Manfaat dan Fungsi Pisang Merah Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia, karena banyak orang yang menyukainya, orang dewasa maupun anak-anak.

Namun, ternyata dari beragam pisang yang tumbuh subur di bumi ini, yang paling populer dalam kualitas dan nilai gizi yang tinggi adalah pisang merah.

fungsi pisang merah untuk kesehatan


Pisang merah merupakan pisang yang mempunyai kulit berwarna kemerah-merahan, dan lebih unggul kandungan gizinya daripada pisang yang mempunyai kulit berwarna kuning.

Pisang merah dikenal mempunyai banyak kandungan beta-karoten dan vitamin C daripada pisang biasa pada umumnya.

Nah, senyawa beta-karoten dalam pisang merah tersebut mampu mencegah penebalan pembuluh arteri, sehingga bisa melindungi kita dari penyakit kanker ataupun penyakit jantung.

Banyak sekali manfaat yang kita bisa rasakan jika asupan beta karoten teratur diserap oleh tubuh.
Ini penting, disaat beta karoten diubah menjadi vitamin A oleh tubuh, maka akan membuat kulit menjadi sehat, fungsi mata bekerja dengan baik, dan sistem kekebalan tubuh pun meningkat.


Selain itu, keunggulan pisang merah mampu mencegah peradangan dalam tubuh.

Dan tak ketinggalan, pisang merah juga kaya akan serat dan dapat memberikan 16% serat harian untuk tubuh.

Mengkonsumsi secara teratur pisang merah juga dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Anda beberapa manfaat pisang merah bagi kesehatan. Bacalah terus.



Pisang Merah Mencegah Penyakit Batu Ginjal



Penyakit batu ginjal adalah salah satu penyakit berbahaya. Itulah mengapa kita harus lebih hati-hati dengan gaya hidup. Batu ginjal merupakan gangguan saluran kemih yang paling umum dikeluhkan oleh pria usia lanjut.

Dan yang paling membuat “ngeri”, ternyata batu ginjal merupakan penyakit yang diam-diam menghanyutkan. Mengapa ? karena biasanya batu ginjal tidak menimbulkan gejala, sehingga kita tidak akan tahu apakah kita terkena batu ginjal atau tidak, karena tidak ada tanda-tandanya.

Biasanya secara tiba-tiba kita akan merasakan sakit yang teramat nyeri di bagian pinggang jika kita terkena penyakit batu ginjal, dan menjalar ke seluruh bagian perut disertai dengan mual dan muntah…


Jadi salah satu solusi yang efektif agar tidak terkena batu ginjal adalah dengan mencegahnya. Seperti kata pepatah “Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati”.
 
Nah, salah satu yang bisa kita upayakan untuk mencegah batu ginjal adalah dengan mengkonsumsi pisang merah. Selain itu, pisang merah dapat mencegah penyakit jantung dan kanker.

Pisang merah mampu membantu retensi kalsium dan meningkatkan kesehatan tulang. Jadi, makan pisang merah secara teratur merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah batu ginjal secara efektif.



Pisang Merah Membantu Menurunkan Berat Badan



Salah satu penyebab kegemukan adalah kalori dari makanan. Berat badan secara umum dapat bertambah ketika kalori yang dibakar oleh tubuh lebih sedikit ketika kita sedang beraktivitas.

Perlu diketahui juga, kalori bukanlah lemak, tetapi merupakan energi.

Kalori dapat diperoleh dari karbohidrat, protein, maupun lemak sebagai bahan bakar untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Tapi, jika tubuh hanya membakar sedikit kalori, sementara jumlah kalori dalam tubuh berlebihan, tentu secara bertahap akan menyebabkan kegemukan.

Dan untuk meluruskan kebenaran pada paragraf awal tadi, ternyata kalori bukanlah penyebab kegemukan, namun penyebabnya adalah bagaimana kita cara mengelola kalori tersebut.

Jika kita diet dengan benar, maka makanan yang mengandung kalori pun dapat diatasi dan mencegah kegemukan.

Nah, disini adalah poin pentingnya. Yaitu, kita harus memilih makanan yang mengandung sedikit kalori namun bisa membuat Anda kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Karena itulah, pilihlah pisang merah sebagai buah harian Anda.

