Tertawa Ternyata Sehat dan Penuh Ajaib

Tertawa Ternyata Sehat dan Penuh Ajaib - Ketika Anda menonton acara komedi, mendengar lelucon atau menikmati menceritakan sebuah cerita lucu dengan teman dan keluarga, maka Anda sedang menyehatkan tubuh. Suara gemuruh tawa dapat membuat orang merasa senang. Bahkan, dari semua jenis perilaku manusia, tawa tampaknya menjadi perilaku bawaan yang unik dan bermanfaat.

Tertawa didefinisikan sebagai respon fisiologis otak untuk humor dan terdiri dari dua bagian: satu set gerakan dan suara.

Pada dasarnya, tertawa adalah ekpresi hal-hal baik dalam hidup dan orang-orang tertawa untuk mengungkapkan perasaan. Tertawa tidak hanya memberikan Anda perasaan yang baik, tetapi juga menimbulkan suasana baik untuk orang-orang di sekitar Anda.


Tertawa adalah obat. Tertawa memberikan manfaat keajaiban untuk kesehatan fisik, psikologis, emosional dan sosial, dan mengalihkan perhatian Anda dari pikiran negatif.

Berikut Manfaat Kesehatan Dari Tertawa


Olahraga Sistem Internal Tubuh


Tertawa adalah hal sederhana, namun tertawa dianggap sebagai teknik olahraga organ internal yang terbaik. Bila Anda tertawa maka sama dengan olahraga pernapasan diafragma, olahraga perut, olahraga sistem pernapasan, dan bahkan bahu. Inilah sebabnya mengapa otot Anda lebih santai dan tenang setelah tertawa.

Plus, selama tertawa, kita secara tidak sadar akan mengambil napas dalam-dalam sehingga dapat membantu membersihkan saluran udara dan meningkatkan inhalasi dan asupan oksigen.

Sekarang, selain Anda juga harus rajin olahraga fisik, coba juga habiskan waktu untuk tertawa riang dengan teman-teman Anda, agar hidup lebih menyehatkan.

Mengurangi Stres


Tertawa bisa menghilangkan stres. Tertawa dapat menyebabkan penurunan kadar hormon stres seperti cortisol dan epinephrine. Pada saat yang sama, tawa dapat meningkatkan kadar hormon yang menyehatkan tubuh.

Plus, tawa dapat dijadikan olahraga untuk otot dan merangsang sirkulasi darah, sehingga dapat membantu mengurangi beberapa gejala fisik stres.

Pada saat Anda sedang stres, cobalah untuk menonton acara komedi, maka Anda akan segera merasa lebih baik.

Membuat Tidur Nyenyak


Jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari, maka tertawa adalah salah satu obat terbaik yang dapat Anda coba. Tertawa dapat menghasilkan lebih banyak melatonin dalam tubuh, yaitu hormon yang dilepaskan oleh otak yang dapat membantu Anda tidur lebih baik.

Beberapa penelitian ilmiah bahwa telah menemukan tertawa dapat membantu meningkatkan pola tidur, yang sangat membantu dalam mengobati insomnia.

Selama malam, coba tertawa yang baik dengan anggota keluarga atau teman-teman. Maka, akan membantu mengurangi stres dan kecemasan, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Melawan Depresi


Tertawa dapat membantu orang yang menderita gangguan afektif musiman (SAD) atau depresi akut. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Geriatrics Gerontology International menemukan bahwa terapi tertawa dapat mengurangi depresi pada orang tua.

Tertawa mengurangi kadar hormon stres dan merangsang hormon rasa senang. Sehingga tawa menciptakan keadaan positif untuk pikiran dan ketika seseorang memiliki sikap positif terhadap kehidupan, maka disitulah ada sedikit kesempatan untuk hidup lebih baik dan melupakan depresi dan rasa bersalah.

Jika Anda sedang stres, lelah atau tertekan, strategi yang paling efektif yang dapat Anda kerjakan adalah tertawa. Coba nonton acara komedi secara langsung.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, maka Anda dapat memperbaikinya dengan tertawa. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena dapat meningkatkan jumlah antibodi, anti-infeksi serta T-sel dalam darah.

