Cara Mudah Menghilangkan Keloid Secara Alami

Cara Mudah Menghilangkan Keloid Secara Alami - Bekas luka keloid merupakan kulit dan daging tumbuh yang mengeras, hal ini disebabkan oleh jaringan parut fibrosa yang tumbuh secara tiba-tiba pada kulit.

Keloid merupakan bagian dari lapisan atas kulit yang rusak, dimana kadar zat kolagen didalamnya berlebihan, sehingga menyebabkan daging tumbuh secara perlahan selama bertahun-tahun.

Bekas luka keloid biasanya muncul ketika ada luka, seperti luka bekas jerawat, cacar air, luka bakar, luka kecelakaan, tindikan telingan, gigitan serangga, vaksinasi, kulit lecet dan lain-lain.


Bekas luka keloid biasanya akan berbentuk kubah dan berwarna merah atau merah muda. Keloid bisa bergerigi atau lembut yang disertai rasa gatal. Banyak penelitian yang menunjukan bahwa orang yang memiliki kulit lebih gelap sangat rentan mengalami keloid. Namun, faktor keturunan juga dapat menjadi penyebab keloid.

Banyak orang yang mencari cara menghilangkan keloid karena tidak sedap dipandang dan terkadang menjengkelkan. Dipasaran pun banyak beredar obat keloid, yang tentunya mempunyai efek samping karena terbuat dari bahan kimia, terlebih obat keloid banyak harganya mahal. Nah, sebaiknya kita coba beberapa cara mudah menghilangkan keloid secara alami yang dapat dilakukan dirumah.

Gunakan Baking Soda


Baking soda dapat digunakan untuk mengurangi munculnya bekas luka keloid dengan mengembangkan lapisan kulit yang lebih sehat. Baking soda mengandung zat abrasif sehingga mampu membantu mengelupas lapisan keloid, menjaga kulit dari kotoran, dan sel-sel kulit mati.

Caranya :
  1. Campurkan satu sendok teh baking soda dan tiga sendok teh hidrogen peroksida untuk membuat pasta halus.
  2. Oleskan pasta pada daerah yang terkena keloid dengan menggunakan bola kapas.
  3. Diamkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.
  4. Lakukan cara ini tiga atau empat kali sehari selama setidaknya satu bulan untuk mengecilkan bekas luka keloid.

Gunakan Lidah Buaya


Lidah buaya sangat efektif untuk menghilangkan keloid. Lidah buaya dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan membantu meregenerasi permukaan kulit yang rusak. Bahkan, lidah buaya memiliki sifat dingin sehingga dapat mengurangi rasa gatal.

Caranya :
  1. Belah daun lidah buaya dan ambil gelnya
  2. Oleskan gel lidah buaya pada daerah yang terkena keloid.
  3. Diamkan hingga kering, agar kandungan lidah buaya terserap dengan baik.
  4. Lakukan cara ini 5 sampai 6 kali sehari selama beberapa hari.

Catatan :

Obat dari lidah buaya ini sangat efektif pada bekas luka keloid yang masih baru,dan kemungkinan tidak efektif pada bekas luka keloid yang berusia lebih dari satu tahun.


Air Jeruk Nipis


Air jeruk nipis sangat efektif menghilangkan keloid. Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang kuat sehingga mampu menghilangkan berbagai jenis bekas luka, termasuk bekas luka keloid. Kandungan zat lain dalam jeruk nipis juga dapat membantu meregenerasi dan memperbaiki kerusakan kulit.

Caranya :
  1. Peras air jeruk nipis.
  2. Oleskan air tersebut pada bekas luka keloid.
  3. Diamkan selama sekitar setengah jam, dan kemudian bilas dengana air hangat.
  4. Tepuk-tepuk hingga kering dan kemudian oleskan lotion pelembab untuk menjaga kelembaban kulit yang terkena keloid tersebut.
  5. Lakukan cara ini dua kali sehari selama satu bulan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Cuka Sari Apel


Cuka sari apel adalah obat alami yang sangat baik untuk menghilangkan bekas luka keloid. Kandungan tertentu di dalam cuka sari apel dapat membantu menghilangkan lemak di bawah kulit. Ditambah, kandungan asam yang dapat mengelupas dan melembutkan kulit, sehingga mengurangi keloid.

Caranya :
  • Campur dua sendok teh cuka sari apel dan satu sendok teh air ke dalam cangkir.
  • Gunakan bola kapas untuk mengoleskan ramuan tersebut pada daerah yang terkena keloid.
  • Biarkan selama setengah jam, dan kemudian cuci dengan air.
  • Lanjutkan cara ini tiga atau empat kali sehari selama beberapa minggu.

Bawang Putih


Bawang putih cukup efektif untuk mengurangi dan menghambat pertumbuhkan bekas luka keloid. Sebuah penelitian di tahun 1994 yang dilakukan oleh Aarhus University di Denmark, yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology, menemukan bahwa ekstrak bawang putih dapat mempengaruhi pertumbuhan sel-sel fibroblast, yang merupakan penyebab dari tumbuhnya bekas luka keloid.

Caranya :

Haluskan tiga atau empat siung bawang putih segar. Oleskan bawang putih pada daerah yang terkena keloid dan biarkan selama sekitar 15 menit. Kemudian bersihkan dengan air hangat. Tepuk-tepuk supaya kering dan kemudian oleskan lotion pelembab. Lakukan cara sederhana ini sekali sehari selama sekitar satu bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Kita juga dapat mengoleskan minyak bawang putih pada kulit yang terkena keloid dua kali sehari selama satu bulan untuk mengurangi pertumbuhan bekas luka keloid. Jika minyak bawang putih menyebabkan ketidaknyamanan, segera cuci dengan air hangat.

Madu

Merupakan salah satu humectants alami yang dapat menyembuhkan keloid dan melembabkan kulit. Nah, kedua manfaat ini dapat membantu menghilangkan bekas luka keloid. Madu dapat membuat sirkulasi darah lancar, mencegah pertumbuhan kolagen yang berlebih, dan mengurangi penumpukan kulit mati.

Caranya :
  1. Oleskan madu asli dan segar pada bekas luka keloid.
  2. Lembut pijat daerah keloid tersebut selama 10 menit.
  3. Biarkan selama sekitar satu jam dan kemudian bilas dengan air hangat.
  4. Lakukan cara ini dua kali sehari selama beberapa minggu untuk mengurangi bekas luka keloid.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Mudah Menghilangkan Keloid Secara Alami"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.