Cara Merawat Bayi Sehari-hari Setelah Lahir

Begitu bayi kita terlahir kedunia, tidak sedikit faktor yg wajib berubah, tergolong kegiatan penting yg wajib dilakukan. fokus dan prioritas mutlak wajib lebih mengutamakan pada bayi kita. Berikut ini berbagai kegiatan penting yg wajib dilakukan dari perawatan bayi kita sehari-hari ;

1. Merawat Tali Pusat

Di hari dan bulan-bulan awal merupakan masa-masa yg paling sibuk. Setelah lahir, biasanya tali sentra belum lepas. Dan, waktu lepasnya mampu bervariasi, sekitar 5-12 hari. Makanya, tali sentra butuh dirawat 2 kali sehari. Caranya merupakan sebagai berikut :

Telentangkan si kecil. Bersihkan sisi-sisi tali sentra dengan bola kapas yg telah dicelup dalam air dingin (yang matang dan steril). Ini mampu juga, gunakan kapas bertangkai yg dibubuhi alkohol 70%.
Ganti bola kapas alias kapas bertangkai setiap kalian membilas untuk dipakai di tempat yg lain.
Keringkan tahap yg dibersihkan dengan handuk yg lembut dan bersih
Rendam kain kasa steril ke dalam alkohol 70% dan gunakan sebagai penutup tali pusar. Lilitkan kain kasa pada tali pusar, lipat ke arah atas, dan tempelkan dengan plester khusus. 

2. Memandikan si kecil

Persiapkan segala sesuatunya lebih dahulu. Apa saja? Perlengkapan mandi tersebut, semacam handuk, sabun, dan sampo bayi, ditaruh di dekat bak mandi si kecil.

Lalu, tuang air dingin ke dalam bak mandi, baru kemudian air panas. Denga begitu, dasar bak mandi tidak panas. Idealnya, suhu air mandi bayi hingga usia 2 buan merupakan 40 Derajat Celcius. Setelah usia itu, boleh diturunkan hingga 27 Derajat Celcius. Ukur suhu air dengan termometer khusus alias siku kita. Setelah itu, barulah agenda mandi mampu dimulai. (Baca: Cara dan Tahapan yg Aman untuk Memandikan Bayi).


3. Mencuci rambut

Caranya cuci rambut bayi kalian dengan sampo bayi yg lembut. Pegang kepalanya erat-erat dan jga jangan hingga sampo masuk ke dalam matanya. Meskipun sampo bayi terbuat dari ramuan khusus untuk bayi maka mampu lembut dan tidak membikin mata pedih, mampu maka bayi kageti saat matanya kemasukan sampo. dan tangispun pecah tidak terelakan.


4. Membersihkan mata, hidung dan telinga

Pada intinya, agenda besih-bersih ini butuh dilakukan 2 kali sehari. Dan, kalian butuh mencuci bersih tangan terlebih dahulu supaya kuman-kuman tidak masuk ke organ-organ tersebut. Berikut tutorial membersihkannya:

Mata
Arial,Helvetica,sans-serif;">Bersihkan mata dari arah dalam ke luar dengan bola kapas yg telah dicelup dalam air hangat.
Ganti kapas setiap kali membersihkan mata, supaya tidak terjadi perpindahan kuman.
Gunakan tisu untuk mengeringkan mata.
Hidung
Untuk membersihkan cuping hidung, gunakan kapas bertangkai yg juga telah dalam air hangat. Jangan dalam-dalam dan tergesa-gesa, kelak cuping hidung si kecil mampu terluka nantinya.
Ganti kapas bertangkai untuk cuping hidung lainnya.
 Telinga
Bersihkan daun indera pendengaran saja. Lubang indera pendengaran sebaiknya tidak diutak-atik, alasannya ialah takut kalian malah melukainya.
Daun indera pendengaran (bagian depan dan belakangnya) dibersihkan dengan kapas bertangkai dan diolesi baby oil.
Ganti kapas bertangkai baru untuk daun indera pendengaran lainnya.
Keringkan indera pendengaran bayi kalian dengan handuk lembut.
5. Memotong Kuku

Anda butuh ekstra hati-hati, alasannya ialah si kecil biasanya tidak betah jikalau dipotong kukunya.Padahal jikalau tidak dipotong, kuku bayi cepat sekali tumbuhnya.
Tahapan memotong kuku si kecil sebagai berikut :
Sebaiknya potong kuku seusai berakhir mandi, alasannya ialah kuku bayi agak lunak terkena air. Tekan jari yg akan dipotong kukunya dengan bunda jari dan telunjuk kiri anda, sementara tangan kanan kalian mulai mengguntingnya. Pilih alat pemotong kuku yg berujung bulat, dan diseterilkan dulu dengan alkohol 70%
Gunting tahap kuku yg putih. jangan lupa,sisakan sedikit tahap tersebut.
Bersihkan kotoran dalam kuku dengan kapas yg dicelup air matang.
6. Menghilangkan kerak topi

Kerak topi alias tai lutung tidak sedikit dialami bayi di usia 3 minggu hingga 3 bulan, tetapi akan hilang seusai usia 6-7 bulan. Biasanya, kerak topi timbul di sekitar dahi, berwarna kuningan, dan berminyak. Bila terkelupas, mirip-mirip dengan ketomber. Bersihkan dalam berbagai kali sehari dalam seminggu.
Cara membersihkannya :
Kulit berkerak diolesi baby oil. Agar lunak, biarkan selagi tidak lebih lebih 15 menit.
Sisirlah rambut si kecil supaya kerak ikut-ikutan terkelupas
Cuci bersih rambutnya biar tidak ada kerak yg tertinggal.
 7. Menjemur bayi

Kegiatan ini terbukti sangat sehat bagi si kecil, alasannya ialah kebutuhan tubuhnya akan vitamin D akan terpenuhi. Bukankah sinar matahari merupakan sumber vitamin D yg paling oke? Bahkan, sinar matahari mampu pula menurunkan kadar bilirubin (pigmen berwarna kuning) dalam darah bayi kuning.

Tetapi dalam menjemur bayi tidak sembarangan, ada tata tutorial dan aturan dalam menjemur bayi yg baik dan sehat. (Baca juga; Cara menjemur bayi yg baik dan sehat)
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Merawat Bayi Sehari-hari Setelah Lahir"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.