Makanan Terbaik Untuk Mengontrol Diabetes

Makanan Terbaik Untuk Mengontrol Diabetes - Selain obat diabetes yang tepat untuk mengontrol dan menyembuhkan diabetes, makanan juga erat kaitannya dengan diabetes, terutama terkait dengan kadar gula darah tinggi didalam tubuh. Oleh karenanya, makanan terbaik untuk diabetes juga sangat diperlukan agar kadar gula darah bisa terkontrol. Sudah kita ketahui bahwa diabetes adalah kondisi meningkatnya kadar gula darah  diatas kisaran kadar normal. Diabetes tidak hanya terbatas pada masalah kadar gula darah, namun juga dapat menimbulkan masalah pada organ penting tubuh lainnya, seperti ginjal, sistem saraf, gigi, gusi, kulit rambut dan tentunya memiliki banyak implikasi serta gejala yang tidak ringan. Kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan banyak komplikasi kesehatan secara bertahap.

Insulin tidak jauh dari yang namanya diabetes, insulin sendiri merupakan hormon yang diextrak di pangkreas untuk mengontrol kadar gula yang tinggi dengan mengangkutnya ke sel. Ada proses pemecahan glukosa didalam sel untuk melepaskan energi didalam tubuh. 

Pada diabetes tipe 2 sebagian besar disebabkan oleh gaya hidup kita yang tidak sehat dan memiliki riwayat keluarga yang menidap diabetes sehingga resiko diabetes meningkat. Diabetes akan semakin kronis jika Anda mengalami haus dan lapar yang tak terkotrol, penurutan berat badan, kelelahan, seringnya buang air kecil, dan luka diabetes tidak cepat sembuh.

Melakukan diet sehat sangat penting dalam hal pencegahan dan pengobatan diabetes tipe 2. Mengkonsumsi sayuran yang cukup, buah untuk penderita diabetes, makanan untuk penderita diabetes tipe 2, kacang-kacangan, biji-bijian, produk susu rendah lemak, dan makanan lainnya yang dapat mengontrol kadar gula darah adalah hal yang perlu diprioritaskan. Selain itu, penderita diabetes juga harus bisa menjaga pola makan yang teratur sepanjang hari untuk menghindari kadar gula darah tinggi.


Lalu bagaimana caranya mengontrol kadar gula darah ? Anda dapat mengontrolnya dengan menu makanan terbaik untuk mengontrol gula darah. Dalam artikel ini Anda akan menemukan makanan terbaik untuk mengontrol diabetes agar kadar gula darah seimbang. Berikut tips makanan untuk mengontrol diabetes.

Kacang-kacangan

Kacang adalah salah satu makanan terbaik untuk diabetes. Kacang-kacangan seperti lentil, kacang polong, kacang-kacangan dan buncis mengandung rendah lemak dan kalori serta kaya akan serat dan protein. Serat makanan akan memperlambat laju penyerapan gula ke dalam darah serta mengurangi kadar gula. Dengan cara ini kadar gula akan menurun. Kacang-kacangan juga dapat mencegah naiknya kadar gula setelah makan.

Sayuran Berdaun Hijau

Menurut sebuah penelitian, sayuran berdaun hijau seperti selada, kubus, bayam, dan sayuran hijau lainnya seperti seledri, mentimun, kembang kol, dan kacang hijau mengandung karbohidrat yang baik untuk melepaskan hormon dalam usus sehingga mengurangi nafsu makan. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa sayuran berdaun hijau ini dapat meningkatkan insulin, dengan demikian kadar gula dalam darah akan semakin terkontrol. Mengkonsumsi sayuran ini dapat membantu mengurangi resiko diabetes tipe 2 karena sayuran kaya akan magnesium dan dikenal sebagai antioksidan yang efektif.

Apel Merah

Sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa penderita diabetes yang sering mengkonsumsi apel mempunyai 20 persen kesempatan panjang umur. Apel merah kaya akan zat quercetin untuk mencegah penyakit jantung. Sumber lain dari zat quercetin adalah buah anggur merah, tomat, bawang merah, dan sayuran hijau. 

Makanan Kaya Vitamin C

Penelitian menunjukan bahwa diabetes memerlukan asupan vitamin C yang lebih, makanan yang kaya vitamin C berupa buah berry, buah jeruk, paprika, sayuran berdaun hijau tua, buah kiwi, dan tomat banyak mengandung antikosidan. Vitamin C adalah salah satu pilihan terbaik unuk mengontrol diabetes.

Coklat Hitam

Makanan manis ini dapat meningkatkan sensitivitas sel insulin. Selain itu, coklat hitam dapat menurunkan tekanan darah merah dan jumlah kolesterol jahat didalam tubuh. Coklat hitam juga dapat memperkuat pembuluh darah.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak mengandung karbohidrat, oleh karenanya tidak meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, minyak zaitun dapat memperlambat penyerapan makanan yang dikonsumsi bersama minyak. Minyak zaitun kaya akan omega 9 dan omega 3 yang dapat membantu menjaga kelenturan pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lancar. Memasak makanan dengan minyak zaitun adalah salah satu cara terbaik untuk mengendalikan diabetes.

Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau juga merupakan salah satu pengobatan terbaik untuk mengontrol diabetes. Teh hijau mengandung antioksidan EGCG (epigallocatechin gallate), yang membantu untuk menjaga fleksibilitas pembuluh darah dan kadar glukosa darah agar tetap stabil. Sebuah penelitian menunjukan bahwa EGCG dapat menurangi kadar gula darah dan mencegah naiknya kadar gula darah.
menghilangkan bopeng

0 Response to "Makanan Terbaik Untuk Mengontrol Diabetes"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.