Wah, Makanan Ini Bisa Menurunkan Kolesterol Lho!

Wah, Makanan Ini Bisa Menurunkan Kolesterol Lho! - Kadar kolesterol LDL tinggi secara medis dikenal sebagai hiperkolesterolemia. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), lebih dari sepertiga orang dewasa di Indonesia memiliki tingkat LDL atau kolesterol yang "buruk". Kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan serangan jantung.


Ada tiga kategori kolesterol yaitu low-density lipoprotein (LDL), very low-density lipoprotein (VLDL) dan high-density lipoprotein (HDL). LDL dan VLDL tidak baik bagi kesehatan, sementara HDL baik untuk kesehatan.

Orang dari segala usia, etnis dan jenis kelamin dapat terkena kolesterol tinggi.

Faktor-faktor tertentu juga dapat meningkatkan risiko peluang untuk terkena kolesterol tinggi, misalnya merokok berlebihan, obesitas, lingkar pinggang yang besar, pola makan yang buruk, kurang olahraga, hipotiroidisme dan diabetes. Sebagian besar faktor-faktor tersebut bisa dikendalikan oleh kita. Tapi untuk penyebab kolesterol dari faktor Genetika (keturunan) merupakan salah satu faktor risiko yang tidak dapat dihindari.

Kolesterol tinggi tidak mempunyai gejala yang signifikan, oleh karenanya perlu untuk memeriksa kadar kolesterol pada dokter secara berkala.

Dengan membuat perubahan pola makan dan gaya hidup, kita dapat menurunkan kolesterol tinggi. Ada beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kolesterol pada kadar yang sehat serta makanan yang mampu menurunkan kolesterol.

Berikut Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol


Oatmeal


Mengkonsumsi semangkuk oatmeal untuk sarapan sehari-hari adalah cara mudah untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Isi serat larut yang tinggi dalam oatmeal dapat membantu menurunkan kolesterol LDL.

Oatmeal dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Serat oatmeal juga mampu menjaga kita makanan terlalu banyak makanan yang tidak sehat.

Selain itu, makan oatmeal gandum secara teratur dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

Makanlah semangkuk oatmeal pada saat sarapan setiap hari, untuk menurunkan kolesterol secara bertahap.
   

Kacang Almond


Serat fiber dan lemak baik dalam almonddapat  membantu meningkatkan kolesterol HDL baik dan menurunkan kadar kolesterol LDL jahat.

Sebuah penelitian di tahun 2011 yang diterbitkan di Nutrition Review menemukan bahwa mengkonsumsi kacang pohon seperti almond dapat membantu mengurangi kolesterol LDL, dan mampu mencegah penyakit koroner, 3 sampai 19 persen.

Selain itu, sebuah penelitian di tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menyatakan bahwa konsumsi almond setiap hari dapat mencegah timbulnya penyakit cardio-metabolik.

Kacang almond merupakan camilan atau topping pada salad, sereal dan yoghurt. Makanlah segenggam kacang almond setiap sehari. Dan kacang lainnya seperti kenari dan biji rami juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Jus Jeruk Tanpa Gula dan Es


Manis, asam dan segar pada jeruk mampu menurunkan kolesterol tinggi.

Dalam sebuah penelitian di tahun 2000 yang diterbitkan dalam jurnal American Society for Clinical Nutrition, para peneliti menemukan bahwa jus jeruk mampu meningkatkan profil lipid darah pada orang yang memiliki hiperkolesterolemia. Hal ini terjadi karena adanya vitamin C, folat, dan flavonoid seperti hesperidin dalam jeruk.

Caranya :
  • Minum 2 sampai 3 cangkir jus jeruk setiap hari.
  • Atau, kita dapat makan beberapa jeruk setiap hari.

Salmon


Asam lemak omega-3 yang disebut EPA dan DHA ditemukan pada ikan salmon dapat memberikan perlindungan dari kolesterol tinggi. Selain itu, dapat menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol HDL yang baik, sehingga dapat menurunkan risiko terkenapenyakit jantung.

Selain itu, salmon rendah kolesterol dan lemak jenuh.

Caranya :

Makanlah setidaknya 2 porsi salmon setiap minggu. Memanggang salmon adalah pilihan terbaik. Satu porsi salmon adalah sekitar 2 sampai 3 ons.


Kedelai


Kacang kedelai dan produk kedelai lainnya seperti tempe atau tahu mengandung protein nabati lengkap yang sangat bagus untuk penderita kolesterol tinggi.

Meskipun kedelai tidak menurunkan kolesterol secara total, namun kedelai mampu menurunkan kadar kolesterol LDL jahat secara perlahan. Kedelai merupakan makanan tinggi protein yang mengandung kadar tinggi lemak tak jenuh, serat, vitamin dan mineral.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 dalam Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa mengkonsumsi kedelai 1-2 porsi (15 sampai 30 gram) dari protein kedelai setiap hari memiliki dampak yang signifikan terhadap faktor risiko lipoprotein serum untuk penyakit jantung koroner.

Untuk membantu menurunkan kolesterol, makanlah kedelai setiap hari termasuk tahu, tepung kedelai, tempe dan susu kedelai.

Teh Hijau


Meminum beberapa cangkir teh hijau setiap hari adalah salah satu cara paling sederhana untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi secara total. Asupan teh hijau dapat menurunkan serum dan kolesterol LDL pada orang dewasa, menurut penelitian di tahun 2011 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Ada beberapa senyawa dalam teh hijau yang dapat mencegah penyerapan kolesterol dalam saluran pencernaan dan membantu dalam meng-ekskresi kolesterol.

Selain itu, minuman sehat ini dapat mencegah penumpukan plak di arteri dan mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke.

Minumlah 3-4 cangkir teh hijau (panas atau dingin) setiap hari.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Wah, Makanan Ini Bisa Menurunkan Kolesterol Lho!"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.