Cara Mengatasi Sakit Gigi Geraham Bungsu

Cara Mengatasi Sakit Gigi Geraham Bungsu - Gigi geraham bungsu biasanya muncul antara usia 17 dan 25 tahun. Gigi geraham bungsu di sebut molar ketiga, yang merupakan gigi terakhir atau paling posterior di masing-masing empat kuadran gigi di mulut.

Gigi geraham bungsu yang terakhir tumbuh dan mungkin tidak memiliki cukup ruang di dalam mulut untuk tumbuh dengan baik. Maka gigi geraham bungsu dapat mendorong atau terjebak diantara gigi lain dan tumbuh pada sudut bawah gusi. Nah, hal ini dapat mengakibatkan apa yang dikenal sebagai sakit gigi geraham bungsu yang menyebabkan rasa sakit, pembengkakan di gusi dan iritasi.


Seiring dengan rasa sakit yang dialami, mungkin kita juga akan mengalami gejala lain seperti bau mulut, kesulitan menggigit dan mengunyah makanan, sakit kepala dan nyeri pada gigi yang berdekatan.

Sakit gigi geraham bungsu dapat terjadi tiba-tiba tanpa peringatan atau berkembang secara bertahap. Sehingga, tentu dapat menghambat aktifitas sehari-hari. Ada sejumlah obat alami ala rumahan yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit gigi geraham bungsu. Namun, jika rasa sakit terus menerus, maka solusi terbaiknya adalah gigi geraham harus dicabut oleh dokter.

Berikut Cara Mengatasi Sakit Gigi Geraham Bungsu


Cengkeh


Cengkeh telah terbukti mengurangi rasa sakit gigi geraham bungsu serta sakit gigi yang lain. Anestesi dan sifat analgesik di dalam-nya dapat menghilangkan rasa sakit. Plus, sifat antiseptik dan antibakteri-nya dapat mencegah infeksi. Tunas cengkeh dan minyak cengkeh dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi geraham bungsu.

Caranya :
  • Gunakan bola kapas untuk mengoleskan beberapa tetes minyak cengkeh pada gigi geraham yang sakit dan pada gusi disekitarnya. Ulangi pengobatan ini 2 atau 3 kali sehari
  • Kita juga juga dapat meletakan 2 atau 3 siung tunas cengkeh di seluruh mulut dekat dengan gigi yang sakit.
   

Garam


Obat alami lain untuk menghilangkan rasa sakit gigi geraham bungsu adalah garam. Garam dapat membantu mengurangi peradangan di gusi, dan mencegah serta melawan infeksi.

Caranya :
  • Campurkan 1 sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Lalu kumurkan dalam mulut dalam beberapa kali sehari untuk menjaga dari rasa sakit dan menghilangkan kuman.
  • Kita juga dapat mencampur garam dan merica bubuk dalam jumlah yang sama dengan beberapa tetes air. Oleskan campuran tersebut pada gigi yang sakit dan diamkan selama beberapa menit. Lakukan pengobatan ini 2 atau 3 kali sehari sampai nyeri hilang.

Bawang Putih


Bawang putih memiliki kandungan antioksidan, antibiotik, anti-inflamasi dan lainnya yang dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi geraham bungsu. Bawang putih bahkan bisa mencegah atau memperlambat infeksi bakteri di mulut.

Caranya :
  • Haluskan 1 siung bawang putih dan oleskan pada gigi yang sakit.
  • Kita juga bisa mengunyah 1-2 siung bawang putih untuk menghilangkan rasa sakit.


Lakukan salah satu cara pengobatan diatas sekali atau dua kali sehari selama beberapa hari untuk mengurangi rasa sakit.

Bawang Bombay


Bawang bombay memiliki sifat antiseptik, antibakteri dan antimikroba yang dapat menghilangkan rasa sakit gigi dan membunuh kuman yang dapat menyebabkan infeksi.

Caranya :
  • Cukup mengunyah beberapa iris bawang bombay mentah selama beberapa menit.
  • Jika kita tidak bisa mengunyah-nya karena pembengkakan dan rasa sakit, letakkan sepotong kecil bawang bombay mentah langsung pada gigi yang sakit.

Gunakan salah satu dari cara pengobatan diatas beberapa kali sehari untuk mengurangi rasa sakit.

Daun Jambu


Daun jambu biji merupakan pereda sakit gigi yang sangat baik. Daun jambu memiliki bioflavonoid yang dikenal sebagai quercetin yang memiliki sifat antispasmodic. Plus, daun jambu kaya akan anti-inflamasi, antimikroba dan sifat analgesik.

Caranya :
  • Kunyah 1 atau 2 daun jambu biji muda secara perlahan. Maka sakit gigi geraham bungsu pun akan segera menghilang.
  • Pilihan lain adalah dengan merebus 4-6 daun jambu biji dalam 1 cangkir air selama sekitar 5 menit. Saring airnya dan biarkan dingin. Lalu gunakan sebagai obat kumur 2 kali sehari untuk mengurangi rasa sakit gigi geraham.

Peppermint


Peppermint merupakan obat alami yang sangat efektif untuk sakit gigi geraham bungsu. Tanaman ini kaya akan sifat anestesi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit. Plus, dapat membantu menyingkirkan bakteri di mulut yang dapat menyebabkan infeksi.

Caranya :
  • Gosokkan sedikit minyak peppermint pada daerah gigi yang menyakitkan. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas mulut dengan air garam hangat.
  • Kita juga dapat menambahkan 1 sendok teh daun peppermint kering pada secangkir air panas. Tutup dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Berkumurlah dengan air peppermint tersebut selama 30 detik, lalu kelurakan dari mulut.

Lakukan salah satu dari cara pengobatan diatas 2 atau 3 kali sehari sampai nyeri mereda.

Tips Tambahan

  • Letakan kompresan es ke pipi untuk mengurangi rasa sakit.
  • Kita juga dapat menempatkan sepotong keju di atas gigi yang sakit untuk mengurangi nyeri.
  • Kunyah perlahan permen karet yang bebas gula setelah makan untuk stimilate air liur dan melawan infeksi.
  • Gunakan obat kumur antibakteri untuk mengurangi peradangan.
  • Jangan mengunyah makanan keras.
  • Sikat gigi dan lidah secara teratur.
  • Mengurangi mengkonsumsi gula dan makanan manis untuk mencegah infeksi.
  • Minum banyak air sepanjang hari.
   
Cara alami diatas merupakan bantuan yang sementara untuk mengobati rasa sakit. Bagaimanapun, kita harus mengunjungi dokter gigi sehingga dokter dapat memeriksa gigi dengan tepat dan memutuskan apakah perawatan lebih lanjut diperlukan atau tidak.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Mengatasi Sakit Gigi Geraham Bungsu"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.