Sistem kekebalan yang kuat maka dapat mencegah berbagai penyakit. Jadi, saatnya untuk memulai hari Anda dengan tawa yang sehat tak berlebihan untuk tetap sehat.

Meredakan Sakit


Tawa bekerja sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian dari Universitas Oxford yang diterbitkan dalam Prosiding from Royal Society. Orang yang tertawa banyak dapat menahan hampir 10 persen rasa sakit dibandingkan dengan mereka yang tidak tertawa banyak.

Tertawa yang sehat dapat melepaskan endorfin ke dalam sistem tubuh dan Anda akan merasa lebih baik, sedangkan morfin yang dihasilkan dari tertawa dapat mengurangi rasa sakit. Juga, tertawa dapat mengalihkan perhatian Anda dari pikiran sakit dan nyeri.

Mengontrol Diabetes


Tertawa juga dapat membantu mengontrol diabetes. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Tsukuba di Jepang, tertawa dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan pada penderita diabetes tipe 2.

Diyakini bahwa tertawa memiliki dampak langsung pada sistem neuroendokrin, yang memonitor kadar gula dalam tubuh. Plus, tawa dapat membantu penderita diabetes menghindari komplikasi-mikrovaskular yang berhubungan dengan diabetes.

Jika Anda mengalami diabetes tipe 2, pastikan untuk menonton acara humor selama minimal 30 menit setiap hari.

Melindungi Jantung



Pada dasarnya, jantung adalah otot dan jantung otot akan lebih kuat dan berfungsi lebih baik dengan olahraga. Nah, oleh karenanya, tertawa adalah olahraga ringan yang sehat bagi jantung Anda.

Ketika Anda tertawa, jaringan yang membentuk lapisan pembuluh darah akan mengembang, sehingga menyebabkan peningkatan aliran darah di pembuluh darah yang merupakan proses penting dalam memerangi aterosklerosis dan mengurangi risiko serangan jantung.

Plus, efek santai tawa dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Hanya 15 menit tawa dalam sehari dapat menjaga jantung Anda tetap sehat dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Membuat Anda Tetap Muda



Tertawa dapat membuat Anda terlihat lebih muda. Ketika Anda tersenyum dan tertawa, ada 15 otot wajah bekerja sama. Sehingga dapat meningkatkan aliran darah di sekitar wajah, membuat Anda terlihat lebih muda dan sehat.

Plus, tertawa dapat meningkatkan kesehatan fisik maupun emosional. Ketika Anda sehat, Anda pasti akan terlihat lebih muda dari usia Anda.

Jadi, bukannya mencari produk untuk membantu Anda terlihat lebih muda, tapi mulailah mencari alasan untuk tertawa lagi. Tapi pastikan untuk menjaga kulit Anda tetap sehat dan lembab untuk mencegah garis tawa.

Membuat Anda Energik



Tertawa juga dapat memberi energi pada pikiran dan tubuh. Ketika Anda tertawa, udara akan dipaksa keluar dari paru-paru, yang menyebabkan Anda untuk mengambil napas dalam-dalam. Sehingga dapat meningkatkan aliran oksigen ke seluruh otot tubuh dan organ tubuh yang dapat menghasilkan lebih banyak energi.

Peningkatan energi juga berarti dapat meningkatkan kewaspadaan, kreativitas dan ingatan.

Untuk menjaga tingkat energi Anda tetap baik, Anda harus melakukan olahraga fisik secara teratur dan termasuk tertawa dalam rutinitas harian Anda.

Seiring dengan manfaat kesehatan dari tertawa, ternyata tawa riang juga dapat meningkatkan kehidupan sosial Anda dan menjaga hubungan Anda berjalan lancar. Plus, tertawa adalah obat terbaik yang gratis, sehingga Anda dapat menikmatinya sebanyak yang Anda inginkan.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Tertawa Ternyata Sehat dan Penuh Ajaib"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.