Mitos Dan Fakta Dibalik Ngidam

Pengertian ngidam pada dasarnya merupakan adalah harapan mengonsumsi sesuatu benda alias makanan, yg terjadi pada seorang bunda dalam kehamilan. Rasa ngidam ini biasanya terjadi pada awal kehamilan (trimester pertama).  Tetapi tak semua bunda hamil tentu mengalami faktor ini. Banyak ibu-bu yg melewatkan kehamilannya tanpa disertai rasa ngidam. Beberapa mistos serta fakta yg sesungguhnya mengenai ngidam ini mari coba kita ungkap disini.

Pengaruh Hormon
Bicara mengenai penyebab ngidam. ‘’Beberapa  teori menyatakan adanya kekerabatan antara rasa ngidam ini dengan keadaan kejiwaan atu status psikologis  bunda yg hamil . Adanya peningkatan kadar hormon-hormon kehamilan semacam hurman Chorionic Gonadotropin (hCG) serta prodestron juga berperan dalam timbulnya rasa ngidam ini. Ngidam tak jarang terjadi pada semester pertama kehamilan sebab pada awal kehamilan terjadi peningkatan yg bermakna dari hormone HCG yg bertujuan mempertahankan kehamilan. Selain itu, peningkatan kadar hormone progesterone juga berperan dalam timbulnya rasa ngidam. Peningkatan kadar hormon-hormon ini terjadi di trisemester berikutnya, peningkatan kadar hormon-hormon ini lebih sedikit  sehinga rasa ngidam yg muncul terasa lebih terperinci pada trisemester pertama. Meskipun jarang terjadi, rasa ngidam bisa muncul di trisemester kedua maupun ketiga. Identik dengan Makanan Asam alias pedas berada pada daftar makanan paling dicari bunda hamil dikala ngidam, sehinga tak heran apabila makanan semacam rujak, mangga muda, serta asinan identik dengan makanan ngidam. Mengapa?. Karena adanya perubahan pada sistem saluran cerna dampak peningkatan hormone kehamilan, jadi terjadi perubahan rasa, dimana bunda hamil lebih memiliki harapan untuk mengkonsomsi makanan yg asam alias pedas, alias makanan yg segar. Pada keadaan yg tak normal alias patologis, seorang bunda bisa kekurangan zat-zat tertentu, semacam logam serta seng, yg bisa memunculkan harapan untuk memakan serpihan cat, alias plester rumah. Tetapi biasanya kekurangan yg terjadi haruslah sangat signifikan,yang bisa memunculkan  harapan untuk memakan sebuah yg mengandung zat terebut dalam rangka memenuhi kekurangannya. Namun pastinya ini telah bukan merupakan faktor yg sehat lagi.

Minta Perhatian
Pandangan bahwa ngidam merupakan sebuah bentuk demi memperoleh perhatian lebih juga dibenarkan oleh Dra. Dharmayati Utoyo Lubis, MA, PhD, dari Fakultas Psikologi UL. “Walaupun demikian, jangan lantas dianggap bunda hamil hanya berpura –pura  dikala ngidam Bisa jadi faktor itu terjadi tanpa disadari serta tutorial meminta perhatiannya terwujud dalam bentuk ngidam,” ujarnya  Masih  menurut Dharmayanti. Ngidam merupakan salah satu bentuk pertanyaan wanita terhadap pria bahwa kehamilan merupakan tanggung jawab berdua antara suami-istri.




Ngidam yg Sehat
Ngidam tak terlalu menyusahkan Siasati uniknya masa ngidam ini dengan langkah-langkah sehat berikut :
Usahakan perut masih terisi makanan. “Meskipun ada keluhan mual-mual di awal kehamilan, ini bias disiasati dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil serta sering.
Pilih makanam yg lumayan protein serta rendah lemak, jadi perut tak terasa
cepat lapar. Alihkan perhatian ke kegiatan lainnya yg menyenangkan. Ini lebih berpengaruh dengan cara psikis , untuk mengalihkan kegiatan dari harapan ngidam.
Pastikan bunda hamil tersebut mendapat istirahat yg lumayan , juga menghindari diri dari kelelahan serta stress, jadi bunda hamil merasa enjoy .
Untuk keluarga, berbagi  dukungan  moril yg lumayan bagi bunda hamil. Khususnya dari keluarga terdekat, suami, alias anak-anaknya.                                                                       

MITOS serta FAKTA
Ada dua mitos yg lumayan popular dimasyarakat mengenai peristiwa ngidam pada masa kehamilan. Dimana ada asumsi yg salah dari masyarakat mengenai ngidam yg wajib rutin dituruti yaitu :

MITOS 1                                                                                                                           
Bayi ngiler (keluar liur ketika umur batita) sebab ngidam tak dipenuhi (bawaan bayi).
FAKTA                                                                                                                                      Tidak ada kekerabatan antara bayi yg dilahirkan dengan rasa ngidam yg tak terpenuhi. “Memang pada bunda hamil yg mengalami ngidam kadang terjadi peningkatan produksi air liur ibu. Selama tak ada kelainan pada bunda hamil tersebut, jadi tak akan memengaruhi keadaan fisik janinnya.

MITOS 2
Ibu hamil akan menjadi lebih sehat sebab permintaan ngidamnya dituruti.
FAKTA
Tidak ada kekerabatan antara memenuhi rasa ngidam bunda dengan kesehatan fisiknya. Namun butuh  diingat, rasa ngidam bergantung pada keadaan kejiwaan dari ibu, jadi dengan memenuhi rasa ngidam bisa menolong menambah dukungan moril serta perhatian ke bunda hamil tersebut. Hal ini membikin bunda bisa menjalani kehamilannya yg lebih menyenangkan, yg pada akhirnya membikin status psikologis bunda yg lebih baik, jadi perkembangan mental janin juga baik.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Mitos Dan Fakta Dibalik Ngidam"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.