Inilah Tanda - Tanda Ketika Tubuh Kekurangan Air

Inilah Tanda - Tanda Ketika Tubuh Kekurangan Air - Air merupakan komponen terbesar dari tubuh, dan kita tidak bisa bertahan hidup tanpa air selama lebih dari beberapa hari. Setiap sel, organ dan jaringan dalam tubuh tergantung pada air. Air sangat penting bagi tubuh, berikut merupakan fungsi air di dalam tubuh :
  • Air membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.
  • Air mengatur dan memelihara suhu tubuh.
  • Air melumasi sendi Anda dan mata.
  • Melindungi jaringa sumsum tulang belakang dan sendi.
  • Air membantu mengeluarkan zat limbah dan racun dalam tubuh.
  • Air membantu melancarkan pencernaan.
  • Air dapat membantu mengontrol kolesterol.
  • Air mampu memelihara kulit agar terlihat segar dan awet muda.

Tanpa air, tubuh Anda akan berhenti berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk menjaga tubuh Anda dari dehidrasi. Untuk tetap terhidrasi dengan baik, minum cairan dan makan makanan yang kaya kandungan air.

tanda kekurangan air


Terkadang, tubuh Anda mungkin kehilangan air yang banyak dari biasanya. Hal ini dapat terjadi karena aktivitas fisik yang banyak, keringat berlebihan, diare, muntah, diabetes dan sering buang air kecil.

Kekurangan air dapat  menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh Anda, menyebabkan dehidrasi dan membuat sulit bagi tubuh Anda untuk fungsi dengan baik.


Banyak orang tidak menyadari ketika tubuh mereka tidak memiliki air yang cukup. Jadi, penting untuk memahami tanda-tanda kekuranagn air yang akan membantu sehingga Anda akan tahu kapan haruas meningkatkan asupan air pada tubuh.


Berikut Tanda-Tanda Ketika Tubuh Kekurangan Air


Sakit Kepala


Sakit kepala dan pusing adalah salah satu tanda kemungkinan bahwa tubuh Anda kekurangan air. Kekurangan air pada tubuh Anda akan menyebabkan mengurangi jumlah cairan yang mengelilingi otak Anda.

Sehingga memicu sakit kepala yang mengganggu bahkan dapat menimbulkan migrain. Apabila hal ini terjadi, maka kekurangan air akan mengurangi aliran oksigen dan darah ke otak.

Sebuah studi di tahun 2010 yang diterbitkan dalam Handbook of Clinical Neurology menemukan bahwa kemungkinan pemicu migrain dan sakit kepala adalah kekurangan aspuan air pada tubuh.

Ketika menderita sakit kepala, jangan langsung minum obat, tapi minumlah segelas air. Nah, jika sakit kepalanya karena kekurangan air, maka sakit kepala tersebut akan hilang.

Sulit Konsentrasi


Otak manusia terdiri dari 90 persen air, nah salah tanda kekurangan air adalah sulitnya konsentrasi. Kekurangan air di otak dapat mempengaruhi keputusan, memori dan suasana hati.

Dehidrasi bahkan dapat menyebabkan lupa dan kesulitan fokus, berpikir dan berkomunikasi.

Sebuah penelitian di tahun 2013 yang diterbitkan dalam Clinical Autonomic Research mengatakan bahwa kekurangan air pemicu kelelahan, kurang tidur, tidak fokus dan pingsan.

Bau Mulut dan Mulut Kering


Bau mulut adalah tanda lain bahwa tubuh Anda kekurangan air. Karena kurangnya air, tubuh Anda akan kurang dalam memproduksi air liur yang berisi sifat antibakteri. Hal ini menyebabkan pertumbuhan bakteri dalam mulut sehingga menyebabkan bau mulut.

Selain dengan bau mulut, kita juga dapat mengalami mulut kering. Air bekerja seperti pelumas, yang membuat selaput lendir lembab di tenggorokan, sehingga mencegah mulut kering.

Sembelit dan Gangguan Pencernaan


Air dapat membantu melumasi sistem pencernaan dan menjaga saluran pencernaan yang fleksibel dan bersih. Sehingga air dapat membantu menjaga pergerakan usus secara teratur dan mencegah sembelit.

Plus, kehilangan cairan yang berlebihan karena diare atau muntah juga dapat mengeraskan tinja dan menyebabkan sembelit. Kurangnya air dalam tubuh bahkan dapat menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan.

Sebuah penelitian di tahun 2003 yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition mencatat bahwa kehilangan cairan dapat menimbulkan sembelit. Dengan demikian penting untuk mempertahankan asupan air untuk mencegah sembelit.

menghilangkan bopeng

0 Response to "Inilah Tanda - Tanda Ketika Tubuh Kekurangan Air"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.