Cara Menguatkan Lutut Lemas, Lemah, Atau Kopong

Cara Menguatkan Lutut Lemas, Lemah, Atau Kopong - Lutut merupakan pusat sendi yang mempunyai fungsi besar untuk menyangga seluruh tubuh tetap stabil. Lutut juga memberikan fleksibilitas dan stabilitas di kaki sehingga kita dapat berdiri, berjalan, berlari, jongkok, melompat dan berbalik arah dengan mudah. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga lutut tetap kuat dan sehat.

Lutut akan menjadi lemah seiring dengan bertambahnya usia, tapi kita juga dapat mengalami masalah lutut pada usia berapa pun. Lutut yang lemah dapat mempengaruhi gerakan dan membuat sulit bagi kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari, seperti mengangkat kotak atau berjalan menuruni bukit.

Cara Menguatkan Lutut Lemas, Lemah, Atau Kopong


Lutut lemah dapat terjadi yang diakibatkan dari cedera atau ketegangan pada lutut, kekurangan gizi, gaya hidup yang buruk dan asupan natrium berlebih, merokok atau sering minum alkohol. Lutut lemah, lemas dan kopong juga dapat disebabkan oleh penyakit osteoarthritis pada lutut, yang disebabkan aus-nya bagian-bagian lutut.

Jika kita menderita lutut yang lemah, sakit, lemas, atau kopong kita dapat merubah gaya hidup dan merubah  pola makan untuk memperkuat lutut.

Berikut Cara Menguatkan Lutut Lemas, Lemah, Atau Kopong


Pijat


Terapi pijat merupakan cara menguntungkan untuk menambahkan kekuatan pada lutut dan mengatasi nyeri pada lutut. Pijatan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga lebih banyak nutrisi mencapai otot lemah dan sendi untuk membuat lutut lebih kuat.


Caranya :
  1. Gosokkan beberapa tetes minyak zaitun hangat, atau minyak kelapa pada lutut.
  2. Pijat lutut dengan lembut namun tegas di kedua lutut searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam selama 10 sampai 15 menit.
  3. Lakukan pemijatan ini dua kali sehari sesuai kebutuhan. 

menghilangkan bopeng

Garam


Orang yang memiliki lutut lemah atau menderita nyeri lutut karena kondisi seperti osteoporosis dan rheumatoid arthritis (asam urat) pasti memiliki kadar magnesium yang redah dalam tubuhnya. Nah, garam kaya akan magnesium sehingga dapat memperkuat tulang lutut.

Selain itu garam dapat mengurangi peradangan di sekitar sendi lutut. Selanjutnya, magnesium diperlukan untuk fungsi otot yang tepat dan bahkan dapat membantu penyerapan kalsium.


Caranya :
  • Larutkan 2 sendok makan garam pada  ½ cangkir air hangat. Gunakan kain lap untuk mengkompreskan air gara tersebut pada lutut dan tunggu 15 sampai 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.
  • Atau, rendam tubuh dalam bak air hangat yang dicampur dengan 1 cangkir garam selama setidaknya 20 menit.

Gunakan salah satu metode diatas sekali atau dua kali dalam seminggu.

Berenang


Berenang adalah salah satu olahraga aerobik yang dapat menguatkan lutut. Berenag dapat melatih lutut dengan sedikit adanya tekanan pada sendi, sehingga berenang merupakan pilihan yang bagus untuk orang yang menderita nyeri lutut atau arthritis.

Berenang dapat mengurangi kekakuan lutut, memperkuat otot-otot di sekitar sendi lutut dan memperkuat tulang. Plus, berenang dapat meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.


Lakukan olahraga renang 5 hari dalam seminggu. Berenanglah seperti merangkak depan, gaya punggung dan kupu-kupu yang dapat bermanfaat untuk sendi lutut. Hindari gaya dada, dapat menekan sendi lutut terlalu kuat.

Kalsium


Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan mengurangi defisiensi yang dapat menyebabkan penipisan dan melemahnya tulang dan osteoporosis. Karena tubuh tidak dapat memproduksi kalsium alami, sumber makanan dan suplemen adalah pilihan terbaik untuk mencegah lutut yang lemah.

Sumber alami kalsium adalah sayuran berdaun hijau gelap, susu, susu almond, keju, almond, sarden, kalsium sereal, dan jus jeruk

Jika memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen kalsium, pilihlah yang mengandung vitamin D untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Konsultasikan dahulu dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.


Vitamin D


Untuk tulang yang optimal dan kesehatan sendi, vitamin D dianggap sebagai nutrisi yang baik. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan hilangnya kekuatan tulang dan peningkatan risiko patah tulang. Plus, tubuh tidak dapat menyerap kalsium yang cukup tanpa jumlah yang cukup dari vitamin D.

Tubuh memproduksi vitamin D ketika terkena sinar matahari, menjemur  lutut dibawah sinar matahari pagi selama 15 menit setiap hari adalah cara yang paling bagus untuk menguatkan tulang.

Juga, kita dapat mendapatkan vitamin D dari sumber makanan, seperti ikan, minyak ikan cod, kuning telur dan sereal dan produk susu.
menghilangkan bopeng

1 Response to "Cara Menguatkan Lutut Lemas, Lemah, Atau Kopong"

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.