15 Makanan Pembersih Liver

Makanan Pembersih Liver -Liver (hati) adalah salah satu organ vital dalam tubuh. Liver memproduksi enzim penting yang disebut empedu, tanpa zat penting ini (emepedu) tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Kerusakan liver ditandai oleh adanya komponen darah yang disebut bilirubin, yang menunjukan bahwa seseorang memiliki penyakit serius, seperti hepatitis b atau liver bengkak sehingga memerlukan obat liver bengkak yang tepat atau penanganan serius. Timbulnya penyakit yang disebabkan oleh kerusakan liver lantaran kita sering mengkonsumsi makanan junk food (makanan cepat saji), dimana makanan tersebut mengandung asupan lemak yeng berlebih. Selain junk food yang bisa menyebabkan kerusakan hati adalah alkohol.

Memilih makanan yang bisa membersihkan liver adalah jalan alternatif terbaik untuk melindungi liver dari penyakit liver bengkak. Liver adalah organ hati yang memiliki kemampuan regenerasi yang luar biasa, bahkan jika kita memiliki masalah dengan organ ini (liver), dengan mengkonsumsi makanan pembersih liver maka akan membantu kondisi liver menjadi lebih baik. Tentu. Untuk menjaga kesehatan kita dalam kondisi baik, kita perlu menghindari makanan tertentu yang dapat merusak liver. Makanan yang membahayakan liver harus dihindari setiap orang, terutama untuk mereka yang mempunyai tanda-tanda atau gejala awal kerusakan liver.
 
Jadi, jika kita terus meminum alkohol setiap minggu, maka makanan pembersih liver tidak akan membantu kita sama sekali. Itulah mengapa kita kita harus menggabungkan makanan pembersih hati dengan makanan sehari-hari kita tanpa alkohol, maka akan membantu melindungi bahkan merawat liver hingga sehat. Berikut adalah makanan yang memiliki kualitas baik sehingga bisa membersihkan liver. Jadikan salah satu makanan dibawah ini sebagai makanan favorit Anda.

Biji-bijian

Bila Anda memiliki tumpukan lemak di dalam liver sehingga bisa menyebabkan liver bengkak yang memiliki banyak implikasi serius, maka perbanyaklah mengkonsumsi biji-bijian. Kandungan Vitamin B kompleks amat melimpah dalam biji-bijian, sehingga dapat mempercepat metabolisme lemak.

Minyak Zaitun

Omega 3 adalah lemak kolesterol baik yang dapat membantu metabolisme lemak jahat dan menjaga liver dari kerusakan. Omega 3 ini hadir berlimpah dalam minyak zaitun.

Bawang Putih

Bawang putih bisa membersihkan liver dengan efektif. Ada dua kandugan alami yang terdapat dalam bawang putih, yaitu allicin dan selenium yang dapat membersihkan liver secara efektif.

Apel

Apel tidak secara langsung membersihkan liver, tetapi apel akan membersihkan makanan lain yang mengandung racun oleh zat pektin yang terkandung dalam apel, sehingga beban liver akan terbantu dalam membersihkan racun.

Sayuran Keriting

Kelompok sayuran keriting meliputi kembang kol, kubis, brokoli dan lain-lain mengandung glukosinolat (antioksidan) yang mampu meningkatkan fungsi liver.

Ubi Tanah

Mengandung zat flavonoid yang tinggi sehingga bisa membantu hati dalam memproduksi enzim yang diperlukan tubuh.

Alpukat

Alpukat akan membantu memproduksi zat glutathione yaitu zat yang membantu liver membersihkan dirinya sendiri.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki klorifil. Klorofil merupakan pembuat pigmen warna hijau pada sayuran yang dapat menyerap racun dari liver dan membersihkannya dari tubuh.

Jeruk Bali

Liver dapat memdetoksifikasi dirinya sendiri dengan bantuan Vitamin C. Dan jeruk bali bisa memberikan asupan vitamin C dalam jumlah yang tepat sehingga liver jadi terbantu. 

Biji Ketumbar

Rendamlah biji ketumbar dalam air semalaman untuk diminum dipagi hari. Ramuan ini akan mendinginkan suhu panas dalam tubuh serta membantu membersihkan racun dari liver.

Kunyit

Rempah yang berasal dari India ini dikenal berkualitas karena mengandung anti-inflamasi. Jadi, jika Anda memiliki kerusakan liver, ada baiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung kunyit atau Anda bisa membuat ramuan dari rempah kunyit ini.

Kacang Kenari

Kenari mengandung zat arginie yang merupakan asam amino yang mudah terurai oleh amonia dalam liver, sehingga liver akan tetap bersih.

Teh Hijau

Teh hijau sekarang dikenal sebagai minuman yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah mengandung antioksidan yang disebut zat katekin untuk membantu membersihkan liver.

Jeruk Nipis / Lemon

Buah yang satu ini mengandung banyak vitamin C yang membantu menghasilkan zat glutathione yang merupakan zat pembersih hati. Peraslah jeruk nipis atau lemon dalam segelas air hangat, lalu minumlah saat perut kosong dipagi hari.
menghilangkan bopeng

0 Response to "15 Makanan Pembersih Liver"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.