Obat Herbal Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka

Obat Herbal Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka - Ketika kulit terluka, jaringan fibrosa, yang dikenal sebagai jaringan parut, akan terbentuk untuk memperbaiki dan melindungi luka. Sehingga dapat menyebabkan pembentukan bekas luka.

Kita bisa terkena bekas luka di kulit karena kecelakaan, gigitan serangga, luka, jerawat, luka bakar, cacar, pernak-pernik, luka bedah dan vaksinasi. Tak jarang pula pada sebagian orang dapat membentuk keloid.

Guratan bekas luka akan timbul dalam berbagai bentuk, yang tentunya dapat mempengaruhi penampilan.

Obat Herbal Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka

Sebenarnya tubuh manusia secara alami mampu merawat bekas luka dan seiring waktu bekas luka akan memudar. Namun, untuk mempercepat penyembuhan, kita dapat mencoba beberapa pengobatan ala rumahan. Pengobatan alami yang akan kita bahas adalah untuk menghilangkan bekas luka, mendukung pertumbuhan sel yang efektif, meminimalkan jaringan parut dan menciptakan kulit yang sehat.

Harap diperhatikan bahwa tidak ada pengobatan yang dapat membuat bekas luka hilang sepenuhnya. Perawatan dan obat hanya dapat membuat bekas luka memudar. Sebelum menerapkan pengobatan alami ala rumahan, pastikan untuk membersihkan daerah bekas luka secara menyeluruh.

Dalam mengobati atau menghilangkan bekas luka kita dituntun berrsabar dan gigih, karena dapat memakan waktu tergantung pada bentuk, ukuran dan jenis bekas luka. Selain itu,tidak semua pengobatan alami dapat berkerja baik bagi setiap orang.

Berikut Adalah Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami.


Lidah Buaya


Lidah buaya dapat menghilangkan bekas luka secara alami karena mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Lidah buaya berfungsi sebagai emolien alami untuk membantu memperbaiki kerusakan kulit dan meningkatkan pertumbuhan kulit yang sehat. Selain itu, dapat memperbaiki tekstur kulit Anda.

Caranya :
  1. Kupas daun lidah buaya dan ambil gelnya.
  2. Oleskan gel pada bekas luka dan pijat dalam gerakan melingkar.
  3. Biarkan selama sekitar 30 menit, kemudian mencucinya.
  4. Oleskan gel lidah buaya dua kali sehari.

Catatan : Jangan oleskan gel lidah buaya pada luka terbuka.

Minyak Kelapa


Minyak kelapa merupakan bahan yang sangat baik sehingga dapat membantu memudarkan bekas luka. Vitamin E, antioksidan, dalam minyak kelapa dapat mempercepat waktu penyembuhan dan mencegah pembentukan bekas luka baru. Selain itu, laurat, dan asam kaprilat kaprat ditemukan dalam minyak kelapa dapat  merangsang produksi kolagen, mempercepat penyembuhan kulit rusak dan mengembalikan kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Caranya :
  1. Panaskan sedikit minyak kelapa extra-virgin.
  2. Masukan minyak kelapa yang telah hangat pada telapak tangan dan oleskan serta pijat bekas luka selama 5 sampai 10 menit.
  3. Biarkan selama setidaknya 1 jam hingga kulit menyerap minyak.
  4. Untuk hasil terbaik, ulangi 2-4 kali sehari.

Minyak Vitamin E


Minyak vitamin E adalah antioksidan yang efektif sehingga dapat membantu bekas luka memudar. Kandungan pelembab di dalamnya mampu menghidrasi kulit dan membantu memperbaiki jaringan yang rusak, serta memperbaiki bekas luka.

Caranya :
  1. Buka kapsul Vitamin E.
  2. Oleskan minyak pada bekas luka dan pijat dengan lembut selama 10 menit.
  3. Biarkan selama sekitar 15 sampai 20 menit, lalu cuci dengan air hangat.
  4. Lakukan cara ini beberapa kali sehari.
Catatan : oleskan sedikit minyak vitamin E pada kulit terlebih dahulu, karena pada sebagian orang vitamin E dapat menyebabkan alergi.

