Manfaat Mengkonsumsi Kurma Setiap Hari

Manfaat Mengkonsumsi Kurma Setiap Hari - Kurma merupakan bahan pokok dalam masakan Mediterania Timur Tengah dan jika di Indonesia sendiri kurmam merupakan camilan wajib pada saat bulan Ramadhan. Kurma adalah buah yang manis dari pohon kurma dan salah satu buah tertua yang dibudidayakan di dunia. Ada bukti menunjukan bahwa kurma telah lama dibudidayakan sejak 6000 SM.

Kurma berbentuk oval dan silinder serta memiliki warna merah terang dan berwarna kuning cerah saat matang. Setiap kurma mengandung satu biji. Ada sekitar 400 varietas kurma yang tersedia di pasar.

Manfaat Mengkonsumsi Kurma Setiap Hari

Kita dapat menyertakan kurma pada menu harian makanan. Kita juga bisa mengkonsumsi kurma sebagai camilan atau menaburkan kurma cincang di kue atau puding. Kurma bisa menjadi bumbu penyedap untuk membuat masakan terasa gurih.

Selain rasa kurma yang enak dan lezat, ternyata kurma kaya akan beberapa nutrisi yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar. Kurma mengandung zat besi yang tinggi. Kurma juga merupakan sumber potasium yang baik, protein, serat makanan, kalsium, vitamin B serta vitamin A dan C.

Didalam kurma juga mengandung mineral lainnya termasuk tembaga, magnesium, mangan, selenium dan seng. Kurma juga mengandung anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.

Kandungan gula dalam kurma matang adalah sekitar 80 persen dan kualitas kurma tergantung pada kadar glukosa, fruktosa dan sukrosa didalamnya.

Karena adanya kandungan gula dalam kurma, maka kita hanya perlu segelintir mengkonsumsi kurma setiap hari untuk menikmati manfaat kesehatan dari buah ajaib ini.

Berikut Manfaat Mengkonsumsi Kurma Setiap Hari


Meningkatkan Energi



Untuk pasokan energi yang cepat, kurma adalah pilihan yang baik. Kandungan gula tinggi alami didalamnya, seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa, dapat memberikan energi secara instan pada tubuh dan merevitalisasi tubuh kapanpun kita membutuhkannya.

Selain itu, kurma mengandung kalium yaitu mineral yang dibutuhkan tubuh untuk mengubah gula menjadi energi.

Caranya :
  • Tambahkan kurma yang telah dicincang pada sereal sarapan pagi untuk tetap energik sepanjang hari.
  • Atau, mengonsumsi beberapa biji kurma sebagai camilan di sore hari ketika merasa letih atau lesu.

Mengobati Sembelit



Efek pencahar pada kurma dapat membantu kita ketika menderita sembelit. Kurma mengandung tinggi serat larut, yang dapat melancarkan gerakan usus secara sehat dan memperhalus saluran usus.

Caranya : 
  1. Rendam 8-10 biji kurma, keluarkan dahulu bijinya, masukan ke dalam segelas air dan biarkan semalaman.
  2. Keesokan paginya, blender kurma dan airnya sampai halus.
  3. Lalu minumlah pada saat perut kosong setiap hari.

Melawan Anemia



Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari kadar hemoglobin yang rendah, sehingga menyebabkan anemia. Zat besi dalam kurma dapat membantu tubuh untuk memproduksi hemoglobin, sehingga anemia dapat diatasi. Selain itu, kandungan vitamin C di dalam kurma dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi secara efektif.

Tingkat zat besi yang tepat dalam tubuh membantu mengurangi perasaan kelelahan dan kelesuan, gejala umum pada orang anemia.

Caranya :
  • Konsumsi beberapa biji kurma kering bersama secangkir susu hangat, dua kali sehari.
  • Atau, tambahkan 1 sendok makan kurma cincang kedalam secangkir susu dan didihkan. Lalu minum beberapa kali sehari.

Memelihara Kesehatan Kehamilan


Kurma mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu selama kehamilan bagi ibu dan bayi yang belum lahir. Seperti disebutkan sebelumnya, juga mengurangi sembelit yaitu masalah yang umum selama kehamilan.

Selain itu, kurma dapat membantu memperkuat otot-otot rahim dan membuat kelahiran bayi lebih mudah. Menurut sebuah penelitian di tahun 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Obstetri and Ginekologi, makan kurma selama  dapat mengurangi kebutuhan untuk induksi dan augmentasi pada saat persalinan.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Manfaat Mengkonsumsi Kurma Setiap Hari"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.