Makanan Ini Bisa Menyehatkan Mata

Makanan Ini Bisa Menyehatkan Mata - Banyak orang menderita penglihatan yang buram atau memiliki kesulitan melihat benda (rabun jauh atau rabun dekat). Oleh karenanya sangat penting untuk melakukan perawatan pada mata, termasuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan mata, nutrisi adalah salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan mata.

Mata yang sehat tergantung pada nutrisi tertentu, seperti vitamin A dan C, bioflavonoid, karotenoid, asam lemak omega-3, mineral dan antioksidan.

Makan makanan tertentu dapat menjaga mata Anda berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama, serta membantu mencegah berbagai masalah mata.

Berikut Makanan Yang Bisa Menyehatkan Mata


Bayam


Untuk meningkatkan penglihatan Anda, Anda harus teratur makan bayam dan sayuran lain berdaun hijau, seperti kangkung, Swiss chard, lobak, daun sawi dan collard hijau.

Bayam mengandung banyak nutrisi termasuk vitamin A, lutein dan zeaxanthin yang baik untuk mata. Vitamin A dapat membantu melindungi kornea, dan lutein melindungi mata dari sinar ultraviolet dan zeaxanthin memberikan kontribusi untuk pengembangan penglihatan.

Untuk manfaat maksimal, minum segelas jus bayam segar saat perut kosong di pagi hari. Anda juga dapat menikmati bayam sebagai lauk, dalam salad atau ditumis.


Ikan Salmon


Mengkonsumsi salmon secara teratur dapat membantu melindungi retina dari kerusakan dan mencegah kebutaan. Salmon kaya akan omega-3 asam lemak, yang dapat membantu mencegah mata kering. Omega-3 asam lemak juga membantu menangkal degenerasi makula yang berhubungan dengan usia.

Para ahli merekomendasikan mengkonsumsi dua porsi salmon dalam seminggu. Salmon dapat dikonsumsi dalam bentuk sup, salad atau sebagai hidangan utama. Ikan air dingin lainnya yang membantu menjaga kesehatan mata adalah sarden, herring, mackerel dan tuna.


Wortel


Wortel mengandung banyak beta-karoten, yang merupakan prekursor vitamin A. Vitamin A dapat mencegah rabun senja, membantu menjaga kornea yang sehat dan jelas, dan melindungi sel-sel di mata Anda dan seluruh tubuh Anda.

Wortel juga mengandung lutein, yang dapat membantu kepadatan peningkatan pigmen makula dalam, warna kuning berbentuk oval di dekat pusat retina. Sehingga dapat melindungi retina dan menurunkan risiko degenerasi makula. Wortel juga kaya serat dan potasium.

Anda bisa makan wortel sebagai camilan atau Anda dapat membuat sup, salad atau lauk.


Blueberry


Blueberry dapat membuat mata sehat dan berfungsi dengan baik karena mengandung antioksidan, anti-inflamasi, menstabilkan kolagen, serta mengandung vasoprotective dan rhodopsin.

Makan blueberry secara teratur dapat meningkatkan penglihatan dan memperkuat pembuluh darah di belakang mata. Blueberry juga mengandung anthocyanin, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan peradangan dan juga mencegah penyumbatan di arteri.


Ubi Jalar


Ubi jalar mengandung sejumlah vitamin A, nutrisi penting untuk mata. Vitamin A dapat meningkatkan penglihatan dan juga mencegah katarak, degenerasi makula dan glaukoma. Vitamin A juga diperlukan untuk memecahkan masalah mata kering dan melindungi mata dari kedua infeksi bakteri dan virus. Ubi jalar juga kaya akan beta-karoten, kalium dan serat.

Ubi jalar ada sekitar 400 varietas yang berbeda sepanjang tahun dan dapat dimasak dalam berbagai cara seperti dipanggang, dibakar, digoreng atau direbus.

Alpukat


Alpukat juga bagus untuk mata Anda. Alpukat mengandung lutein yang dapat membantu mencegah degenerasi makula, katarak dan penyakit mata yang berkaitan dengan usia lainnya.

Mereka juga mengandung beta-karoten dan vitamin B6, C, dan E yang penting untuk menikmati penglihatan yang baik dan untuk melindungi mata dari kerusakan oksidatif stres yang mengarah ke penglihatan yang buruk.

Brokoli



Brokoli mengandung vitamin B2. Kekurangan vitamin B2 dapat membuat mata sensitif terhadap cahaya, yang dapat menyebabkan peradangan, penglihatan kabur dan mata kelelahan. Vitamin B2 juga berperan dalam mencegah katarak.

Brokoli juga mengandung antioksidan fitokimia yang kuat, seperti lutein dan zeaxanthin, dan vitamin A yang penting untuk penglihatan yang sehat.

Untuk manfaat nutrisi yang maksimal, makan brokoli secara langsung. Anda juga dapat memakan brokoloi yang ditambahkan pada sayur masakan.


Stroberi


Stroberi mengandung vitamin C, antioksidan yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan mata dan menjaga mata bebas dari penyakit inflamasi.

Antioksidan yang berbeda hadir dalam stroberi dapat membantu menangkal masalah mata seperti kekeringan mata, degenerasi makula dan penglihatan cacat.

Tiga atau lebih buah stroberi setiap hari dapat menurunkan kemungkinan masalah mata yang berkaitan dengan usia. Anda bisa makan stroberi sebagai camilan , menambahkannya ke semangkuk sereal atau buah salad, atau dijadikan sebagai makanan penutup.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Makanan Ini Bisa Menyehatkan Mata"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.