Cara Tradisional Mengobati Diare dan Mencret

Cara Tradisional Mengobati Diare dan Mencret - Diare merupakan salah satu proses tubuh untuk menghilangkan zat asing yang tidak diinginkan. Biasanya diare ditandai dengan buang air besar yang encer.

Penyebab umum dari diare adalah infeksi virus atau bakteri, konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi, alergi makanan, minum berlebihan, stres dan kecemasan, atau efek samping dari beberapa obat.

Ketika menderita diare, Anda juga mungkin mengalami gejala seperti sering buang air besar, muntah, sakit perut, haus, demam, mual, kehilangan nafsu makan dan dehidrasi. Diare bisa menjadi parah dan berlangsung satu atau dua minggu, atau diare bisa menjadi kronis, terus menerus selama lebih dari dua atau tiga minggu.

Cara Tradisional Mengobati Diare dan Mencret

Diare terjadi ketika cairan yang berlebih diserap oleh usus besar (kolon). Biasanya, usus besar dapat menyerap beberapa kali lebih banyak cairan dari yang dibutuhkan setiap hari oleh tubuh.

Ketika bakteri, parasit, atau virus memasuki usus melalui makanan atau air, maka akan menyerang lapisan dari sistem pencernaan dan terjadi kerusakan, sehingga usus tidak mampu menyerap cairan dan akhirnya diare.

Untuk menghilangkan gejala diare, Anda dapat mencoba beberapa obat rumah sederhana.


Berikut Adalah Cara Tradisional Mengobati Diare


Jahe


Jahe baik untuk kesehatan pencernaan Anda secara keseluruhan, jahe merupakan pilihan terbaik untuk mengobati diare.

Caranya :
  • Campurkan satu sendok teh jahe bubuk, satu sendok teh bubuk jinten, satu sendok teh bubuk kayu manis, dan satu sendok teh madu. Konsumsi tiga kali sehari.
  • Atau, Anda dapat menggunakan jahe kering atau jahe segar untuk membuat secangkir teh jahe. Minum teh jahe dua atau tiga kali sehari yang akan membantu meringankan kram dan nyeri perut yang terkadang menyertai diare.
  • Pilihan lain adalah untuk mencampur dalam jumlah yang sama antara air jahe dan air lemon dan tambahkan sedikit merica yang sudah dihancurkan. Minumlah tiga kali sehari untuk menyembuhkan diare dengan cepat.

CATATAN : Untuk penderita tekanan darah tinggi jangan menggunakan jahe untuk mengobati diare.


Cuka Sari Apel


Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan diare yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, cuka sari apel mengandung pektin yang dapat memberikan lapisan pelindung pada usus.

Caranya :
  1. Campurkan 1-2 sendok makan cuka sari apel dalam segelas air.
  2. Minum dua kali sehari sampai kondisi Anda membaik.

Pisang


Pisang juga dapat membantu mengatasi diare. Zat Pektin yang terdapat dalam pisang adalah sejenis serat larut yang dapat membantu menyerap cairan dalam usus, sehingga mengurangi jumlah cairan dalam tinja.

Pada saat yang sama, kadar kalium tinggi dalam pisang dapat membantu menggantikan elektrolit yang mungkin hilang saat mengalami diare.

Caranya :
  • Hancurkan satu pisang matang dan tambahkan satu sendok teh asam pulp dan sedikit garam. Campurkan dengan baik. Makan campuran ini dua kali sehari untuk menyembuhkan sistem pencernaan yang terkena diare.
  • Atau, makan pisang setiap sesudah sarapan untuk membantu mengatasi gejala diare.

Kentang



Kentang merupakan obat alami lain yang dapat digunakan untuk melawan diare.

Caranya :

Makanlah kentang rebus yang akan membantu memulihkan nutrisi yang hilang dan meredakan gejala diare.
   
Ketika menderita diare, jangan makan kentang goreng atau kentang goreng pedas karena mereka dapat membuat kondisi diare lebih parah.

Nasi Putih


Nasi putih adalah makanan hambar yang sangat baik direkomendasikan untuk diare. Nasi putih memiliki pati yang tinggi dan mudah dicerna. Jadi, Anda dapat mengkonsumsi nasi putih polos tanpa bumbu atau saus. Selain itu, minum banyak air.

Jika kondisi Anda tetap diare atau memburuk, berkonsultasilah dengan dokter.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Cara Tradisional Mengobati Diare dan Mencret"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.