Diet Lengkap Penderita Asam Urat

Diet Asam Urat - Untuk Anda khusus-nya penderita asam urat agar menyimak cara diet asam urat yang tepat. Diet asam urat ini kami lansir dari mayoclinic.org. Secara lengkap dan jelas silahkan simak penuturan dari staff Mayoclinic dalam artikel berikut ini.

Nyeri sendi yang disebabkan oleh asam urat terjadi ketika kadar asam urat dalam darah tinggi sehingga terbentuklah batu kristal kecil akibat asam urat yang kadarnya menumpuk disekitar sendi.

Sudah diketahui bahwa asam urat adalah hasil dari metabolisme tubuh dimana ketika tubuh memecah bahan kimia yang disebut purin. Zat purin tersebut ada secara alami dalam tubuh Anda, tetapi juga dapat ditemukan dalam makanan tertentu. Dalam keadaan normal zat asam urat akan dikeluarkan melalui urin / air seni secara alami, namun jika kadar asam urat berlebihan maka akan menumpuk dibagian-bagian sendi dalam darah.

Nah, diet asam urat secara langsung akan membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Tetapi, diet asam urat sejatinya tidak dapat menyembuhkan asam urat namun dapat menurunkan rasa nyeri akibat dari serangan asam urat yang berulang dan juga dapat bermanfaat dalam memperlambat perkembangan kerusakan sendi. Disamping diet asam urat, yang terpenting adalah penggunaan obat yang tepat untuk mengatasi rasa sakit dan menurunkan kadar asam urat yang berlebih dalam tubuh.

Sedikit Penjelasan Mengenai Sejarah Asam Urat di Bidang Medis

Kadar zat Asam urat selama berabad-abad terdapat dalam daging, seafood, dan alkohol. Sehingga, kondisi tersebut dianggap sebagai "penyakit" orang kaya, karena orang yang mampu (kaya) biasanya sering memakan makanan tersebut. Dan jauh sebelum penyebab asam urat dipahami, para dokter telah mengamati beberapa manfaat dari diet asam urat.

Berikut Rincian Diet Asam Urat

Sebenarnya secara umum diet asam urat pada dasarnya sama dengan diet sehat umum. Secara umum prinsip-prinsip nya sebagai berikut :

Berat Badan. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko asam urat, dan sebaliknya kehilangan berat badan dapat menurunkan resiko asam urat. Penelitian menunjukan bahwa mengurangi jumlah kalori dan berat badan dapat menurunkan kadar asam urat dan mengurangi serangan nyeri asam urat. Terlebih, kehilangan berat badan / menurunkan berat badan dapat mengurangi stres secara keseluruhan pada sendi.

Konsumsi Karbohidrat Kompleks. Mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran dan biji-bijian yang mengandung karbohidrat kompleks akan mengurangi resiko nyeri asam urat. Hindarilah makanan seperti roti, kue, permen, minuman manis, dan produk yang tinggi kandungan fruktosa-nya.

Air. Menjaga diri dari dehidrasi dengan minum air. Jika konsumsi air ditingkatkan maka serangan nyeri asam urat akan lebih jarang. Minumlah air putih 8 -16 gelas dalam sehari.

Lemak. Kurangilah mengkonsumsi daging merah dan produk susu yang mengandung tinggi lemak jenuh.

Protein. Batasilah protein setiap hari dari daging dan ikan. Jika bisa, tambahkanlah protein untuk diet Anda dengan protein yang rendah lemak atau produk susu bebas lemak, seperti yogurt rendah lemak atau susu skim, untuk menurunkan kadar asam urat.

Rekomendasi Makanan dan Suplemen Untuk Diet Asam Urat Anda

Sayuran yang mengandung purin tinggi. Penelitian menunjukan bahwa sayuran yang mengandung purin yang tinggi tidak meningkatkan resiko nyeri asam urat atau serangan nyeri asam urat yang berulang. Diet sehat yang berdasarkan mengkonsumsi banyak buah-buahan termasuk mengkonsumsi sayuran yang mengandung purin yang tinggi, seperti asparagus, bayam, kacang polong, kembang kol dan jamur.

Hindari Jeroan. Ya, hindari jeroan daging seperti hati, ginjal, dan roti manis yang memiliki zat purin yang sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan resiko asam urat.

Perhatikan makanan seafood Anda. Hindarilah jenis seafood yang lebih tinggi zat purin-nya, seperti ikan teri, sarden, kerang, ikan tuna dan makarel.

Alkohol. Hindarilah Alkohol, karena selain dapat membuat dehidrasi juga dapat meningkatkan resiko nyeri asam urat.

Vitamin C. Mengkonsumsi Vitamin C secara rutin dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Tetapi akan lebih baik jika Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter berapa miligram vitamin C yang cocok untuk dikonsumsi yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Kopi. Beberapa penelitian menunjukan bahwa minuman kopi dapat menurunkan kadar asam urat, terutama kopi dengan kandungan kafein yang cukup.

Buah Ceri. Ya, buah ceri telah kami bahas sebelumnya dalam artikel buah penurun asam urat. Ceri mampu menurunkan resiko serangan nyeri asam urat.

Contoh Menu Makanan

Berikut adalah contoh menu untuk konsumsi sehari-hari pada program diet asam urat :

Sarapan
  • Gandum, sereal tanpa gula ditambah susu skim yang rendah lemak
  • 1 cangkir buah stroberi segar
  • Kopi
  • Air Putih

Makan Siang
  • Irisan dada ayam panggang (2 ons) pada gulungan gandum yang dibalut mustrad
  • Campuran salad dengan cuka dan saus minyak zaitun
  • Susu rendah lemak
  • Air putih

Cemilan Sore
  • Ceri segar sebanyak 1 cangkir
  • Air putih

Makan Malam
  • Ikan salmon panggang (3-4 ons)
  • Kacang hijau yang telah dikukus
  • 1/2 cangkir pasta gandum dicampur sedikit minyak zaitun
  • Air Putih
  • Yogurt yang rendah lemak
  • 1 cangkir jus melon
  • Minuman yang bebas kafein, seperti teh herbal

Hasil dari Diet Asam Urat

Jika diet asam urat ini dilaksanakan dengan rutin dan istikomah maka dapat membantu membatasi produksi asam urat dalam tubuh. Walaupun diet asam urat ini tidak dapat menyembuhkan asam urat secara total namun cukup akan membantu Anda terhindar dari serangan nyeri asam urat yang parah.

Setelah diet asam urat ada baiknya Anda berolahraga secara teratur untuk meningkatkan kesehatan Anda secara menyeluruh.

Solusi Menyembuhkan Asam Urat Secara Total dan Bertahap

Dengan penggunaan obat yang tepat, tentunya Asam Urat akan sembuh secara bertahap dan total. Nah, disini kami rekomendasikan untuk Anda agar mengkonsumsi obat herbal tanpa efek samping untuk menyembuhkan asam urat.

Kami rekomendasikan obat herbal Asam Urat Jelly Gamat Gold G.

Mengapa harus melalui Jelly Gamat Gold G ? Sudah terbuktikah Jelly Gamat Gold G sembuhkan Asam Urat ? Benarkah Jelly Gamat Gold G bisa menyembuhkan Asam Urat ?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, segera klik gambar dibawah ini :

Jelly Gamat Sembuhkan Asam Urat


menghilangkan bopeng

0 Response to "Diet Lengkap Penderita Asam Urat"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.