Jangan Buang Biji Alpukat ! Ini Manfaatnya

Alpukat, buah populer ini berdaging hijau melezatkan.

Tak hanya populer dengan rasanya yang lezat bila dipadupadankan dengan gula, susu atau madu, namun juga alpukat salah satu buah paling populer akan manfaatnya bagi kesehatan.

Tak hanya dagingnya, namun juga bijinya. Jadi, mulai sekarang jangan buang biji alpukat !, cobalah ambil manfaatnya untuk kesehatan Anda secara menyeluruh.

Jangan Buang Biji Alpukat ! Ini Manfaatnya

Pasti Anda bertanya-tanya, kan biji buah alpukat tuh keras ? lalu apa yang harus kita lakukan  ??

Nah, Anda hanya perlu melakukan cara dibawah ini :

Bersihkan biji alpukat dari kulit berwarna coklat yang menutupinya. Kemudian, parutlah biji alpukat tersebut atau Anda juga bisa menggilingnya menjadi bubu, lebih baik menggunakan penggiling biji kopi atau blender yang mempunyai tenaga tinggi.

Nah, bubuk biji alpukat ini, bisa dijadikan sebagai hiasan pada salad Anda, sup, atau masakan semur. Anda juga bisa menaburkannya pada hidangan minuman jus atau minuman buah susu. 

Nah, lalu manfaat gizi apa yang bisa kita ambil dari biji alpukat ini ?, mari kita simak :

Biji Alpukat Dapat Meningkatkan Imunitas


Apakah Anda tahu ? bahwa biji alpukat memiliki antioksidan yang amat tinggi daripada dagingnya ?.

Ya, itu benar.

Nah, antioksidan ini mampu membantu mencegah paparan radikal bebas, yang pada gilirannya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah kita dari berbagai penyakit.

Sangat penting bagi kita untuk menjaga dan meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh), dimana di musim penghujan ini, berbagai penyakit bisa berkembang.

Disaa musim hujan ini, perkembangan mikroorganisme penyebab berbagai penyakit bisa berkembang dengan cepat. Salah satu cara agar kita bisa tercegah dari jahatnya mikroorganisme tersebut adalah melalui meningkatkan imunitas, salah satunya dengan rajin mengkonsumsi biji alpukat ini.



Tak hanya biji alpukat yang harus Anda konsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di musim hujan ini, namun banya juga yang harus kita perhatikan agar sistem kekebalan tubuh kita tidak kewalahan melindungi kita dari berbagai serangan penyakit, diantaranya :

Cukup Tidur. Bila kita cukup tidur, tidak kurang tidak lebih, maka dapat membuat sistem imun menjadi lebih kuat.

Nah, saat tidur tubuh dapat beristirahat dan tentu dapat memberikan sistem imun berkerja lebih efektif.

Makan Teratur. Tentu makanan adalah faktor terpenting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, salah satunya bisa ditambah dengan biji alpukat.

Makan teratur juga jangan sampai dibarengi dengan makanan yang tidak sehat, tetap konsumsi makanan yang banyak mengandung gizi dan vitamin.

Rajin Cuci Tangan. Hal ini perlu dilakukan, disaat pesatnya perkembangan mikroorganisme.

Ya. 

Cuci tangan dapat membantu kita untuk menghindari perpindahan mikroorganisme berbahaya dari lingkungan kita ke dalam tubuh melalui tangan. Cuci tangan dengan baik, yaitu gosok permukaan, jari dan kuku tangan menggunakan sabun minimal 20 detik, di air yang mengalir.

Mandi Air Dingin. Ini berat ya. Hujan kok mandi air dingin, makin dingin.

Tapi, mandi air dingin bermanfaat untuk menyegarkan dan membangunkan syaraf-syaraf pada seluruh tubuh agar lebih segar dan kuat, bahkan dapat mengalirkan aliran darah lebih lancar.

Olahraga. Aktivitas yang satu ini pun jangan sampai ketinggalan.

Sudah diketahui, bahwa olahraga dapat menyehatkan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, lakukan miniman 30 menit setiap 5 kali dalam seminggu.

Konsumsi Herbal Alami. Coba secara rutin dimusim penghujan ini rajin konsumsi herbal alami, seperti jahe, gingseng, atau bawang putih yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih kuat.