Minyak Zaitun


Minyak zaitun adalah obat alami yang baik untuk menghilangkan bekas luka secara efektif. Minyak zaitun kaya akan vitamin E dan dapat membantu menjaga kulit tetap lembut dan lembab. Sehingga dapat  memperbaiki kulit yang rusak. Untuk hasil terbaik, gunakan minyak zaitun extra-virgin.

Caranya :
  • Oleskan sedikit minyak zaitun hangat extra-virgin pada bekas luka dan pijat lembut dengan gerakan melingkar. Tunggu 30 menit, kemudian bersihkan minyak dengan kain bersih.
  • Pilihan lain adalah mencampur sedikit minyak lavender dengan sedikit minyak zaitun extra-virgin, oleskan pada bekas luka dan pijat dengan lembut selama beberapa menit. Biarkan selama 20 sampai 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Ulangi salah satu dari pengobatan diatas beberapa kali sehari sampai kita mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jeruk Nipis


Jeruk nipis mengandung asam hidroksi alfa, yang memiliki sifat penyembuhan sehingga dapat membantu mengobati semua jenis bekas luka. Jeruk nipis dapat mengangkat sel kulit mati, meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru dan meningkatkan elastisitas kulit. Vitamin C dalam jeruk nipis juga dapat membantu meregenerasi dan memperbaiki kerusakan kulit. Selain itu, kandungan pemutihan dalam jeruk nipis dapat  membantu memudarkan bekas luka.

Caranya :

Oleskan beberapa tetes air jeruk nipis pada bekas luka. Untuk yang memiliki kulit sensitif dapat mencairkan air jeruk nipis dengan sedikit air mawar atau minyak vitamin E dan kemudian oleskan pada bekas luka.
Tunggu 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
Ulangi sekali sehari sampai bekas luka memudar.

Catatan : Jeruk nipis dapat membuat kulit kita fotosensitif, jadi hindari pergi keluar rumah di bawah sinar matahari.

Madu


Madu merupakan pelembab alami, sehingga mampu menghilangkan bekas luka secara efektif. Madu dapat mencegah penumpukan sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi jaringan kulit.

Caranya :

Oleskan madu pada bekas luka, lalu tutup dengan perban dan biarkan semalaman. Keesokan paginya, cuci dengan air hangat. Ulangi setiap hari sebelum tidur.

Cuka sari apel


Kita dapat menyembuhkan berbagai jenis bekas luka dengan menggunakan cuka sari apel. Sifat asam dari cuka sari apel dapat membantu pengelupasan dan mengangkat sel kulit mati. Sehingga dapat mendorong pertumbuhan sel kulit yang sehat dan mengurangi munculnya bekas luka. Selain itu, cuka sari apel menyeimbangkan tingkat pH kulit yang penting untuk tekstur kulit yang sehat.

Caranya :

Campur dengan jumlah seimbang antara cuka sari apel dan air. Celupkan bola kapas ke dalamnya dan oleskan pada bekas luka. Biarkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini sekali sehari.

Tips tambahan


  • Buat teh hijau, biarkan hingga dingin dan kemudian oleskan pada bekas luka menggunakan kapas. Pijat lembut. Lakukan secara teratur, maka secara bertahap dapat mengurangi ukuran bekas luka.
  • Haluskan 1 atau 2 aspirin, tambahkan air secukupnya dan oleskan pada bekas luka dua kali sehari.
  • Kita juga dapat mengoleskan pasta gigi putih untuk membantu bekas luka memudar.
  • Hindari bekas luka terpapar sinar matahari, yang dapat memperlambat proses penyembuhan dan membuat luka lebih gelap.
  • Teratur memijat bekas luka sehingga dapat membantu memecah jaringan fibrosa yang menyebabkan jaringan parut.

menghilangkan bopeng

0 Response to "Obat Herbal Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.