Cara Mengobati Tangan dan Kaki Yang Mati Rasa

Cara Mengobati Tangan dan Kaki Yang Mati Rasa - Mati rasa di tangan dan kaki merupakan hilangnya indera perasa pada kulit. Gejala akibat dari bermasalahnya indera perasa di kulit bisa termasuk kesemutan atau adanya sensasi terbakar, nyeri yang tajam atau lemah.

Hal ini merupakan masalah yang sangat umum. Ada banyak penyebab dari mati rasa, termasuk tekanan yang berulang pada tangan dan kaki, paparan benda dingin, kompresi saraf sementara, cedera saraf, minum berlebihan, merokok, kelelahan, kurangnya aktivitas dan kekurangan gizi vitamin B12 atau magnesium.

Setiap kali di bagian tubuh yang mengalami mati rasa seperti tangan dan kaki dapat disebabkan oleh kondisi medis, seperti sindrom carpal tunnel, diabetes, migrain, multiple sclerosis, dan tiroid kurang aktif.


Biasanya, mati rasa yang berlangsung hanya beberapa menit tidak masalah, tapi juga harus konsultasikan dengan dokter jika sering mengalami mati rasa dan dialami dalam waktu yang lama. Hal ini bisa menjadi gejala dari penyakit yang belum diketahui oleh kita.

Menderita mati rasa di tangan dan kaki bisa sangat tidak menyenangkan. Untungnya, kita dapat mengobati mati rasa dengan cara mudah melalui pengobatan alami yang sederhana. 

Berikut Cara Mengobati Tangan dan Kaki Yang Mati Rasa.


Kompres Dengan Air Hangat


Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengkompres dengan air hangat pada daerah yang mati rasa. Mengkompres akan membantu meningkatkan suplai darah ke daerah yang mati rasa. Selain itu, dapat mengendurkan otot-otot dan saraf.

Caranya :
  1. Celupkan kain lap ke dalam air hangat.
  2. Peras, kemudian letakan kain lap pada daerah yang terkena mati rasa selama 5 sampai 7 menit.
  3. Ulangi cara ini beberapa kali sampai mati rasa itu hilang.

Kita juga dapat mandi dengan air hangat atau menggunakan bantal pemanas untuk meringankan mati rasa.

Pijat


Memijat tangan dan kaki yang mati rasa adalah cara yang mudah mengatasinya. Pijatan dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat mengurangi mati rasa. Selain itu, dapat membantu merangsang saraf dan otot, dengan demikian dapat meningkatkan fungsi tangan dan kaki secara keseluruhan.

Caranya :
  1. Oleskan beberapa tetas minyak zaitun hangat, minyak kelapa atau minyak mustard pada telapak tangan.
  2. Lalu usapkan pada daerah yang mati rasa.
  3. Pijat dalam gerakan melingkar dengan jari kuat untuk selama 5 menit.
  4. Ulangi sesuai kebutuhan.

Olahraga


Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh bagian tubuh, sehingga mencegah mati rasa dan kesemutan. Selain itu, olahraga teratur dapat meningkatkan pergerakan dan mencegah banyak masalah kesehatan.

Caranya :
  • Lakukan olahraga sederhana untuk kaki dan tangan yang mati rasa selama 15 menit setiap hari di pagi hari. 
  • Atau, jogging dan bersepeda atau berenang secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Kunyit


Kunyit mengandung senyawa yang dikenal sebagai kurkumin, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Selain itu, kandungan anti-inflamasi dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Caranya :
  • Tambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit untuk ke dalam secangkir susu. Panaskan di atas api kecil. Tambahkan sedikit madu dan minum sehari sekali untuk meningkatkan sirkulasi.
  • Kita juga dapat memijat daerah yang terkena mati rasa dengan bubuk kunyit yang dicairkan selama beberapa menit.

Kayu manis


Kayu manis mengandung banyak kandungan zat alami dan nutrisi, termasuk mangan dan kalium serta vitamin B yang penting. Sifat gizi kayu manis dapat membantu meningkatkan aliran darah ke lengan dan kaki, sehingga dapat membantu mengobati mati rasa di tangan dan kaki. Para ahli merekomendasikan mengkonsumsi 2-4 gram bubuk kayu manis setiap hari untuk sirkulasi darah yang baik.

Caranya :
  • Campurkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dalam segelas air hangat. Minum sekali sehari.
  • Pilihan lain adalah untuk bercampur 1 sendok teh dengan bubuk kayu manis dan madu dan minum setiap hari di pagi hari selama beberapa minggu.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Mengobati Tangan dan Kaki Yang Mati Rasa"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.