Cara Menyembuhkan Eksim Dengan Obat Alami

Cara Menyembuhkan Eksim Dengan Obat Alami - Eksim adalah gangguan kulit kronis yang sangat umum, ada sekitar 700 riibu orang Indonesia yang mengalaminya. Eksim dapat terjadi pada semua golongan umur, tetapi lebih umum terjadi pada bayi daripada orang dewasa.

Gejala dari eksim termasuk kulit kering, kemerahan, bengkak, kulit mengelupas, lecet, retak, luka berkulit dan gatal. Eksim juga dialami di bagian-bagian tubuh yang berbeda seperti wajah, tangan, pergelangan kaki, belakang lutut, leher dan dada bagian atas.


Eksim biasanya terjadi akibat faktor keturunan, namun berbagai faktor juga bisa memicu munculnya eksim, seperti alergi, iritasi lingkungan, keringat, dan stres emosional. Wabah eksim dapat menjadi kronis atau akut.

Jika tidak diobati, eksim dapat menyebabkan hidup tidak nyaman. Ada obat-obatan yang tersedia di pasar, tetapi banyak mengandung zat kimia sehingga dapat memperburuk kondisi eksim. Bagi banyak orang, solusi alami adalah pilihan yang lebih baik untuk menangani eksim.

Berikut Cara Menyembuhkan Eksim Dengan Obat Alami


Minyak Kelapa


Minyak kelapa merupakan salah satu solusi yang paling populer untuk menyembuhkan eksim. Minyak kelapa mengandung antijamur, antibakteri, antimikroba dan antioksidan.

Plus, minyak kelapa merupakan gudang vitamin dan nutrisi yang sehat, seperti asam laurat dan vitamin K serta E, sehingga  gatal eksim dapat dikurangi. Untuk hasil terbaik, minyak kelapa asli.

Caranya :
  • Oleskan minyak kelapa langsung pada kulit yang terkena eksim beberapa kali sehari untuk mengurangi rasa gatal atau nyeri . Ulangi pengobatan ini sampai gejala eksim hilang sepenuhnya.
  • Atau, kita juga dapat mengkonsumsi 2-4 sendok makan minyak kelapa setiap hari untuk membantu meringankan gejala eksim dan meningkatkan kekebalan secara keseluruhan. 

Kunyit


Kunyit telah digunakan secara luas dalam pengobatan gangguan kulit apapun, termasuk eksim. Sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi Juni 2010 dari Journal of Dermatology menemukan bahwa kunyit merupakan obat alami terbaik untuk kulit karena mengandung antioksidan.

Plus, kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, memiliki sifat anti-inflamasi dan bakterisida yang dapat membantu menghilangkan peradangan dan mengobatai gatal-gatal.

Caranya :
  • Campurkan setengah sendok teh kunyit dengan susu yang cukup. Oleskan  pada kulit yang terkena eksim dua kali sehari sampai kemerahan dan gatal hilang.
  • Atau, kita dapat menambahkan satu-setengah sendok teh kunyit ke dalam satu cangkir air mendidih dan biarkan mendidih selama 10 menit. Biarkan hingga dingin. Kita dapat meminumnya atau menggunakannya untuk mencuci daerah yang terkena eksim.

Ulangi salah satu cara diatas dua atau tiga kali sehari sampai kondisi kulit yang terkena eksim membaik.


Lidah Buaya


Lidah buaya memiliki beberapa sifat efektif untuk mengobati eksim. Lidh buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan gatal serta sensasi terbakar. Plus, sifat antimikroba yang membantu mencegah infeksi kulit lebih lanjut. Juga, lidah buaya dapat melembabkan kulit.

Caranya :
  1. Ambil gel dari daun lidah buaya segar. Kita juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak vitamin E ke dalam gel lidah buaya tersebut.
  2. Oleskan gel lidah buaya secara langsung pada kulit yang terkena eksim.
  3. Biarkan hingga kering sendiri, dan kemudian bilas dengan air hangat.
  4. Gunakan perawatan sederhana ini dua kali sehari selama beberapa minggu.

Mentimun


Kandungan air yang tinggi dari mentimun, ditambah dengan sifat anti-inflamasi yang kuat, membuat mentimun jadi efektif untuk mengobati eksim.

Caranya :
  • Potong satu mentimun menjadi irisan tipis dan rendam dalam air selama setidaknya beberapa jam. Lalu, air mentimun dan oleskan pada kulit yang terkena eksim. Biarkan kering sendiri dan kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi beberapa kali sehari selama dua bulan.
  • Atau, iris mentimun dan masukan ke dalam lemari es selama 30 menit. kemudian letakan irisan mentimun dingin tersebut pada kulit yang terkena eksim selama 10 sampai 15 menit. Lakukan pengobatan ini tiga atau empat kali sehari selama beberapa bulan. 

Seiring kita melakukan pengobatan ini, pastikan kita tetap menjaga kulit dari kekeringan dan menjaganya tetap lembab. Minum banyak air dan makan buah-buahan serta sayuran yang mengandung kandungan air yang tinggi setiap hari.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Menyembuhkan Eksim Dengan Obat Alami"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.