Obat Alami Untuk Sirosis Hati

Obat Alami Untuk Sirosis Hati - Sirosis hati adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh kerusakan liver selama beberapa tahun. Sirosis hati salah satu penyakit progresif di mana jaringan hati yang sehat hancur dan digantikan oleh jaringan parut, sehingga fungsi liver menjadi lemah dan berkurang. Terkadang liver bengkak pun dapat terjadi apabila sirosis hati semakin kronis.


Penyebab utama dari sirosis hati adalah konsumsi alkohol terlalu lama, penyakit liver bengkak, dan virus hepatitis B serta C.

Menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse, pria yang mengonsumsi 3-4 minuman beralkohol dan wanita yang mengkonsumsi 2-3 minuman beralkohol per hari maka dapat berpeluang tinggi untuk mengalami penyakit sirosis hati.

Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh kondisi seperti sirosis bilier primer, hepatitis autoimun, hepatitis toksik, hemochromatosis (penumpukan zat besi dalam tubuh), serangan berulang gagal jantung dengan kongesti hati, cystic fibrosis dan lain-lain.

Jika sirosis ringan, hati masih bisa memperbaiki diri sendiri dan tetap berfungsi dengan baik, tetapi jika penyakit sirosis berlangsung buruk, kronis dan membentuk jaringan parut, maka hati atau liver tidak dapat diperbaiki lagi.

Gejala sirosis termasuk kehilangan nafsu makan, kelelahan, mual dan muntah, penurunan berat badan, kulit gatal, sakit kuning, edema, kram otot, mudah berdarah dan memar.

Mungkin hanya sedikit gejala pada tahap awal penyakit sirosis hati, dan jika penyakit sirosis hati kian parah, maka gejala akan semakin banyak dan berkembang.

Ketika mengobati sirosis, sangat penting untuk menentukan apa yang menjadi penyebabnya. Pengobatan biasanya ditunjukan untuk mencegah kerusakan hati lebih lanjut dan mengurangi komplikasi.

Seiring dengan pengobatan yang diresepkan dokter, kita perlu membuat beberapa perubahan gaya hidup agar lebih sehat. Plus, kita dapat menggunakan beberapa pengobatan ala rumahan untuk membantu memperbaiki kondisi tubuh. Namun, konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba obat herbal dan suplemen.

Berikut adalah obat alami rumahan untuk mengobati sirosis hati.


Berhenti Mengkonsumsi Alkohol


Berhenti minum alkohol, bahkan walaupun sirosis yang diidap tidak disebabkan oleh alkohol, tetap jangan menyentuh alkohol barang setetes pun. Alkohol dapat merusak sel-sel hati, sehingga membuat kondisi tubuh lebih buruk.

Berhenti minum alkohol dapat membantu menghentikan perkembangan penyakit. Berhenti alkohol juga dianjurkan untuk penyakit liver bengkak.

Sebuah penelitian ditahun 2009 oleh University of Southampton menyatakan bahwa  pentingnya menghindari alkohol karena merupakan faktor penting yang menentukan kelangsungan hidup.

Untuk mencegah komplikasi yang berkaitan dengan sirosis hati, yang harus dilakukan adalah berhenti minum Alkohol sama sekali.

Biji Pepaya


Menurut Ayurveda, biji pepaya dapat membantu dalam pengobatan sirosis hati karena dapat men-detoksifikasi hati.

Caranya :
  1. Giling beberapa biji pepaya segar untuk mendapatkan ekstrak airnya, lalu ambil 1 sendok makan.
  2. Tambahkan 10 tetes air lemon.
  3. Minum sekali atau dua kali sehari selama 1 bulan.

Teh hijau


Teh hijau banyak mengandung antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif, yang merupakan tahap awal dari sirosis jaringan hati. Plus, teh hijau memiliki efek perlindungan tubuh terhadap penyakit hati dan memiliki sifat antivirus yang membantu melawan virus hepatitis. Teh hijau bermanfaat untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

Caranya :
  1. Tambahkan 1 sendok teh bubuk teh hijau (atau 1 kantong teh hijau) kedalam 1 cangkir air panas.
  2. Tunggu biar hangat selama 5 menit.
  3. Saring. (Jika kita menggunakan kantong teh hijau, tak perlu disaring, buang saja kantongnya.)
  4. Permanis dengan madu asli sedikit.
  5. Minum teh ini 3 kali sehari secara teratur.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Obat Alami Untuk Sirosis Hati"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.