Mengapa harus memilih pisang merah ??...

Pisang merah mengandung sedikit kalori dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya. Selain itu, pisang merah dapat memberikan rasa kenyang pada perut tanpa membuat kadar kalori ditubuh kita menjadi meningkat.

Dengan demikian, kita bisa ambil kesimpulan, bahwa apabila pisang merah dikonsumsi secara teratur, maka akan membantu Anda untuk mengurangi berat badan. Jadi tubuh akan mudah langsing dan sehat.



Pisang Merah Atasi Penyakit Anemia



Tahukah Anda, tentang bahaya anemia ??. Penyakit anemia sering disepelekan, terutama oleh kaum wanita. Padahal , anemia itu bisa dirasakan apabila kekurangan zat besi terlalu parah, makanya perlu diwaspadai.

Dan, penting diketahui, ternyata anemia adalah salah satu gejala dari beberapa penyakit kronis, termasuk kanker dan thalasemia.

Anemia sendiri merupakan kondisi masalah kesehatan, dimana sel hemoglobin atau yang sering disebut sel darah merah mempunyai kadar yang kurang dari nilai normal.

Banyak keluhan dan gejala yang timbul dari anemia ini, termasuk mudah lemas, cenderung lelah, sering sakit, pernafasan pendek, jantung berdebar, sulit untuk konsentrasi, mata dan kulit tampak pucat, rambut mudah rontok, dan mulut serta tenggorokan kering.


Seperti yang sudah kami sebutkan diatas anemia bisa jadi sebagai tanda gejala dari penyakit berbahaya seperti kanker dan thalasemia. Sehingga, sebisa mungkin kita harus mewaspadai anemia.

Salah satu yang bisa kita lakukan untuk mencegah anemia adalah dengan mengkonsumsi buah pisang merah secara teratur. Mengapa ? karena buah pisang merah mampu meningkatkan jumlah sel darah merah (hemoglobin) di dalam tubuh.

Pisang merah juga mampu memelihara sistem kekebalan tubuh dan mempertahankan kadar glukosa dalam darah, sehingga tubuh bisa tampil jauh lebih sehat.

Penting juga, ternyata pisang merah mengandung banyak vitamin B6. Dan, salah satu penyebab dari anemia adalah kekurangan vitamin B6.


Pisang Merah Mampu Meningkatkan Energi Secara Langsung



Tubuh tanpa energi, tentu kita tidak dapat melakukan apa-apa. Namun, tidak semua energi dari makanan bisa menyehatkan tubuh. Karena itulah kita harus tetap hati-hati dalam memilih makanan.

Pisang merah termasuk makanan buah yang mengandung sumber energi secara langsung. Dimana pisang merah mampu mengubah gula menjadi energi alami dalam tubuh.


Nah, bagi Anda pekerja keras yang memiliki aktivitas tinggi, tentu akan membutuhkan lebih banyak energi secara langsung, oleh karenanya  pisang merah sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari.

Karena pisang merah adalah salah satu makanan yang mampu mencegah kelesuan. Sertakanlah pisang merah dalam sarapan Anda.


Pisang Merah Merupakan Sumber Kalium



Anda tahu mengenai fungsi kalium untuk tubuh ?? Kalium merupakan sejenis mineral dan elektrolit.

Fungsi penting dari kalium mampu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh dan juga dapat mengontrol elektrolit selalu hadir di dalam tubuh.

Kalium juga penting untuk kesehatan jantung, memperkuat dan memfungsikan otot dengan baik, dan melancarkan sistem pencernaan.

Nah, kandungan kalium yang hadir dalam pisang merah berukuran sedang mengandung 400 mg kalium, yang dapat memenuhi kebutuhan kalium harian kita.

Kesimpulannya, pisang merah bisa menjadi teman setia Anda untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan nutrisi tubuh setiap hari. 

Selain itu, mengkonsumsi pisang merah adalah jalan paling mudah yang dapat kita lakukan untuk tetap hidup sehat.

Selamat mencoba dan selamat berbelanja pisang merah.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Manfaat dan Fungsi Pisang Merah Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.