Tanda-Tanda Liver Bermasalah

Tanda-Tanda Liver Bermasalah - Liver adalah salah satu organ yang dianggap paling penting di dalam tubuh manusia. Liver (hati) banyak melakukan fungsi penting untuk menjaga tubuh tetap sehat setiap hari.

Salah satu fungsi liver yang terpenting adalah membersihkan racun dari tubuh dan mengasilkan zat empedu sebagai bagian dari sistem pencernaan. Jika liver mempunyai masalah atau tidak sehat, maka akan banyak masalah yang menggangu tubuh.



Jujur saja, kebanyakan dari kita hanya tahu tentang masalah liver yang berhubungan dengan alkohol, tapi harus kita tahu juga bahwa begitu banyak jenis dari penyakit liver yang bukan disebabkan karena penderita sering minum alkohol.

Kerusakan yang permanen pada liver dapat mengancam kehidupan. Itulah mengapa sangatlah penting untuk kita mengetahui tanda-tanda gagal liver pada tahap awal. Namun masalahnya, sebagian besar gejala penyakit liver tidak muncul pada tahap awal. Dan hal yang perlu disadari apabila penyakit liver sudah dialami, yang perlu kita pikirkan adalah obat liver yang tepat, sehingga pengobatan tidak akan memakan waktu yang lama dan efisien.


Dalam artikel ini, mari kita membahas tentang tanda-tanda liver bermasalah pada tahap awal dari penyakit liver.

Fibrosis Liver


Ketika liver gagal berfungsi dengan baik, maka akan menyebabkan bekas luka jaringan fibroid. Nah, apabila terjadi hal tersebut maka dapat membuat kaki menjadi sedikit bengkak, inilah tanda-tanda awal dimana liver mempunyai masalah.

Penyakit Kuning


Ketika kulit menjadi kuning dan mata yang berubah warna menjadi kuning pucat, berarti liver mempunyai masalah dengan produksi empedu-nya.

Terbentuk Kista


Pembentukan kista pada liver tidak akan muncul tanda awal pada liver yang bermasalah, namun akan diketahui saat penyakit liver sudah semakin parah. 

Hepatitis


Ketika virus menyerang liver (hati), maka penyakit hepatitis akan terbentuk. Tandanya seperti sering muntah, kelelahan, demam, pusing dan suhu tubuh dingin. Itulah beberapa gejala awalnya.

Hubungannya Dengan Alkohol


Apabila seseorang terlalu banyak meminum alkohol, kemungkinan akibatnya organ liver tidak akan berfungsi dengan baik. Mengantuk dan sering kebingungan adalah beberapa tanda bahwa liver mengalami masalah yang berkaitan dengan kebiasaan minum alkohol.

Mual


Ketika liver gagal menjalankan fungsinya dengan baik, maka akan membuat kita muntah dan mengalami sensasi mual sepanjang waktu. Nah, apabila ini terjadi, sebaiknya langsung konsultasi ke dokter.

Warna Urin Gelap


Penyakit liver juga dapat menyebabkan urin berwarna kuning gelap.

Kelelahan


Rasa lelah yang parah dapat menjadi salah satu tanda bahwa liver sedang mengalami masalah. Tapi pada bagian ini, hanyalah dokter ahli yang dapat mendiagnosis apakah kelelahan disebabkan oleh liver yang bemasalah atau tidak.

Liver Bengkak


Program diet yang tidak sehat dapat mempengaruhi liver dalam bentuk liver yang membengkak karena terlalu banyak lemak. Nah, makanan yang sehat dan tidur yang cukup dapat menjaga hati membengkak dan berlemak.

menghilangkan bopeng

0 Response to "Tanda-Tanda Liver Bermasalah"

Post a Comment

Satu Komentar Anda Sangat Berharga Bagi Kami. Tulislah Komentar Terbaik Anda.