Di Gigit Nyamuk ? Obati Secara Alami

Di Gigit Nyamuk ? Obati Secara Alami - Sudah kita ketahui yaa, bahwa nyamuk dapat hidup hanya dengan menyedot darah manusia atau hewan. Nyamuk menggunakan mouthpart tipis, tajam dan memanjang seperti jarum untuk menusuk kulit korban dan menyedot darahnya. Sangat mengerikan.

Kadang-kadang korban gigitan nyamuk tidak menyadari bahwa ia sudah disedot darahnya sama si nyamuk. Tapi, setelah nyamuk selesai nyedot darah, akhirnya kulit kita gatal dan bentol, sehingga kita sadar telah digigit nyamuk. Nah, efek dari gigitan nyamuk tersebut bisa membahayakan, jika nyamuk tersebut adalah nyamuk malaria. Itulah mengapa kita harus hati-hati, walaupun berurusan dengan binatang kecil ini.

Ada beberapa gejala yang ditimbulkan sesudah nyamuk mengigit kulit kita yaitu gatal, bentol, ruam kulit, memar dan kadang-kadang terjadi infeksi kulit. Gigitan nyamuk juga dapat menyebabkan penyakit fatal seperti malaria dan demam berdarah.

Idealnya, jika Anda ingin menghindari digigit nyamuk, ada baiknya kita selalu mengenakan baju lengan panjang dan celana panjang atau mungkin selalu siap sedia obat nyamuk. Tetapi jika Anda terlanjur digigit, ada banyak solusi alami yang dapat memberikan bantuan untuk mengurangi gejala gigitan nyamuk dan membantu mengobati kulit yang terkena gigitan si nyamuk nakal.

Berikut Obat Alami Gigitan Nyamuk


Lemon


Lemon mengandung sifat anti-inflamasi dan anestesi alami yang sangat berguna dalam mengobati gigitan nyamuk.

Caranya :
  • Potong 1 lemon menjadi dua bagian dan gosokkan bagian dalamnya pada kulit yang gatal.
  • Atau, oleskan air lemon untuk mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi kulit.
  • Pilihan lain adalah dengan menambahkan daun kemangi yang telah dihancurkan pada air lemon dan mengoleskan campuran tersebut pada kulit yang gatal.

Bawang Putih


Bawang putih dapat membantu mengurangi bentol dan meredakan gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Selain itu, bau yang kuat dari bawang putih dapat mengusir serangga dan nyamuk.

Caranya :
  1. Oleskan bawang putih cincang secara langsung pada kulit yang gatal.
  2. Biarkan selama beberapa menit, kemudian cuci.

Baking Soda


Baking soda dapat secara efektif menghentikan gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, karena baking soda mengandung alkali alami.

Caranya :

Larutkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air. Celupkan kain bersih ke dalam campuran tersebut dan letakkan kain di atas daerah kulit yang gatal selama 10 sampai 20 menit.

Lidah Buaya


Lidah buaya mengandung antiseptik alami, yang dapat menjadi obat yang bagus untuk menyembuhkan gigitan nyamuk. Lidah buaya dapat mengurangi rasa sakit, bengkak dan gatal, serta menyembuhkan lebih cepat.

Caranya :
  1. Potong daun lidah buaya dan ambil gel yang ada didalamnya.
  2. Dinginkan gel lidah buaya di dalam lemari es selama 10 sampai 15 menit.
  3. Lalu, gosokkan secara langsung ke kulit yang gatal.

Garam


Garam mengandung sifat anti-septik dan anti-inflamasi, sehingga sangat baik untuk mengobati gigitan nyamuk.

Caranya :

Campurkan air dan garam secara merata, lalu oleskan pada daerah kulit yang terkena gigitan nyamuk.

Es


Suhu dingin dapat menahan laju aliran zat inflamasi ke kulit yang terkena gigitan, sehingga es dapat menyembuhkan gigitan nyamuk secara instan.

Caranya :

Kompres kulit gatal dengan es yang dibungkus kain lap selama sekitar 10 sampai 15 menit.

Pasta gigi


Pasta gigi dapat membantu mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Cukup oleskan pasta gigi ke daerah yang terkena gigitan.

Untuk hasil yang lebih cepat dan lebih baik, gunakan pasta gigi peppermint karena memiliki sifat anti-inflamasi, atau pasta gigi mentol. Dianjurkan untuk tidak menggunakan pasta gigi gel.

Aspirin


Aspirin memiliki sifat anti-inflamasi kuat yang secara efektif dapat mengendalikan pembengkakan yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Caranya :
  • Giling aspirin biasa supaya menjadi bubuk. Lalu campurkan dengan sedikit air supaya menjadi cairan kental. Oleskan cairan tersebut pada kulit yang digigit nyamuk dan biarkan selama beberapa jam. Lalu, cuci dengan air hangat.
  • Atau, lebih gampang gosokkan obat aspirin pada kulit yang gatal.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Di Gigit Nyamuk ? Obati Secara Alami"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.