Selain herbal tersebut bisa menghangatkan tubuh Anda dari dinginnya udara musim penghujan, juga bisa membuat Anda tidak mudah sakit.

Biji Alpukat Dapat Menurunkan Tekanan Darah


Kandungan kalium dalam biji alpukat sangat tinggi, dimana kalium tersebut dapat bekerja dengan baik sebagai vasodilator yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Disisi lain, biji alpykat mampy membantu mengendurkan ketegangan pada pembuluh darah dan pembuluh arteri.

Ini penting.

Untuk membantu mengurangi kadar tekanan darah tinggi.

Biji Alpukat Dapat Melawan Kanker


Biji alpukat mengandung senyawa flavonol.

Nah, senyawa kelas flavonoid ini mencakup beberapa zat, termasuk quercetin, kaemferol, dan myricetin. Dimaka semua senyawa ini mampu mencegah pertumbuhan tumor maupun kanker.

Biji Alpukat Mampu Menjaga Lambung Perut Tetap Sehat


Apakah Anda tahu, bahwa biji alpukat mengandung lebih banyak serat daripada dagingnya ?. Ya, dengan banyaknya kandungan serat dalam biji alpukat, maka dapat mencegah dan mengobati sembelit, maag dan, asam lambung.

Biji alpukat juga diperkaya dengan vitamin A, C, B kompleks, E dan D, dimana semua kandungan tersebut baik untuk kesehatan lambung.

Untuk penderita maag, sembelit, dan asam lambung, lakukanlah langkah berikut untuk mengobatinya melalui biji alpukat :

Bersihkan biji alpukat dari kulit coklatnya, kemudian parut, dan campurkan aduk rata pada air minum 100 cc kemudian saring dan minumlah 1 kali sehari.

Ramuan tersebut bisa ditingkatkan dosisnya menjadi 2 kali sehari apabila sembelit, maag, dan asam lambung dalam kondisi sakit parah.


Biji Alpukat Dapat Menjaga Berat Badan


Biji alpukat yang mengandung serat, tentu dapat membantu mengurangi nafsu makan, terlebih apabila Anda mengkonsumsi daging alpukat dan bijinya.

Selain itu, biji alpukat mengandung antioksidan, kalium, kalsium dan magnesium yang dapat membantu tubuh tetap berenergi sepanjang hari, dan energy ekstra ini bisa digunakan untuk olahraga di gym.

Biji Alpukat Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol Jahat


Kandungan sifat lemak monosaturated dalam alpukat mampy membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.
Selain itu, biji alpukat juga dapat memberikan extra dalam menurunkan kolesterol jahat, karena diperkaya juga dengan kandungan antioksidan dan gizi.

Biji Alpukat Mampu Mengurangi Peradangan


Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari biji alpukat adalah adanya antioksidan seperti katekin dan procyanidins yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak akibat peradangan.

Nah, Anda juga dapat menggunakan minyak alpukat yang banyak dijual untuk mengatasi rasa sakit.
 

Biji Alpukat Dapat Mencegah Penuaan Dini


Antioksidan yang kuat yang terdapat dalam daging dan biji alpukat mampu membantu melawan radikal bebas, yang merupakan penyebab kerusakan terbesar pada sel kulit yang sehat.

Konsumsilah bubuk biji alpukat dua kali dalam seminggu, untuk mencegah bintik-bintik dan garis-garis halus akibat penuaan dini.

Biji Alpukat Menyehatkan Kulit


Biji alpukat tidak hanya dapat dikonsumsi untuk kesehatan kulit Anda, namun juga bubuknya dapat dijadikan sebagai scrub alami untuk menyehatkan kulit, sehingga sel-sel kulit mati dapat dihilangkan dan elestisitas kulit semakin terjaga.

Biji Alpukat Dapat Menyehatkan Rambut


Tak hanya kulit, rambut juga ambil bagian untuk mengambil manfaat dari biji alpukat ini.

Nah, biji alpukat dapat mengurangi dan mencegah uban, serta merangsang pertumbuhan rambut yang sehat.
Caranya, oleskan ramuan dari bubuk biji alpukat yang telah dicampur dengan air, sehingga ramuan menjadi kental pada rambut sekali dalam sebulan.

Dijamin rambut Anda akan sehat dan bersinar maksimal.

menghilangkan bopeng

0 Response to "Jangan Buang Biji Alpukat ! Ini Manfaatnya"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.