Cara Cepat Menyembuhkan Gigi Ngilu Sensitif

Cara Cepat Menyembuhkan Gigi Ngilu Sensitif - Kadang-kadang rasa dingin, panas, manis atau asam pada makanan dapat memicu nyeri ngilu tajam secara tiba-tiba pada saraf gigi. Inilah yang disebut dengan gigi sensitif atau gigi ngilu.

Akar gigi mengandung ribuan tubulus kecil (saluran) yang mengarah ke pulpa atau ke pusat saraf gigi. Panas, dingin atau manis dapat dirangsang melalui tubulus tersebut untuk mencapai saraf gigi ketika dentin (penutup pada akar gigi) menjadi terpapar oleh jaringan gusi.


Gigi sensitif atau gigi ngilu dapat disebabkan oleh kerusakan gigi (gigi berlubang), gigi retak, tambalan gigi, penyakit gusi, enamel gigi aus dan akar gigi yang rusak.

Untungnya, gigi sensitif atau ngilu mudah diobati, apapun penyebabnya. Ada beberapa solusi yang dapat Anda coba di rumah untuk membantu mengurangi gejala gigi sensitif.

Berikut Cara Cepat Menyembuhkan Gigi Ngilu Sensitif


Membilas Gigi Dengan Minyak Kelapa


Minyak kelapa dapat membantu mengurangi jumlah bakteri Streptococcus di mulut Anda dan mengurangi gigi sensitif. Minyak kelapa merupakan antibakteri alami, sehingga membantu juga mengurangi plak pada gigi Anda.

Bahkan, membilas gigi dengan minyak kelapa dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut dan mencegah masalah seperti sakit gigi, bau mulut, dan penyakit gusi.

Caranya :
  1. Masukan 1 sendok makan minyak kelapa asli pada mulut Anda.
  2. Bilas mulut sekitar selama 20 menit.
  3. Ludahkan minyak dan bilas mulut Anda dengan air hangat.
  4. Setelah membilas, sikat gigi Anda seperti biasa.
  5. Lakukan cara ini setiap hari di pagi hari sebelum makan atau menyikat gigi.


Catatan : Jangan menelan atau berkumur dengan minyak, karena mengandung bakteri berbahaya dari mulut Anda.

Air Garam


Air garam juga dapat membantu meringankan gigi sensitif dengan cepat. Air garam dapat meningkatkan keseimbangan pH mulut, sehingga menciptakan lingkungan basa pada bakteri berbahaya, dan bakteri tersebut tidak bisa bertahan hidup.

Air garam dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi serta dapat membantu mengobati luka gusi.

Caranya :
  1. Campur ½ sendok teh garam ke dalam 1 cangkir air hangat.
  2. Bilas mulut Anda dengan larutan garam tersebut.
  3. Ludahkan air garam dan bilas mulut Anda dengan air biasa.
  4. Ulangi cara ini dua kali sehari sampai Anda puas dengan hasilnya.

Cengkeh dan Minyak Cengkeh


Cengkeh telah banyak digunakan dalam kedokteran gigi untuk digunakan sebagai anti-inflamasi, anestesi dan antibakteri yang membantu mengurangi rasa sakit gigi dan melawan infeksi.

Sebuah penelitian di tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Avicenna Phytomedicine menemukan bahwa ekstrak air cengkeh memiliki efek analgesik. Jadi, dapat bermanfaat untuk mengurangi sensitivitas gigi dan sakit gigi.

Gunakan salah satu obat berikut ini dua kali sehari selama beberapa hari :

Caranya :
  • Giling 2 siung cengkeh, campurkan sedikit minyak zaitun ke dalamnya dan oleskan ramuan tersebut pada gigi sensitif selama minimal 30 menit.
  • Oleskan bola kapas dalam minyak cengkeh dan letakkan langsung pada gigi sensitif selama 20 sampai 30 menit.
  • Campur 5 atau 6 tetes minyak cengkeh dalam gelas ½ air suam-suam kuku. Bilas mulut Anda dengan air tersebut.

Daun Jambu


Pengobatan Ayurveda merekomendasikan menggunakan daun jambu biji untuk sakit gigi. Bila Anda menderita nyeri karena gigi sensitif, makan cobalah obat kuno ini.

Menurut penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan dalam International Journal of Pharma and Bio Sciences, daun jambu biji mengandung flavonoid, seperti quercetin; keampferol;  anti-inflamasi, sifat analgesik; dan scavenging. Dengan demikian, daun jambu dapat membantu meringankan sensitivitas pada gigi dan sakit gigi.

Gunakan salah satu dari cara berikut 2 atau 3 kali sehari :
  • Kunyah 1 atau 2 daun jambu biji dengan lembut selama beberapa menit dan kemudian ludahkan.
  • Masukan 4-5 daun jambu biji ke dalam 1 cangkir air dan didihkan selama 5 menit. Biarkan dingin, tambahkan garam dan gunakan ramuan ini sebagai obat kumur.

Bawang Putih


Bawang putih juga dapat membantu mengurangi sensitivitas pada gigi. Bawang putih mengandung allicin tinggi yang menjadi zat antibakteri yang kuat dan anestesi alami.

Sehingga bawang putih dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat sensitivitas pada gigi serta infeksi abses. Bawang putih juga dapat membantu membunuh kuman yang menyebabkan infeksi mulut dan gigi berlubang.

Caranya :
  • Campurkan 1 siung bawang putih yang telah dihancurkan dengan 2 atau 3 tetes air dan garam meja. Oleskan langsung pada gigi yang sensitif. Biarkan beberapa menit sebelum membilasnya dengan air garam hangat. Ulangi cara ini dua kali sehari selama beberapa hari.
  • Atau, potong siung bawang putih dan gosokan secara lembut pada gigi sensitif selama 7 sampai 10 menit. Bilas dengan air hangat. Ulangi cara 2 atau 3 kali sehari untuk mengurangi rasa sakit.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Cepat Menyembuhkan Gigi Ngilu Sensitif"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.