dan tanpa adaya penyebab, maka bisa dipastikan kita memiliki masalah kesehatan yang disebut hiperhidrosis, atau keringat berlebihan.

Keringat berlebihan sering dihubungkan dengan stres, kecemasan, obesitas, kekurangan gizi, dan sirkulasi darah yang buruk. Beberapa penyebab medis dari keringat berlebihan adalah diabetes, demam, masalah jantung, hipertiroidisme, leukemia dan menopause.


Keringat berlebih dapat terjadi di banyak area tubuh seperti telapak tangan, telapak kaki, ketiak, leher, dahi dan bahkan kulit kepala. Keringat berlebih dapat terjadi saat kita sedang terjaga atau tertidur.

Tentu, keringat yang berlebihan dapat mengganggu kehidupan rutinitas normal kita, selain itu keringat berlebihan dapat menyebabkan kecemasan sosial atau malu. Bahkan dapat meningkatkan risiko bau badan.

Berikut adalah cara mengatasi keringat berlebihan dengan pengobatan alami ala rumahan yang dapat dilakukan dirumah.

Cuka Sari Apel


Cuka sari apel adalah salah satu obat alami yang terbaik untuk keringat berlebihan. Karena sifat zat cuka sari apel dapat digunakan secara efektif untuk mengendalikan keringat. Juga, dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh.

Caranya :

Cuci daerah yang paling berkeringat dengan menggunakan bola kapas untuk menggosok beberapa tetes cuka sari apel di atasnya. Biarkan semalaman. Keesokan paginya, mandi dan kemudian mengoleskan bedak atau deodorant.
Pilihan lain adalah dengan mencampur 2 sendok teh cuka sari apel dan madu ke dalam segelas air. Minum sekali sehari pada saat perut kosong untuk mengurangi keringat berlebihan.

Baking Soda


Baking soda juga dapat membantu memecahkan masalah keringat yang berlebihan. Baking soda adalah antiperspirant alami, yang berarti secara efektif dapat menyerap kelembaban dan menetralisir bau badan. Plus, baking soda adalah alkali dari alam, yang dapat menurunkan tingkat pH bagian tubuh yang banyak berkeringat.

Caranya :

Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan air secukupnya. Tambahkan 3 atau 4 tetes minyak esensial, misalnya minyak kelapa. Oleskan pada ketiak dan bagian lain yang banyak berkeringat. Cuci setelah 15 sampai 20 menit. Lakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu.

Teh Hitam


Teh hitam adalah obat yang baik untuk mengontrol berkeringat. Asam tannic dalam teh memiliki sifat antiperspiran. Dengan demikian, teh hitam dapat membantu membuat kelenjar keringat mengerut sehingga tidak menghasilkan keringat yang berlebih. Juga, teh hitam dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan.

Caranya :
  1. Masukan 1 atau 2 kantong teh dalam 3 sampai 4 cangkir air panas.
  2. Biarkan dahulu selama 10 menit.
  3. Celupkan kain bersih dalam larutan teh tersebut dan gosokkan pada ketiak dan leher. Untuk mengontrol kaki dan tangan berkeringat, rendam dalam air teh selama 20 sampai 30 menit.
  4. Lakukan perawatan ini sekali sehari selama beberapa minggu.

Air Tomat


Air tomat memiliki sifat astringent yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dan memblokir saluran yang mengeluarkan keringat. Bahkan, tomat kaya akan antioksidan, sehingga dapat membantu mengatur kelenjar keringat.

Caranya :

Minum 1 cangkir air tomat segar setiap hari selama seminggu.
Atau sebelum mandi, oleskan air tomat pada bagian-bagian tubuh yang banyak berkeringat dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Lalu bilas. Ulangi sekali sehari sampai keringat berkurang.

Lemon


Lemon dapat mengontrol keringat. Lemon bisa berfungsi sebagai deodoran alami untuk menutupi bau badan yang disebabkan oleh keringat.

Caranya :
  • Tambahkan air perasan 1 lemon ke dalam segelas air. Rendam kain lap di dalamnya dan gosokan kain lap tersebut pada seluruh tubuh. Biarkan selama 20 sampai 30 menit dan kemudian mandi menggunakan air dingin. Lakukan cara ini sekali sehari.
  • Pilihan lain adalah mencampur air lemon dengan baking soda dalam jumlah yang sama. Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran ini ke daerah-daerah yang berkeringat. Biarkan selama sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini setiap hari

Catatan : Hindari keluar rumah di bawah sinar matahari secara langsung setelah menggunakan air lemon.

Minyak kelapa


Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat di dalamnya, yang dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap karena berkeringat. Plus, aroma manis minyak ini akan membantu tetap segar sepanjang hari.

Caranya  hanya memijat lembut dengan menggunakan sedikit minyak kelapa ke bagian tubuh yang paling berkeringat. 

Tips tambahan


  • Minum banyak air dingin sepanjang hari untuk membantu mengatur suhu tubuh.
  • Mandi setiap hari menggunakan sabun antibakteri.
  • Jangan memakai pakaian yang terbuat dari nilon atau polyester, karena dapat menimbun keringat. Sebaiknya memakai pakaian dari katun saja.
  • Sebelum menerapkan deodoran atau antiperspirant, keringkan tubuh sepenuhnya.
  • Hindari makanan pedas yang dapat meningkatkan jumlah keringat.
  • Hindari stres, yang merupakan peenyebab keringat.
  • Kurangi merokok, minum alkohol dan konsumsi kafein berlebihan karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan keringat.
  • Jika kelebihan berat badan, maka perlu melakukan langkah-langkah untuk menurunkan berat badan.
  • Hindari makan makanan cepat saji, olahan siap makan, soda atau apapun yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi.
  • Makan banyak buah dan sayuran yang mengandung air tawar tinggi.
  • Makan makanan kaya seng atau mengkonsumsi suplemen seng.
  • Makan segenggam buah anggur setiap hari untuk menjaga suhu dingin tubuh.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter jika keringat berlebihan terjadi yang sertai nyeri dada, denyut jantung yang cepat, sesak napas atau penurunan berat badan secara tiba-tiba.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Mengatasi Keringat Berlebihan"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.