Cara Mengatasi Mual Muntah Ibu Hamil Trimester Pertama

Cara Mengatasi Mual Muntah Ibu Hamil Trimester Pertama - Selama awal kehamilan trimester pertama, banyak wanita sering mual atau muntah, biasanya masalah ini disebut morning sickness. Dan biasanya, mual dan muntah terjadi pada pagi hari, tapi mual dan muntah juga dapat terjadi kapan saja sepanjang hari.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mual dan muntah ibu hamil trimester pertama, seperti bau tertentu, makanan tertentu, kelelahan, kecemasan, atau vitamin atau mineral.

mual dan muntah trimester pertama


Mual dan muntah pada ibu hamil sangat normal dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Anda dapat memerangi mual dan muntah dengan beberapa cara sederhana dan alami.

Berikut Cara Mengatasi Mual Muntah Ibu Hamil Trimester Pertama


Lemon


Efek menenangkan alami pada lemon adalah hal yang bagus untuk mengurangi mual.

Caranya :
  • Jika Anda merasa mual, campurkan satu sendok teh air lemon dan air mint dengan satu setengah sendok teh air jahe dan satu sendok madu. Minum campuran ini dua sampai tiga kali sehari.
  • Atau, Anda dapat mencampur satu sendok teh air lemon, satu sendok teh air mint, dan satu sendok teh gula. Konsumsi tiga kali sehari.
  • Peras lemon segar dan campurkan airnya dengan segelas air. Meminumnya setiap pagi untuk mencegah mual.
  • Pilihan lain, Anda dapat mengunyah permen rasa lemon.


Jahe


Jahe mengandung zat kimia yang disebut gingerol dan shogaols yang dapat memberikan pertolongan dari mual dan muntah.

Caranya :
  • Tambahkan 5-6 tetes air jahe ke dalam satu sendok teh madu. Konsumsi campuran ini perlahan ketika Anda bangun di pagi hari.
  • Atau, merebus jahe parut dalam air sampai air berkurang setengahnya. Biarkan dingin dan kemudian menambahkan beberapa tetes madu. Minum setiap hari di pagi hari.
  • Pilihan lain, Anda dapat membuat teh jahe dengan menambahkan satu-setengah sendok teh bubuk jahe ke dalam secangkir air mendidih. Biarkan selama 10 menit dan kemudian saring. Minum teh perlahan. Wanita hamil jangan meminum teh ini lebih dari tiga kali sehari.
  • Mengisap sepotong kecil jahe atau permen jahe juga dapat memberikan pertolongan cepat dari rasa mual.


Peppermint


Kandungan anestesi ada dalam peppermint, kandungan tersebut mampu menenangkan perut dan dengan demikian dapat membantu mengurangi mual.

Caranya :
  • Buat teh peppermint dengan memasukkan satu sendok makan daun peppermint ke dalam satu cangkir air mendidih. Biarkan selama 10 menit dan kemudian saring. Jika diinginkan, Anda dapat menambahkan beberapa gula atau madu. Minum teh secara perlahan, sambil di hirup aromanya.
  • Atau, Anda dapat menaruh beberapa tetes minyak esensial peppermint pada kain dan hirup dalam-dalam aromanya. Atau hisap permen rasa peppermint yang dapat sangat efektif mengurangi muntah dan mual.

Biji Adas


Mencicipi biji adas yang mengandung bau aromatik dan mengandung zat licorice juga dapat menenangkan perut dan memberikan pertolongan instan dari rasa mual dan muntah. Kandungan anestesi pun hadir dalam biji adas yang dapat  membantu melawan mual.

Caranya :
  • Kunyah satu sendok teh biji adas setelah makan untuk membantu proses pencernaan.
  • Atau, Anda juga dapat mencoba teh adas. Tambahkan satu sendok teh biji adas hancur ke dalam secangkir air mendidih. Biarkan selama beberapa menit. Tambahkan beberapa tetes air lemon segar dan satu sendok teh madu sebelum meminumnya.

Keju


Selama kehamilan, makanlah banyak protein karena dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa makanan kaya protein dapat membantu mengurangi gejala mual dan muntah.

Keju adalah pilihan yang baik jika Anda merasa ingin muntah. Anda dapat mencoba keju cheddar, keju cottage atau keju mozzarella. Anda dapat membuat keju salad sederhana bersama dengan buah-buahan dan sayuran segar dan mengkonsumsinya untuk makan siang atau makan malam. Juga, mengkonsumsi beberapa keju atau camilan keju tinggi protein sebelum tidur.

Biskuit Crackers


Biskuit crackers mudah di cerna oleh perut dan dapat membantu menghentikan rasa mual. Ini adalah ide yang baik untuk memulai hari dengan satu atau dua Biskuit Crackers selama beberapa bulan kehamilan trimester pertama. Makan beberapa Biskuit Crackers sepanjang hari sesuai kebutuhan dan satu Biskuit Crackers dimakan sebelum tidur.

Keripik Kentang



Wanita hamil bisa makan keripik kentang. Mengunyah keripik kentang dapat menenangkan perut Anda.

Keripik kentang juga dapat membantu meringankan rasa mual karena dapat merangsang produksi air liur. Sementara Garam dalam keripik kentang dapat membantu mengeringkan air liur yang berlebih. Makan keripik kentang bebas lemak akan lebih baik.


Air Minum


Sangat penting bagi wanita hamil untuk menjaga tubuh dari dehidrasi, karena dehidrasi dapat menyebabkan mual di pagi hari.

Telah ditemukan bahwa perempuan yang minum segelas air setiap jam jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menderita mual dan muntah. Cobalah untuk minum delapan sampai 10 gelas air setiap hari.
Jika Anda tidak suka minum air putih, Anda bisa makan buah-buahan dan sayuran yang tinggi kadar air, seperti melon, wortel, tomat, seledri, anggur, apel, labu, pir, dan jeruk. Anda juga dapat memanjakan diri Anda dengan buah-buahan beku untuk menjaga tubuh Anda dari dehidrasi.

Jadi, jika Anda mengalami mual dan muntah dan ingin mencegahnya, cobalah langkah-langkah sederhana yang telah disebutkan diatas. Namun, jika muntah menjadi parah, segera konsultasikan dengan dokter karena dapat menyebabkan dehidrasi dan penurunan berat badan, yang tidak baik untuk wanita hamil.

menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Mengatasi Mual Muntah Ibu Hamil Trimester Pertama"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.