Cara Membersihkan Nikotin Dalam Tubuh Secara Alami

Cara Membersihkan Nikotin Dalam Tubuh Secara Alami - Nikotin merupakan zat stimulan kuat yang dapat menghasilkan perasaan senang pada saat pertama kali masuk ke dalam tubuh, itulah mengapa perokok bisa ketagihan.

Zat nikotin termasuk zat adiktif. Oleh karenanya, tubuh akan cenderung lebih membutuhkan zat nikotin tersebut sehingga perokok agak sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok.


Sehingga perokok cenderung rentan terhadap berbagai masalah kesehatan yang tak terhitung jumlahnya dan barang tentu menghentikan kebiasaan merokok merupakan tantangan yang sangat sulit.

Nikotin ditemukan dalam rokok biasa, rokok elektrik, cerutu dan tembakau. Salah satu cara untuk memudahkan menghentikan merokok adalah dengan membersihkan nikotin dari tubuh.


Antara Nikotin & Kesehatan



Ada sekitar 6 juta kematian akibat merokok per tahun, dan penelitian terkini menunjukkan bahwa mungkin kematian akibat perokok meningkat ke angka 8 juta pertahun sampai tahun 2030, menurut World Health Organization..

Nikotin sangat berhubungan dengan banyak masalah kesehatan yang mengancam jiwa, termasuk berbagai jenis kanker.

Nikotin tidak hanya menyebabkan kanker paru-paru tetapi juga merupakan penyebab utama gagalnya penyembuhan apabila sakit dan kelangsungan hidup pada pasien perokok sangat rendah, menurut sebuah studi di tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Carcinogenesis.

Perokok cenderung memiliki tingkat risiko tinggi terkena kanker gastrointestinal dalam jangka panjang, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 oleh Translational Gastrointestinal Cancers.

Nikotin juga berinteraksi dengan protein reseptor tertentu dalam tubuh untuk mengembangkan penyakit kanker payudara pada perokok, menurut sebuah studi 2011 yang diterbitkan di Breast Cancer Research.

Selanjutnya, nikotin dapat mengurangi aliran darah ke pembuluh koroner yang berfungsi untuk memberikan darah yang kaya oksigen ke organ jantung. Proses mengerikan ini adalah penyebab utama penyakit jantung pada perokok.

Penyalahgunaan nikotin juga dapat menyebabkan penyakit autoimun (seperti rheumatoid arthritis), TBC dan penyakit ginjal kronis.

Tidak hanya itu Nikotin juga dapat menyebabkan disfungsi ereksi pada pria, menstruasi tidak teratur pada wanita, dan kemandulan pada wanita. Sementara pada wanita hamil, dapat memiliki efek buruk pada janin.

Pengendapan Nikotin di Dalam Tubuh

 

Tes air liur adalah tes yang paling akurat untuk menentukan berapa lama nikotin mengendap di dalam tubuh. Rata-rata, nikotin dapat mengendap dalam darah selama setidaknya 10 jam dan sampai 2-4 hari.

Lamanya waktu pengendapan Nikotin dalam tubuh bervariasi tergantung pada jumlah berapa kali merokok dalam sehari, jumlah berapa kali merokok dalam setahun , usia perokok, dan kesehatan perokok secara keseluruhan.


Cara Membersihkan Nikotin Dalam Tubuh Secara Alami

 

Membersihkan tubuh kita dari nikotin akan membantu kita untuk menghentikan kecanduan dan mengurangi risiko tertular penyakit fatal, meningkatkan kapasitas paru-paru dan meningkatkan kesehatan pernapasan  secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa cara alami yang dapat kita lakukan untuk membersihkan nikotin dari tubuh.

Kurangi Jumlah Merokok


Disarankan untuk mengurangi jumlah rokok secara bertahap sampai kita terbiasa merokok sekali sehari, kemudian kita berhenti.

Minum Banyak Air



Langkah pertama untuk membersihkan nikotin dalam tubuh adalah membiasakan diri minum banyak air.

