Keseringan Pingsan ? Inilah 7 Penyebabnya

Pingsan terjadi ketika Anda kehilangan kesadaran pada waktu beberapa saat karena otak Anda tidak mendapatkan cukup oksigen. Istilah medis untuk pingsan adalah sinkop.

Meskipun pingsan tidak mengkhawatirkan dan bukan masalah kesehatan yang serius, tapi akan lebih baik jika Anda mengetahui penyebab kenapa bisa mengalami pingsan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang juga dapat terserang oleh pingsan vasovagal atau neurally-dimediasi yang merupakan jenis umum dari pingsan.


penyebab pingsan


Kedua jenis pingsan tersebut biasanya terlihat pada anak-anak dan dewasa muda. Sebuah serangan pingsan vasovagal terjadi karena adanya penurunan tekanan darah, sirkulasi ke otak terhambat, sehingga menyebabkan hilangnya kesadaran.

Ketika seorang pasien kehilangan kesadaran mereka, maka untuk menyadarkannya bisa dengan bau-bauan atau memercikan air pada wajahnya. Pasien yang pingsan juga diminta untuk minum seteguk air, agar bisa bernafas dengan mudah.

Jika pasien merasa gelisah dan lemah, antarkan langsung ke klinik atau rumah sakit terdekat. Orang yang sering pingsan harus sering mengontrol tekanan darah dan bila perlu melakukan tes darah. Berikut 7 penyebab terjadinya pingsan.

Masalah Tekanan Darah


Tekanan darah rendah adalah kondisi yang berbahaya dan dapat menyebabkan Anda pingsan. Masalah ini juga disebut sebagai hipoglikemia, kondisi ini mengharuskan seseorang untuk tidak melewatkan makan karena melewatkan makan dapat menyebabkan penurunan kadar gula dan tekanan dalam tubuh.

Berdiri Terlalu Cepat


Berdiri terlalu cepat bisa membuat darah ke kaki turun secara cepat, sehingga darah cenderung susah untuk mengalir terlebih dahulu pada otak, sehingga membuat Anda merasa seperti ingin pingsan. Hindarilah bangun dari tempat tidur atau kursi dengan terburu-buru. Duduklah beberapa saat sebelum berdiri atau berdirilah secara perlahan.

Stres


Hipertensi merupakan salah satu pembunuh utama dan alasan mengapa banyak orang menderita beberapa masalah kesehatan. Hipertensi dapat membuat stres tidak terkendali dan dapat menyebabkan Anda pingsan.

Jangan Terlalu Emosional


Masalah kehidupan dan situasi tertentu bisa membuat hati dan pikiran kita menjadi lebih sensitif dan mudah emosi, sehingga dapat membuat tidak stabil pada jaringan kaki. Ketika Anda emosi, maka tekanan darah dapat muncul dengan seketika, lalu Anda akan mulai berkeringat lebih banyak dan dengan demikian kepala menjadi samar, bahkan pingsan mungkin bisa terjadi.

Rasa Lapar Yang Terlalu Lama


Pada titik tertentu, Anda mungkin pernah mengalami pusing yang mengerikan, pusing tersebut datang ketika Anda sudah terlalu lama tidak makan, dan ini berasal dari kurangnya bahan bakar untuk otak Anda, sehingga cenderung mudah membuat Anda pingsan.

Detak Jantung Tidak Teratur


Penyakit jantung adalah jenis yang paling umum dari aritmia jantung (detak jantung tidak teratur) yang dapat membuat Anda merasa tidak stabil pada kaki Anda. Kelainan ini disebabkan ketika ada gangguan aliran normal darah ke otak. Detak jantung tidak teratur dapat menempatkan Anda pada risiko pembekuan darah, stroke, dan mudah pingsan.

Awal Kehamilan


Pingsan dan pusing adalah salah satu tanda kehamilan. Jika Anda merasa pusing dan lemah karena kehamilan, maka lakukanlah tes kehamilan dengan datang ke klinik dan konsultasilah dengan dokter.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Keseringan Pingsan ? Inilah 7 Penyebabnya"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.