7 Jenis Anemia Yang Perlu Di Waspadai

Jenis Anemia - Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan zat besi. Mesikipun kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari munculnya anemia, ada juga beberapa jenis lain dari anemia yang menyebabkan gejala yang sama, yang tentunya akan sulit membedakan jenis apakah animea yang sedang diderita.

Anemia adalah masalah pada darah yang terjadi ketika sel darah merah pada tubuh terlalu rendah atau sedikit. Sel darah merah sendiri mengandung protein yang disebut hemoglobin. Protein hemoglobin ini bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh dan memberikan warna merah pada darah. Oleh karenanya, penderita anemia akan mudah lelah karena tidak cukupnya oksigen dalam jaringan tubuhnya.

Ada beberpa jenis anemia. Gejalanya pun meliputi dari gejala yang ringan sampai gejala yang berat. Gejala-gejala tersebut termasuk mudah lelah, lemas, kulit pucat, sesak nafas, pusing, nyeri dada, sakit kepala, kaki dan tangan terasa dingin.

Berikut adalah gambaran dari 7 jenis anemia berserta penyebabnya.

Anemia Defisiensi Besi

Anemia defisiensi besi adalah jenis anemia yang paling umum terjadi. Jenis anemia ini terjadi ketika kadar zat besi kurang. Yang mana, tubuh sangat membutuhkan zat besi untuk membentuk protein hemoglobin.

Kadar zat besi rendah dapat disebabkan oleh kehilangan sel darah. Biasanya darah akan berkurang ketika haid yang terlalu lama, memiliki penyakit kanker usus, cedera parah, atau infeksi. Selain itu, kadar zat besi rendah juga dapat disebabkan oleh kurangnya kita mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Makanan yang kaya akan zat besi antara lain seperti daging, ikan, daging unggas, telur, dan produk susu. Atau, anemia defisiensi besi juga dapat disebabkan oleh ketidak mampuan tubuh dalam menyerap zat besi, kondisi ini terjadi pada orang yang menderita penyakit celiac.

Anemia Defisiensi Vitamin

Tubuh Anda juga memerlukan vitamin B12 dan folat untuk memproduksi sel darah merah yang cukup. Anemia karena kekurangan vitamin B12 disebut juga anemia pernisiosa dan biasanya terjadi ketika tubuh tidak mampu menyerap vitamin B12 dengan benar atau karena ada masalah pada usus. Jenis anemia ini juga dapat disebabkan oleh program diet yang tidak disadari kekurangan vitamin B12.

Selanjutnya, Anemia karena folat (asam folat) sering disebut anemia defisiensi folat dan biasanya anemia jenis ini terjadi dikarenakan adanya masalah pada tubuh yang tak mampu menyerap vitamin dan folat secara benar.

Jenis anemia defisiensi vitamin ini juga dikenal dengan nama anemia megaloblastik, hal ini mengacu pada anemia yang menyebabkan sel darah merah menjadi besar dari ukuran normal.

Anemia Dari Penyakit Kronis

Ada banyak penyakit kronis yang dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Contohnya seperti HIV/AIDS, asam urat, dan penyakit ginjal.

Anemia Aplastik

Jenis anemia ini adalah jenis anemia yang cukup jarang diderita. Penyebab dari anemia aplastik adalah dimana produksi sumsum tulang menurun pada semua jenis sel darah yaitu sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Hal tersebut tidak bisa dipastikan mengapa terjadi, tetapi kemungkinan dapat terjadi karena gangguan imun, infeksi virus, pengobatan pada kanker, atau dikarenakan paparan bahan kimia beracun. Tidak menutup kemungkinan juga anemia aplastik terjadi akibat faktor riwayat keturunan.

Anemia Yang Berhubungan Dengan Penyakit Sumsum Tulang

Penyakit sumsum tulang termasuk leukemia, myelodysplasia, dan myeloma dapat menyebabkan sel darah merah berkurang.

Anemia Hemolitik

Jenis anemia ini disebabkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan lebih cepat dari sumsum tulang untuk membentuk sel darah yang baru. Hal ini bisa disebut penghancuran sel darah merah yang terlalu dini. Penyebab anemia ini dikarenakan ganguan imun, penyakit darah, dan dikarenakan mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Solusi Anemia


Untuk Anda yang ingin sembuh cepat dan total dari Anemia, ada baiknya melakukan pengobatan yang tepat.
Kami rekomendasikan pada Anda obat herbal luar biasa yang mampu menyembuhkan Anemia yaitu Jelly Gamat Gold G yang sudah terbukti ke-ampuhannya.

Lalu, mengapa harus melalui Jelly Gamat Gold G ?, Apakah benar Jelly Gamat Gold G mampu sembuhkan Anemia ? sudah terbuktikah ?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan diatas, segara klik gambar dibawah ini :

jelly gamat sembuhkan anemia


menghilangkan bopeng

0 Response to "7 Jenis Anemia Yang Perlu Di Waspadai"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.