Meskipun jumlah air yang harus dikonsumsi tergantung pada kesehatan, kondisi iklim, dan aktifitas harian kita, namun satu hal yang pasti adalah  harus minum 8 gelas (64 ons) air setiap hari.

Salah satu cara utama nikotin keluar dari tubuh kita adalah melalui urine. Minum lebih banyak air dapat meningkatkan buang air kecil, sehingga mempercepat pembersihan nikotin dalam tubuh.

Perlu diingat, minum banyak air juga harus diimbangi dengan pengurangan jumlah rokok dan secara bertahap dapat menghentikan secara total dari aktivitas merokok.

Tingkatkan Asupan Cairan Elektrolit



Elektrolit adalah mineral penting yang dapat membawa air dan nutrisi ke seluruh tubuh dan menjaga cairan tetap seimbang di dalam sel. Elektrolit mempunyai fungsi penting menghilangkan menghilangkan semua racun berbahaya dari tubuh, termasuk nikotin.

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya elektrolit seperti semangka, seledri, mentimun, kangkung, tomat, collard hijau, bit, apel, kacang hijau, jagung, ubi jalar dan lobak akan membantu membersihkan nikotin.

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kenari, almond, kacang mete, biji bunga matahari, kacang, hazelnut, biji wijen, biji labu dan pistachio juga kaya akan elektrolit.


Olahraga



Ketika kita tersiksa ingin banget merokok, maka cobalah pergi keluar untuk joging dan berkeringat sedikit.

Selanjutnya, ketika kita berolahraga, tubuh akan melepaskan zat kimia yang disebut endorfin. Bahan kimia ini mengurangi kecanduan dan menimbulkan perasaan bahagia.

Oleh karena itu, jika kita sedang stres dan merasa tidak bahagia maka jangan alihkan dengan merokok, tetapi alihkan dengan berolahraga yang dapat membantu meningkatkan mood dan membantu membersihkan nikotin di dalam tubuh.


Hindari Kopi, Gula & Alkohol



Kopi, gula dan alkohol juga memiliki sifat adiktif. Kita harus menghindarinya untuk membersihkan nikotin secara menyeluruh dalam tubuh.

Biasanya nya, zat dalam kopi, gula, dan alkohol adalah salah satu pemicu bagi perokok ingin merokok dalam jumlah yang banyak. Sehingga jika ingin menghentikan merokok dan membersihkan nikotin dalam tubuh, kita juga harus berupaya untuk menghindari kopi, gula, dan alkohol.

Cobalah untuk menghindari kopi, gula, dan alkohol secara perlahan sampai sepenuhnya berhenti mengkonsumsinya.


Makan Lebih Banyak Sayuran



Merokok secara bertahap dan perlahan-lahan dapat menghancurkan sistem pencernaan.

Ketika kita sedang mengurangi merokok, sistem pencernaan secara bertahap menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Nah, proses penyesuaian ini dapat membuat sistem pencernaan agak bermasalah dan terkadang menyebabkan sembelit.

Saat kita sedang mengurangi merokok, maka gerakan usus sedang menghilangkan segala macam racun dari tubuh, termasuk nikotin.

Oleh karena itu, sayuran yang kaya serat, dapat menyehatkan pencernaan dan meringankan sembelit. sayuran tersebut termasuk brokoli, kembang kol, kubis, kubis brussel, bok choy dan sayuran hijau lainnya.

Brokoli, misalnya, mengandung zat yang disebut enzim sulforaphane yang dapat menetralkan racun di dalam tubuh.


Cukup Tidur



Tidur yang baik dan berkualitas dapat membersihkan racun. Pola tidur yang baik akan mengurangi ketergantungan nikotin. Sehingga akan membantu proses membersihkan nikotin, menghilangkan pengendapan nikotin dalam darah, dan mengeluarkan residu nikotin dari tubuh.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Membersihkan Nikotin Dalam Tubuh Secara Alami"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.